Inilah 17 Peluang Usaha Franchise yang Menjanjikan

usaha franchise

Apakah Anda saat ini sedang menjelajah internet mencari peluang usaha franchise yang menjanjikan? Pucuk dicinta ulam pun tiba, Anda telah membaca artikel yang tepat. Saat ini usaha franchise memang menjadi alternatif peluang baru yang menjanjikan.

Usaha franchise merupakan usaha pengikatan, yang salah satu pihak diberikan hak menggunakan kekayaan intelektual yang dimiliki pihak lain. Jadi, usaha franchise ini dapat membantu Anda yang ingin berwirausaha tetapi tidak memiliki ide sendiri.

Saat ini usaha franchise memang sedang marak di tanah air, terutama di bidang makanan dan minuman. Selain tidak perlu repot harus menyiapkan rasa, merek, dan peralatan sendiri, usaha ini juga lebih mudah dijalankan.

Nah, simak tips berikut ini untuk memilih usaha franchise yang menguntungkan.

Tips Jitu Memilih Usaha Franchise

Ketepatan dalam memilih usaha franchise akan menentukan keberhasilan dan perkembangan usaha Anda. Berikut ini tips jitu yang bisa Anda terapkan.

Sesuaikan dengan Bujet Anda

Bujet untuk usaha franchise memang berbeda bagi setiap orang. Pasalnya, ada yang memakai dana sendiri, ada pula yang memakai dana tabungan. Bahkan ada yang memanfaatkan kredit atau pinjaman dari bank.

Oleh karenanya, sesuaikan investasi untuk usaha franchise Anda ini dengan anggaran yang telah Anda persiapkan. Dengan demikian, investasi usaha franchise yang Anda pilih tidak melebihi batas kemampuan Anda.

Pilih yang Telah Teruji Kredibilitasnya

Berhubung kredibilitas produk dari sebuah franchise ini sangat memengaruhi minat konsumen, pilihlah produk yang telah teruji. Jadi, Anda tidak boleh memilih hanya berdasar apakah modal Anda mencukupi atau tidak.

Anda harus mencari nama yang sudah dikenal baik oleh konsumen. Dengan begitu respon masyarakat terhadap produk Anda cukup baik. Bekerja sama dengan penyedia franchise yang berpengalaman dan punya nama baik akan memberikan kesan baik pula.

Kumpulkan Informasi Lengkap dari Franchisor

Carilah informasi sebanyak-banyaknya terkait penyedia franchise yang Anda incar, termasuk reputasi bisnis, cabang yang dimiliki, serta awal bisnisnya. Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan jika bisnis tersebut dapat bertahan atau tidak.

Selain itu pilih usaha yang memiliki Izin Usaha yang Legal. Izin usaha yang legal penting jika Anda ingin berinvestasi di franchise tersebut. Pasalnya tanpa izin usaha yang legal, usaha franchise bisa tutup dan tidak dapat dipertanggungjawabkan secara legal.

Mencari Lokasi yang Strategis

Lokasi strategis sangat penting saat Anda akan membuka usaha franchise. Dengan lokasi strategis, dapat mendatangkan banyak pengunjung yang bisa menjadi target konsumen Anda. Jadi, pastikan lokasi Anda berada di tempat keramaian seperti mal, kampus, sekolah, pasar, atau bahkan perkantoran.

Melihat Segmen Pasar

Anda harus mempertimbangkan segmen pasar yang cocok dengan produk yang dipilih. Usahakan produk, segmen pasar, dan lokasi usaha saling mendukung sehingga usaha bisa laris manis dan mendatangkan keuntungan.

Nah, setelah mengetahui tips di atas, saatnya bagi Anda untuk memilih salah satu peluang usaha franchise khususnya di bidang makanan dan minuman berikut ini. Jangan lupa harga dan paket sangat bervariasi sesuai dengan fasilitas yang diberikan, ada paket hemat tanpa booth, maupun paket full dengan fasilitas lengkap.

  1. Franchise Ayam Goreng / Geprek

Ayam goreng menjadi peluang usaha franchise terlaris di Indonesia. Ayam goreng ini hadir dalam bentuk ayam krispi berbalut tepung yang sangat digemari masyarakat. Selain rasa gurih dari gorengan tepungnya, daging ayamnya pun berasa empuk.

Biaya investasi yang ditawarkan bervariasi mulai Rp8.5 juta hingga ratusan juta. Tentunya semakin tinggi modal yang disetorkan, semakin banyak fasilitas yang diberikan. Bahkan ada yang menerapkan model auto pilot, bisnis ini dijalankan oleh penyedia franchise sepenuhnya.

