13 Jenis Usaha yang Menjanjikan untuk Tambahan Penghasilan

usaha yang menjanjikan

Dewasa ini, banyak pegawai swasta maupun negeri yang menginginkan tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan untuk keperluan menabung hingga berinvestasi. Ide usaha bisa datang dari mana saja. Terpenting adalah cara Anda mengolahnya agar bisa menjadi kenyataan.

Ide hebat saja tidak cukup untuk memastikan apakah bisnis Anda akan berhasil atau tidak. Ide usaha yang menjanjikan harus dibarengi oleh ketekunan dan kemauan untuk bekerja keras serta pantang menyerah. Itulah yang akan menentukan nasib dan perkembangan bisnis Anda.

Adapun persaingan bisnis semakin ketat dan usaha-usaha baru menjamur di mana-mana. Berbagai jenis usaha akan terus mencetak produk-produk inovatif, para pendatang baru pun harus mengasah kreativitas mereka untuk dapat bersaing dan tampil mencolok.

Jika Anda bisa melakukan riset mengenai jenis usaha yang sedang laris di pasaran, dan Anda bisa berpikir kreatif, peluang Anda untuk mulai berbisnis akan semakin besar.

Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh usaha yang menjanjikan yang bisa Anda coba.

  1. Membuat kost-kostan

Bisnis kostan memang terdengar menggiurkan. Apalagi jika Anda memiliki properti di lokasi-lokasi strategis seperti kampus, perkantoran, atau pusat perbelanjaan. Salah satu keuntungan usaha indekos adalah tingginya peluang investasi karena memiliki tingkat permintaan yang tinggi dan pasar yang luas.

Mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, sampai pegawai eksekutif dari luar kota memerlukan kostan untuk menghemat biaya transportasi. Anda hanya perlu memastikan bahwa fasilitas kamar sudah sesuai dengan target pasar yang Anda tentukan.

Jika target pasar Anda adalah mahasiswa, Anda lebih mementingkan biaya sewa ketimbang fasilitas yang mewah. Jika target pasar Anda adalah pekerja kantoran atau eksekutif, fasilitas kamar harus lebih baik karena biasanya kemampuan sewa pekerja kantoran lebih tinggi daripada mahasiswa.

  1. Usaha penatu/laundry kiloan

Usaha penatu kiloan semakin menjamur sekarang ini, terutama di kawasan padat penduduk atau di sekitar perkantoran, kampus, dan perumahan. Memang, usaha tersebut sangat menguntungkan karena setiap orang yang berlangganan bisa menggunakan layanan Anda seminggu sekali bahkan lebih dari itu.

Salah satu cara terpenting agar penatu Anda terlihat lebih mencolok dari yang lain adalah kontrol kualitas yang harus selalu Anda jaga. Anda harus bisa membuat konsumen memercayai penatu Anda agar mereka bisa menjadi pelanggan setia.

Anda harus bisa menjaga kebersihan, kerapian, dan ketepatan waktu pengerjaan. Jika Anda bisa menjaga kualitas layanan dan telah memiliki banyak pelanggan, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda dengan membuat cabang baru atau meningkatkan fasilitas yang ada untuk menarik lebih banyak konsumen.

  1. Buka usaha cuci motor

Sekarang ini, biaya cicilan kendaraan motor semakin murah dan jika Anda melihat ke sekeliling Anda, hampir semua orang memiliki sepeda motor sebagai sarana transportasi harian. Kebanyakan orang juga memiliki kesibukannya masing-masing dan hampir tidak punya waktu untuk mencuci motor.

Itu adalah peluang usaha yang bisa Anda ambil. Usaha cuci motor sangatlah menjanjikan karena Anda tidak akan pernah kehilangan konsumen. Untuk memulai usaha ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengandalkan halaman depan rumah Anda sebagai permulaan.

Jika usaha Anda semakin laris, Anda bisa mulai mencari tempat yang strategis. Lakukan strategi pemasaran yang terbilang murah. Mulailah dari memberi tahu rekan-rekan Anda untuk menjadi pelanggan. Jika mereka puas, mereka bisa ikut membantu memasarkan usaha Anda ke pasar yang lebih luas.

  1. Usaha minuman segar

Karena Indonesia adalah negara tropis, mengonsumsi minuman segar di bawah teriknya sinar matahari tentu terasa nikmat. Maka dari itu, Indonesia termasuk negara dengan pasar konsumen minuman segar yang besar. Saat ini mulai banyak kedai-kedai minuman segar bermunculan.

Berbagai jenis minuman dingin ditawarkan dengan berbagai varian rasa. Mulai dari rasa yang umum seperti cokelat, stroberi, dan susu, sampai minuman dengan rasa unik seperti keju atau permen karet. Bahkan, kedai-kedai teh khas Thailand (Thai tea) juga semakin menjamur.

Nah, Anda juga bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka bisnis minuman segar. Anda bisa mulai dengan menjual minuman yang Anda gemari. Contohnya, jika Anda penggemar kopi, Anda bisa membuat sebuah kedai kopi sederhana dengan harga yang terjangkau.

Sistem waralaba atau franchise juga bisa Anda terapkan jika Anda tidak mau susah payah membangun merek dagang. Pilihlah merek minuman segar yang sudah terkenal. Namun, pertimbangkan juga modal awal yang harus Anda keluarkan.

  1. Usaha warteg dan warkop

Peluang usaha lain yang hanya membutuhkan modal kecil namun bisa menjadi tambahan penghasilan adalah membuka warteg dan warkop kecil-kecilan. Peluang usaha yang menjanjikan ini bisa Anda dapatkan jika Anda memiliki tempat yang strategis untuk berjualan.

Lebih baik lagi jika rumah Anda berada di lingkungan yang ramai pengunjung, seperti daerah kampus, perkantoran, atau pusat perbelanjaan. Daerah pasar, terminal, dan pangkalan angkot atau ojek juga bisa menjadi tempat yang strategis untuk memulai usaha warteg dan warkop.

Anda bisa memanfaatkan keahlian memasak untuk mempersiapkan bahan makanan yang akan dijual, atau meminta anggota keluarga untuk melakukannya. Menu makanan yang ditawarkan juga harus diperhitungkan. Pilihlah menu makanan yang biayanya murah dan mudah dibuat.

Untuk segelas kopi yang biasa dijual di warkop atau warteg biasanya berkisar antara Rp2.000 sampai Rp3.000. Sementara modal yang harus Anda keluarkan sekitar Rp1.500. Itu artinya, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 50% jika biaya-biaya operasional lain sudah diperhitungkan.

  1. Menjadi penerjemah daring

Bagi Anda yang baru saja memulai karier, mungkin memerlukan waktu yang lama untuk mengumpulkan modal dan membuat usaha sambilan. Akan tetapi, jika Anda memiliki kemampuan tertentu, Anda masih bisa menggunakan waktu luang untuk menambah pundi-pundi.

Salah satunya adalah menjadi penerjemah. Apabila Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, tetapi sudah memiliki pekerjaan tetap, Anda bisa mencoba menjadi freelancer penerjemah daring. Sekarang ini, banyak situs-situs pekerjaan freelance yang bisa Anda akses.

Keuntungan dari usaha ini adalah Anda tidak memerlukan modal, hanya tinggal mengandalkan kemampuan bahasa asing. Namun, tantangannya adalah menemukan proyek terjemahan yang belum tentu datang setiap hari. Cara untuk menanggulanginya adalah dengan ikut serta di berbagai situs freelancer sekaligus.

  1. Menyediakan jasa jahit baju

Anda sudah bekerja di sebuah perusahaan, tetapi masih ingin menambah pundi-pundi dengan bisnis sambilan. Sekarang saatnya melihat keterampilan lain yang Anda miliki. Jika Anda senang mendesain baju dan memiliki keterampilan menjahit, Anda bisa memulai usaha jahit.

Usaha tersebut termasuk yang tidak pernah surut peminat. Apalagi budaya menjadi bridesmaid kini semakin menjamur. Para penjahit sedang banyak dicari. Selain itu, pasti banyak orang yang membutuhkan jasa untuk memperbaiki baju yang robek atau merombak celana yang kebesaran.

Baca juga:  Rekomendasi Bisnis Franchise Minuman yang Menguntungkan

Untuk meningkatkan omset, Anda juga bisa menawarkan jasa desain dengan harga paket yang menggiurkan. Promosi juga harus sering dilakukan agar jasa Anda bisa dipasarkan dengan lebih luas. Jika usaha Anda semakin berkembang, Anda bisa mulai merekrut penjahit baru untuk membantu.

  1. Menjual pulsa dan paket internet

Semakin tinggi kebutuhan untuk mengakses internet, semakin tinggi pula tingkat permintaan terhadap pulsa dan paket data. Inilah peluang bisnis kecil-kecilan yang bisa Anda tekuni untuk menambah penghasilan.

Anda bisa mulai menjadi penjual pulsa, lalu menawarkan paket internet dan paket perdana kepada rekan-rekan kantor Anda. Mereka pun bisa ikut memasarkan usaha pulsa Anda dengan mengabarkan rekannya yang lain. Jika semakin besar, Anda bisa mengumpulkan modal dan membuat gerai khusus.

Keuntungan bisnis ini adalah bisa dilakukan di mana saja. Anda hanya memerlukan sebuah ponsel untuk bertransaksi kapan dan di mana pun. Perlu diingat bahwa pencatatan penjualan harus dilakukan dengan teliti karena biasanya penjual pulsa sering diutangi oleh para pelanggannya.

  1. Usaha katering rumahan

Bisnis katering rumahan adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Dewasa ini kian menjamur bisnis katering dengan konsep ricebox, yaitu nasi dengan beberapa lauk yang dikemas dalam boks takeout. Anda pun bisa memasarkan produk tersebut ke berbagai kalangan.

Pegawai-pegawai kantor, ibu-ibu PKK, mahasiswa, dan kelompok arisan adalah beberapa contoh target pasar yang bisa Anda sasar. Banyak pegawai kantor atau mahasiswa yang tidak memiliki waktu luang untuk mencari makan sehingga mereka mengandalkan sistem layanan antar.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda juga menyediakan layanan antar dengan menentukan ongkos kirimnya. Akan lebih baik jika Anda juga bisa memanfaatkan teknologi zaman sekarang. Anda bisa bergabung dengan beberapa perusahaan ojek daring untuk menyediakan jasa antar tersebut sekaligus memasarkan produk.

  1. Air minum isi ulang

Untuk memikirkan ide bisnis yang menjanjikan, Anda harus mempertimbangkan hal-hal apa saja yang selalu dibutuhkan pelanggan agar bisnis Anda tidak pernah sepi. Air adalah elemen yang sangat penting bagi hidup manusia. Jadi, dengan membuka usaha air minum isi ulang, dijamin usaha Anda akan selalu laris.

Salah satu alasan pelanggan membeli air minum isi ulang adalah kepraktisannya dan harganya yang ekonomis. Kebanyakan orang malas untuk memasak air, mengandalkan air minum isi ulang pun bisa menjadi solusi.

Dengan memanfaatkan garasi atau teras rumah dan merekrut orang untuk membantu mengantarkan pesanan ke rumah pelanggan, Anda bisa mendapatkan untung yang lumayan untuk menambah penghasilan.

Demi terus menjaga popularitas bisnis Anda, beberapa hal perlu diperhatikan. Pastikan bahwa air yang Anda jual senantiasa bersih dan terjaga kualitasnya, serta proses antar jemput galon selalu tepat waktu. Dengan begitu, Anda akan semakin mendapatkan kepercayaan pelanggan tetap.

  1. Usaha ternak lele

Jika Anda tinggal di desa dan memiliki lahan yang lumayan luas, Anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk membuka ternak lele. Bisnis ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan karena tidak akan menyita banyak waktu.

Hal pertama dan terpenting yang harus Anda perhatikan adalah bibit lele yang Anda beli. Jika Anda sudah memiliki bibit unggul, Anda tinggal memutuskan apakah akan beternak lele untuk dijual sebagai bibit atau keperluan konsumsi.

Jika Anda memilih untuk beternak bibit lele, Anda hanya perlu berfokus pada pemeliharaan induk agar bisa bertelur dan menghasilkan banyak bibit. Setelah itu, Anda tinggal memberi makan bibit lele sampai tumbuh ke ukuran tertentu. Selanjutnya, bibit tersebut bisa dijual pada peternak lele yang lain.

Jika Anda memilih untuk beternak lele agar bisa dikonsumsi, Anda harus membuat kolam-kolam khusus. Keunggulan usaha ini adalah lele dapat bertahan hidup di kondisi air yang keruh. Setelah lele tumbuh besar, Anda bisa menjualnya ke restoran-restoran atau dikonsumsi sendiri.

  1. Berternak ayam kampung

Satu lagi jenis usaha yang bisa Anda kembangkan di rumah, yakni beternak ayam kampung. Sebenarnya, usaha ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di desa karena lahannya relatif lebih luas daripada di kota. Selain itu, biaya perawatan ayam pun akan lebih ekonomis jika Anda membelinya di desa.

Banyak orang lebih memilih daging ayam kampung untuk dikonsumsi karena rasanya yang lebih khas dari ayam broiler. Selain itu, daging ayam kampung juga dinilai lebih aman dan kualitas nutrisinya lebih baik. Jika Anda memiliki halaman belakang yang cukup luas, Anda bisa membuat kandang ayam.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih sepasang atau lebih ayam kampung untuk Anda rawat sebagai bibit. Ketika ayam kampung sudah banyak berkembang biak dan siap untuk dijual, Anda bisa menawarkannya ke restoran-restoran.

Telur ayam kampung pun bisa Anda jual jika merasa kewalahan untuk merawat semuanya. Selain dijual, Anda juga bisa ikut menikmati daging ayam kampung yang bergizi bersama keluarga.

  1. Membuka usaha street food

Jenis usaha menjanjikan yang terakhir adalah street food. Anda bisa menjajakan jajanan-jajanan yang unik dan sedang populer saat ini. Agar lebih unik dan terlihat beda dengan jajanan lain, Anda bisa mencontoh food truck yang populer di Amerika namun belum begitu terkenal di Indonesia.

Keuntungannya adalah, Anda dapat membawa food truck ke mana pun dan bisa berjualan di berbagai acara seperti pentas seni, konser, dan bazar. Jenis makanan yang dijual sebaiknya makanan ringan seperti hamburger, hotdog, atau minuman segar seperti soda dan jus.

Carilah mobil karavan bekas agar modal yang Anda keluarkan tidak terlalu besar. Lalu, sulaplah mobil tua tersebut dengan konsep yang menarik dan instagrammable. Lengkapi dengan tenda dan kursi serta meja portable.

Sebaiknya Anda juga menggunakan media sosial untuk memasarkan produk. Undang para pelanggan untuk mengunggah fotonya saat berkunjung ke food truck Anda. Dengan begitu, usaha Anda akan semakin terkenal dan siapa tahu food truck yang Anda miliki bisa viral di dunia maya.

Itulah 13 jenis usaha yang menjanjikan yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan. Apa pun jenis usahanya, ketekunan dan kerja keras adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan. Meskipun sekadar untuk menambah uang jajan, Anda harus tetap bisa mengembangkan bisnis kecil-kecilan Anda.

Meskipun ide usaha Anda sudah banyak saingannya, jika Anda mampu berpikir kreatif dan selalu menambahkan hal-hal baru yang inovatif, bisnis Anda tidak akan kalah pamor dan malah semakin berkembang.

Jangan lupa juga untuk melibatkan orang-orang terdekat Anda. Dengan terus menggali ide-ide cemerlang bersama-sama, siapa tahu bisnis kecil-kecilan itu bisa menjadi sumber penghasilan yang besar di kemudian hari, dan Anda bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.