Tabungan Untuk Biaya Pernikahan? Buat Perencanaan Saat Ini Juga!

Tabungan Untuk Biaya Pernikahan – Setiap orang pasti ingin melangsungkan pernikahan karena setiap orang tidak mampu hidup sendiri dan mereka butuh pendamping agar saling melengkapi dan membina rumah tangga untuk mendapatkan keturunan mereka dimasa yang akan datang. Namun, dalam pernikahan kita harus memiliki dana tertentu agar pernikahan kita bisa meriah dan bisa dinikmati oleh keluarga besar dan tentunya dana tersebut tidak sedikit. Oleh karena itu, jika anda hendak menikah, ada baiknya jika anda menabung untuk pernikahan anda. Tabungan untuk biaya pernikahan sangat penting karena dengan menabung, anda bisa bisa melangsungkan pernikahan sesuai dengan target yang anda inginkan tanpa kendala suatu apapun. Dengan demikian, anda bisa tersenyum bahagia dengan pasangan anda.

Terlebih jika anda memiliki gaji yang pas-pasan seperti gaji UMP maka menabung adalah cara terbaik anda agar bisa cepat melaksanakan pernikahan. Dengan menabung, anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan anda habiskan dalam pernikahan. Dengan hitungan yang cermat dan teliti, tabungan anda bisa mencukupi untuk pernikahan sesuai dengan waktu yang anda inginkan. Untuk memfasilitasi anda, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menabung agar anda bisa mendapatkan biaya pernikahan meskipun anda hanya memiliki gaji yang pas-pasan yang tidak lebih dari gaji provinsi atau upah minimal provinsi.

Tabungan Untuk Biaya Pernikahan, Lakukan 8 Cara Mudah Ini!

Tabungan Untuk Biaya Pernikahan

via: Vemale.com

1. Menabung dengan jumlah yang tepat

Dengan menyisihkan uang gaji, maka anda akan mampu membayar dana pernikahan jauh hari sebelum hari pernikahan dengan baik. Untuk penyisihan gaji, anda bisa menyisihkan gaji anda sebanyak 30%. Artinya, anda tidak perlu menyimpan semua atau separuh hasil gaji kalian karena kalian juga membutuhkan uang dalam kehidupan sehari-hari. Menabung untuk biaya pernikahan memberikan pengajaran yang baik bahwa anda perlu menabung jauh hari sebelum menikah. Jika anda menyimpan gaji anda sebanyak 30%, sedangkan gaji anda adalah sekitar 3 juta maka hitungannya adalah 30% x 3 juta = Rp 900.000. Jika pasangan kamu memiliki gaji sekitar 1,5 juta tinggal dihitung, 30% x 1.5 juta = Rp 450.000. Berarti tiap bulan kalian menabung sebanyak Rp 1.350.000 x 12 = Rp 16. 200. 000 dalam setahun.

Baca juga:  Cara Mengatur Keuangan Keluarga Secara Efektif

2. Tidak perlu bermewah-mewah namun berkesan

Agar anda tidak terlalu membutuhkan banyak biaya pada saat pernikahan, anda juga disarankan agar tidak perlu bermewah-mewahan saat melakukan pernikahan. Meskipun pernikahan merupakan momen yang penting, anda tidak perlu bermewah yang terpenting adalah berkesan.Anda perlu melihat tabungan untuk biaya pernikahan anda terlebih dahulu sebelum melakukan pernikahan.Untuk melakukan resepsi, anda tidak perlu menyewa gedung yang harganya kelewat mahal karena anda bisa melangsungkan pernikahan di taman atau dirumah anda dengan mengundang orang-orang terdekat yang pastinya akan membuat pernikahan kamu menjadi lebih berkesan dan istimewa.

3. Tekanlah pengeluaranmu sebaik mungkin

Agar proses menabung anda berjalan dengan lancar, anda juga sebaiknya menekan pengeluaran and sebaik mungkin. Anda tidak perlu menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang sepele atau tidak terlalu penting. Kalian harus cermat dalam mengeluarkan uang kalian. Saat berpacaran, anda tidak perlu berkencan untuk mengeluarkan banyak uang karena anda sudah memikirkan untuk menikah yang mana membutuhkan uang yang cukup banyak. Hal itu dikarenakan anda perlu membeli peralatan pernikahan seperti baju pernikahan, cincin, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mulai mencari perabot-perabot yang memiliki harga cukup murah untuk dijadikan perabot rumah tangga anda dimasa yang akan datang.