Baca juga:  9 Peluang Usaha Paling Memungkinkan bagi Ibu Rumah Tangga

Saking populernya kuliner ayam goreng ini, tidak mengherankan jika kemudian muncul ayam dengan jenis makanan baru seperti ayam geprek. Beberapa contoh peluang usaha ayam ini adalah Franchise Sabana fried Chicken, Cryspyku Fried Chicken, Ayam Geprek Jagoan, Ayam Geprek Bensu, dan Ayam Geprek Pak Gembus.

  1. Franchise Bakso

Peluang usaha franchise bakso juga merupakan usaha franchise terlaris saat ini. Pasalnya tidak dimungkiri jika orang Indonesia hobi makan bakso dan akbrab dengan makanan satu ini. Pencinta bakso juga datang dari berbagai kalangan tua muda, kaya miskin.

Meskipun bukan bisnis baru, franchise bakso hadir dengan jenis bakso yang beragam. Ada bakso daging, bakso urat, bakso telor, bakso ikan, bakso keju, hingga bakso bakar. Meskipun pemainnya sudah banyak, prospeknya masih menjanjikan.

Selain usaha franchise bakso ini mudah, biaya investasi yang harus disetor juga bervariasi tergantung bujet Anda. Harga investasi tidak terlampau mahal mulai dari Rp5 juta hingga puluhan juta rupiah. Franchise bakso yang ada misalnya bakso Benhil, Bakso Kaget, Bakso Malang Kota Cak Eko, dan Bakso Pejuang.

  1. Burger

Burger memang bukan makanan asli Indonesia, tetapi popularitasnya sebagai makanan cepat saji banyak diminati pencinta kuliner. Selain cukup mengenyangkan sebagai alternatif makanan sehari-hari, sajian burger juga bervariasi dan tidak membosankan.

Penggemar burger berasal dari kalangan anak-anak dan remaja, serta masyarakat umumnya. Jadi, tidak sulit bagi Anda untuk memasarkannya karena masyarakat menyukai makanan praktis yang siap dikonsumsi.

Biaya investasi cukup bervariasi mulai Rp3, 5 juta hingga puluhan juta rupiah. Beberapa franchise bakso sebagai referensi adalah BurgerKu, Mr.Burger, Klenger Burger, dan Chubby Burger.

  1. Franchise Kebab

Usaha franchise kebab masuk dalam franchise terlaris dan cukup digemari masyarakat banyak. Kuliner asal Timur Tengah ini memang sudah akrab di lidah orang Indonesia. Oleh karenanya, peluang usaha Franchise Kebab ini cukup menjanjikan untuk dijalani.

Selain itu, kebab juga termasuk makanan yang kaya karbohidrat, protein, dan zat bergizi lainnya. Kebab juga hadir dengan berbagai variasi rasa dan ukuran serta ditawarkan dengan harga terjangkau.

Franchise kebab ditawarkan dengan harga investasi bervariasi mulai Rp3.950.000 hingga puluhan juta. Beberapa kebab yang menawarkan kemitraan yaitu Kebab Turki, Kebab Baba Rafi, dan Kebab Aladine.

  1. Franchise Martabak

Meskipun martabak bukan makanan baru dan pemainnya sudah banyak, tetapi peluang usaha franchise martabak masih terbuka lebar. Kenyataannya, pemain baru yang masuk dalam bisnis ini selalu ada. Walaupun pemainnya cukup banyak, franchise martabak jumlahnya masih sedikit.

Martabak merupakan kudapan yang bisa disantap sore dan malam hari. Selain rasa martabak yang lezat, variannya pun semakin bertambah. Saat ini tidak hanya ada martabak asin dan manis saja. Investasi yang dibutuhkan mulai sebesar Rp3,5 juta hingga puluhan juta rupiah. Franchise martabak contohnya ada martabak Joeragan, martabak Mister Bangka, martabak Unyil Ceria, dan martabak Sutra.

  1. Franchise Takoyaki

Takoyaki menjadi kuliner asal Jepang yang paling populer di tanah air. Pasalnya, makanan ini dengan mudah kita temui di banyak tempat. Beberapa tahun terakhir, Takoyaki menjadi booming karena semakin banyak masyarakat yang menyukainya.

Makanan berbentuk bola-bola dari adonan tepung ini hadir dengan varian isi seperti sosis, udang, cumi, keju crabstik, dan sapi asap. Paket franchise Takoyaki ditawarkan mulai dari Rp2,2 juta hingga puluhan juta rupiah.

Pilihan merek franchise cukup banyak dan Anda bisa langsung jualan. Ada merek seperti Takoyaki Shizuka, Koki Takoyaki, dan Daddy’s Takoyaki.

  1. Franchise Jagung Manis

Baca juga:  Peluang Usaha Tahun 2018 Paling Menjanjikan Saat Ini!

Jagung manis sangat disukai masyarakat Indonesia sejak lama. Selain rasanya yang lezat, aromanya pun menggoda. Jagung susu keju atau jasuke ini banyak ditemukan di tempat strategis seperti di mal atau food court.

Peluang usaha franchise jagung manis pipilan ini ke depannya semakin berkembang, Pasalnya harga per cupnya dijual dengan harga terjangkau. Untuk investasi usaha franchise ini, Anda cukup menyiapkan uang mulai Rp3,5 juta saja.

Pilihan franchisenya adalah Jagung manis Daily Fresh, Jagung Manis Fantastic, dan Jagung Manis Pipil.

  1. Franchise Crepes

Peluang usaha crepes berupa martabak super tipis ini masih tetap kress. Hadir dengan beraneka ragam rasa, crepes pun menjadi camilan banyak digemari. Apalagi saat ini kudapan ini mulai hadir dengan berbagai varian toping dan ukuran.

Oleh karenanya, produk Crepes ini sifatnya tidak temporary, melainkan bisa jangka panjang. Meski banyak kulineri lain yang sedang tren, crepes mampu bertahan di tengah masyarakat.

Sedangkan kemitraan juga mulai banyak bermunculan karena peluang yang masih terbuka ini. Investasi franchise crepes ditawarkan mulai Rp3,1 juta. Merek di pasaran dari franchise crepes ini ada Candy Crepes, D’ Crepes, dan De Paris Crepes.

  1. Franchise Tahu

Tahu adalah camilan asli Indonesia yang sudah lama disukai oleh masyarakat. Apalagi bila tahu ini disajikan krispi, gurih, hingga pedas. Saat ini jajanan tahu masih digemari berbagai kalangan termasuk para remaja, karena variasi bumbu tabur dan level kepedasannya.

Tahu gila menghadirkan rasa baru dengan varian menu rasa pizza, keju, barbeque hingga jagung bakar. Tahu Taisi hadir dengan varian baru dari original hingga spicy chicken taisi, hot mushroom, dan sausage taisi.

Paket kemitraan yang ditawarkan usaha franchise tahu ini bervariasi. Investasi tahu krispi ditawarkan tanpa outlet mulai Rp1,75 juta. Tahu gila mulai Rp5,7 juta dan tahu Jeletot mulai Rp2,5 juta. Tentunya jika dengan booth harga investasi lebih mahal.

  1. Franchise Mie

Bakmi adalah makanan tradisional Indonesia yang sudah ada sejak zaman dulu, yang tidak hilang dimakan waktu. Bahkan saat ini terus berkembang dengan inovasi baru yang beraneka ragam.

Beberapa di antaranya adalah hadirnya kwetiau berbagai varian, bakmi kuah dengan toping ayam, pokchoy, pangsit, dan bakso. Sedangkan I fu mie merupakan inovasi bakmi goreng renyah dengan daging, sayur, dan saus..

Franchise bakmi hadir dengan investasi mulai Rp20 juta hingga ratusan juta rupiah. Beberapa merek di pasaran yaitu Bakmi Naga, Bakmi GM, MieYamie, Mie Ayam Grobakan, dan Bakmi Gila.

  1. Franchise Pisang Goreng

Dengan semakin banyaknya camilan asing masuk ke tanah air, inovasi pun banyak dilakukan pada camilan khas ini. Pisang goreng pun hadir dengan keju renyah dan berbagai toping taburan di atasnya seperti gula palem dan karamel.

Pisang Nugget Kece, misalnya merupakan usaha franchise pisang goreng kekinian dengan balutan toping berbagai jenis rasa. Pisang Nugget Kece menyediakan paket investasi mulai Rp7,6 juta.

Sedangkan paket franchise Pisang Goreng Kripsi ditawarkan dengan investasi mulai Rp3,5 juta untuk paket ekonomis. Franchise Pisangku menawarkan kemitraan mulai Rp4,8 juta. Sementara paket Pisang Goreng Remes Goreng Pasir ditawarkan Rp4,5 juta.

  1. Franchise Es Krim

Peluang usaha franchise es krim tidak lekang oleh zaman, sehubungan dengan banyaknya penggemar es krim ini sepanjang zaman. Dengan potensi yang bagus ini, es krim banyak hadir dengan perkembangan luar biasa.

Ada Ice Cream Potong Singapura, Ice Krim Rujak Gebrak, atau Titos Es dengan memanfaatkan pot daur ulang. Untuk melakukan franchise es krim juga tidak sulit, karena Anda tidak perlu memulai dari nol serta pilihannya pun bervariasi.

Baca juga:  11 Cara Jualan di Shopee Agar Untung Besar. Sudahkah Dipraktikkan?

Franchise es krim menawarkan investasi mulai Rp3,8juta saja. Merek yang menawarkan kemitraan misalnya, Ice cream Bowl, Manda Es Krim, D’Raos Ice Cream, dan Aice Ice Cream.

  1. Franchise Kopi

Bagi pencinta kopi cita rasa minuman ini sungguh nikmat, apalagi bila disajikan dengan tren kekinian. Penggemar kopi ini berasal dari berbagai usia dan kalangan. Banyak kafe besar maupun kecil bermunculan dan berlomba menyajikan kopi enak.

Tren konsumsi kopi yang naik juga sejalan dengan tren kopi yang disajikan dengan berbagai menu kombinasi atau blend. Cita rasa yang dihasilkan tentu saja unik. Selain rasa, tempat usaha pun juga menawarkan suasana cozy dan santai.

Peluang usaha franchise kopi hadir dengan konsep berbeda dengan investasi mulai Rp9,5 juta. Merek franchise seperti kedai kopi bergaya Italia Eccesso, Javapuccino yang mencampur kopi dan Teh Slawi, serta Kedai Kopi Kapal Api.

  1. Franchise Teh

Sebagai minuman yang sangat populer di Indonesia, penjualan teh masih sangat berpotensi. Penggemar teh yang berasal dari berbagai kalangan, selalu menyambut baik setiap inovasinya.

Franchise teh hadir dalam inovasi berbeda seperti Thai Tea yang berasal dari Thailand. Ada juga variasi Teh Poci dengan varian rasa buah jeruk, stroberi, atau melon. Kesemuanya disajikan dengan kemasan praktis dan menarik.

Kemitraan di pasaran menawarkan investasi mulai Rp3 juta saja. Nama merek yang hadir seperti Asetehe, Teh Poci, dan teh Tongtji yang cukup populer di masyarakat.

  1. Franchise Coklat

Minuman Coklat ini memang terasa nikmat di lidah konsumen, oleh karenanya seolah tidak ada matinya. Coklat juga bisa diseruput dalam kondisi panas maupun dingin. Saat ini hadir dalam varian berbeda seperti iceblend.

Franchise coklat membutuhkan investasi yang tidak banyak mulai Rp2,8 juta saja. Merek Franchise coklat yang beredar misalnya Nuguy Coklat, Choco Latte, Cokelat Fantasy, dan Soklat Banget.

  1. Franchise Minuman Bubble

Franchise minuman bubble memiliki keunikan tersendiri, karena rasa bubble yang kenyal ini. Apalagi ini variannya pun beraneka ragam dan harganya pun terjangkau. Minuman bubble pun bisa dinikmati saat bersantai di mana saja.

Cukup banyak usaha franchise yang menawarkan kemitraan bubble ini dengan biaya investasi mulai Rp3,5 juta. Merek yang diusung seperti Chachacha Bubble Milk Tea, Mr. Dee Bubble, I-Cup, dan Lup Lup Bubble Drink.

  1. Franchise Minuman Durian

Banyak orang menyukai durian sebagai buah yang nikmat, memiliki aroma yang menyengat, dan rasanya seru. Berhubung buah duriain harganya cukup mahal, minuman es durian ini bisa menjadi alternatif karena harga jualnya lebih murah.

Pun rasanya tidak kalah enak dan menyegarkan, terlebih bisa membuat konsumen ketagihan. Franchise minuman durian hadir dalam bentuk cup dengan rasa mantap. Merek yang menawarkan kemitraan misalnya Mabokduren dengan investasi mulai Rp4,2 juta.

Merek lain yang hadir di pasaran adalah Sop Durian Durio, Sop Duran Duren, dan franchise Maniak Duren.

Nah, itulah 17 peluang usaha Franchise yang menjanjikan sebagai referensi Anda. Pilihalah franchise yang sesuai dengan kondisi bujet dan passion Anda. Jangan lupa bahwa setiap bisnis memiliki risiko dari yang kecil hingga besar. Anda harus siap menghadapi segala risiko usaha franchise ini dan tetap optimis demi kesuksesan usaha ini nantinya. Semoga bermanfaat ya!