4. Tidak usah terlalu banyak Foto Pre-wedding

Agar tabungan untuk biaya pernikahan nantinya dipergunakan dengan baik, maka anda tidak perlu memperbanyak foto pre-wedding karena hal ini pada dasarnya tidak terlalu penting. Anda bisa mensederhanakan foto pre-wedding dengan pasangan jika anda ingin menggunakan foto pre-wedding. Untuk foto ini, anda juga bisa meminjam kamera Polaroid dan anda bisa menceritakan perjalanan cinta kalian. Dengan menggunakan alur cerita pada pre-wedding kalian, maka acara pernikahan anda akan lebih berkesan dibandingkan dengan memperbanyak foto-foto prewedding seperti yang dilakukan oleh selebriti. Anda perlu tahu bahwa hasil dari foto Polaroid itu cukup bagus dan bisa digunakan sebagai dekorasi yang ada dirumah anda nanti setelah pernikahan.

Baca juga:  Cara Mengelola Gaji Bulanan Agar Kebutuhan Terpenuhi

5. Aturlah pernikahanmu sendiri

Cara lain agar anda bisa menyisihkan uang tabungan dalam pernikahan adalah dengan mengatur pernikahan anda sendiri. Jika anda menyewa jasa wedding organizer, anda akan mengeluarkan banyak uang karena jasa mereka cukup mahal. Oleh karena itu, dengan mengatur pernikahan sendiri dengan mengajak keluarga dekat dan sahabat untuk membantu mengatur jalannya pernikahan yang akan membuat anda lebih berkesan. Ada banyak manfaat juga yang bisa kalian dapatkan disini karena selain irit biaya, anda juga akan merasakan kedekatan anda bersama keluarga dan juga sahabat yang tidak bisa anda cari ditempat lain.

hasil tabungan gaji untuk pernikahan

via: maskoolin.com

6. Memisahkan alokasi dan hasil tabungan gaji

Selain itu, anda juga perlu mampu memisahkan antara alokasi dan hasil tabungan untuk biaya pernikahan. Disini, anda bisa melakukan pembicaraan bersama pasangan berkaitan dengan gaji yang anda miliki dengan tabungan gaji. Anda bisa mengalokasikan gaji anda untuk membeli peralatan pernikahan sedangkan pasangan anda bisa menggunakan gaji yang mereka miliki untuk membeli hal-hal atau keperluan lain dimasa yang akan datang. Dengan membagi arau mengalokasikan tabungan gaji anda, maka anda kan lebih mudah untuk membagi kebutuhan yang didapatkan dari tabungan anda dengan lebih baik. Oleh karena itu, anda akan mendapatkan keuntungan yang tidak terduga jika anda mengalokasikan dana dengan baik.

7. Komitmen untuk menyisihkan uang per bulan

Hal penting lain dalam menabung untuk pernikahan adalah anda harus memiliki komitmen saat menyisihkan uang. Komitmen ini cukup sulit karena tidak semua orang bisa melakukan hal yang satu ini. Dengan komitmen, anda tidak hanya membatasi pengeluaran kalian namun anda juga harus konsisten dalam menyisihkan uang. Untuk ini, anda tidak perlu menyisihkan nominal uang yang besar karena hal penting yang harus ada disini adalah anda wajib kontan dan terus menerus. Jika anda bisa konsisten untuk menyisihkan uang per bulan, maka anda bisa membeli keperluan tak terduga yang bisa anda dapati saat pernikahan sedang berlangsung.

Baca juga:  Cara Mengatur Keuangan Keluarga Secara Efektif

8. Cicil membeli dalam jangka waktu per bulan

Jika anda merasa keberatan saat pernikahan, maka mencicil saat membeli sesuatu yang berkaitan dengan pernikahan bisa menjadi cara terbaik anda pada tabungan untuk biaya pernikahan. Untuk mempersiapkan hari besar pernikahan anda, anda tidak hanya menabung akan tetapi diharapkan anda juga mulai mencicil barang yang hendak digunakan pada pernikahan. Agar terasa ringan, anda bisa mencicilnya satu per satu. Dengan kata lain, anda tidak perlu membeli perabot atau barang yang berkaitan dengan pernikahan anda secara langsung atau sekaligus namun anda bisa berdiskusi dengan pasangan anda untuk membeli barang apa terlebih dahulu yang perlu dicicil.

Dengan kata lain, mempersiapkan kebutuhan pernikahan jauh-jauh hari merupakan ide terbaik anda agar pernikahan anda bisa berjalan dengan lancar. Mengatur keuangan dalam pernikahan memang penting karena saat menikah kita memang membutuhkan biaya yang cukup besar dimulai memesan tempat hingga masuk pada perabot individu yang dikenakan oleh pengantin saat melaksanakan upacara pernikahan.

Dengan tabungan untuk biaya pernikahan, masalah anda bisa dipecahkan dengan sangat mudah sehingga anda tidak perlu ragu maupun khawatir lagi yang sudah memiliki pasangan dan ingin cepat melamar pasangan anda dalam waktu dekat.

Pencarian:

    cara ngumpulin uang buat nikah, tabungan bersama bisa digunakan untuk apa saat merencanakan pernikahan

Tabungan Untuk Biaya Pernikahan? Buat Perencanaan Saat Ini Juga! | Tonny | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *