Syarat KUR BRI Lengkap Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman!

Syarat KUR BRI – KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh BRI dalam rangka menanggapi program pemerintah berupa pinjaman modal usaha. Dalam hal ini, modal yang diberikan 100% berasal dari bank yang menjalankan KUR kepada rakyat Indonesia.

Apakah hanya BRI saja yang melaksanakan KUR ini? Tentu tidak. Ada banyak sekali bank di Indonesia yang turut menyukseskan KUR, namun dari semua bank tersebut, BRI tampak paling siap karena sudah berpuluh tahun BRI melayani sektor UKM dan pedesaan.




1/ Dasar Hukum KUR BRI Apa ya gan?

Sebelum kita lebih lanjut membahas mengenai persyaratan untuk pengajuan KUR, ada baiknya Anda memahami terlebih dulu dasar hukum pelaksanaan KUR di Indonesia. Berikut ini data peraturan yang kami kutip dari situs pemerintah.

  1. Keputusan Presiden No.19 Tahun 2015 sebagai revisi Keputusan Presiden No.14 Tahun 2015 tentang Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang ditetapkan pada 15 Juli 2015.
  2. Peraturan Menko Perekonomian No.6 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (Lamp I, KUR Mikro, Lamp II, KUR Ritel dan Lamp III, KUR Penempatan TKI) diundangkan tanggal 7 Agustus 2015.
  3. Peraturan Menteri Keuangan No.146/PMK.05/2015 tentang Tata Cara Pembayaran Subsidi Bunga Kredit Usaha Rakyat, diundangkan tanggal 30 Juli 2015.
  4. Keputusan Menko Perekonomian No.170 Tahun 2015 tentang Bank Pelaksana dan Perusahaan Penjamin KUR, ditetapkan tanggal 11 Agustus 2015, meliputi : PT. BRI, PT. Bank Mandiri, PT. BNI,  Perum Jamkrindo, dan PT. Askrindo.




2/ Bidang Apa Aja Yang Menjadi Sasaran KUR BRI gan?

Berikut ini merupakan sektor-sektor yang mendapatkan alokasi pembiayaan KUR. Coba perhatikan, ada nggak usaha Anda di daftar berikut ini? Kalau ada, berarti Anda bisa mengajukan KUR pada BRI.

Baca juga:  Daftar Alamat Kantor BRI untuk Pengajuan KUR Se-Indonesia

a. Sektor Pertanian

Seluruh usaha di sektor pertanian (sektor 1), termasuk tanaman pangan, tanaman hortikultura, perkebunan, dan peternakan).

b. Perikanan

Seluruh usaha di sektor perikanan (sektor 2), termasuk penangkapan dan pembudidayaan ikan).

c. Industri Pengolahan

Seluruh usaha di sektor Industri Pengolahan (sektor 4), termasuk industri kreatif di bidang periklanan, fesyen, film, animasi, video, dan alat mesin pendukung kegiatan ketahanan pangan.

d. Perdagangan

Seluruh usaha di sektor perdagangan (sektor 7), termasuk kuliner dan pedagang eceran.

e. Jasa-Jasa

Seluruh usaha: sektor penyediaan akomodasi dan penyediaan makanan (sektor 8), sektor transportasi – pergudangan – dan komunikasi (sektor 9), sektor real estate – usaha persewaan – jasa perusahaan (sektor 11), sektor jasa pendidikan (sektor 13), sektor jasa kemasyarakatan – sosial budaya – hiburan – perorangan lainnya (sektor 15).

f. Pembiayaan Penempatan TKI

Pembiayaan ini meliputi biaya penempatan Calon TKI di luar negeri dan pembiayaan calon pekerja magang di luar negeri.




3/ Oke gan, Sekarang Siapa Aja Yang Layak Untuk Mendapatkan KUR BRI?

Pada dasarnya seluruh warganegara Indonesia boleh mengajukan KUR BRI, namun ada beberapa hal-hal mendasar dan penting agar hubungan Anda dan BRI berjalan dengan baik. Bank butuh Anda agar bisa membayar, dan Anda juga nggak mau gagal bayar kan? Ok, perhatikan berikut ini.

KUR Mikro 

Penerima KUR Mikro adalah individu/perseorangan atau badan usaha yang melakukan usaha yang produktif, yaitu:
  1. Usaha mikro, kecil, dan menengah;
  2. Anggota keluarga dari karyawan/karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia;
  3. Tenaga Kerja Indonesia yang purna bekerja di luar negeri; dan
  4. Pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja

KUR Ritel

Penerima KUR Ritel adalah individu/perseorangan atau badan usaha yang melakukan usaha yang produktif, yaitu:
  1. Usaha mikro, kecil, dan menengah;
  2. Anggota keluarga dari karyawan/karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia;
  3. Tenaga Kerja Indonesia yang purna bekerja di luar negeri.

KUR Penempatan TKI

Penerima KUR Penempatan TKI adalah individu/perseorangan atau badan usaha yang melakukan usaha yang produktif, yaitu:

  1. Calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan bekerja di luar negeri;
  2. Calon pekerja magang di luar negeri.




4/ Wow, saya tampaknya bisa dapat KUR BRI Gan! Terus gimana, berapa plafon uang yang bisa saya terima? Bunganya berapa?

Selamat ya! Tentunya setiap sektor berbeda jenis pembiayaannya. Tanpa saya harus ngoceh panjang lebar, berikut plafon uang dan bunga yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga:  Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Bagaimana Caranya?

KUR Mikro

Penempatan dana berupa Kredit Modal Kerja dan atau Investasi dengan plafond sampai dengan Rp 25 juta per debitur dengan rincian:

  • Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun
  • Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun
  • Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan
  • Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi

KUR Ritel

Penempatan dana berupa Kredit Modal Kerja dan atau Investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond Rp 25 juta s.d Rp 500 juta per debitur dengan rincian:

  • Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 4 (empat) tahun
  • Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun
  • Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan
  • Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi
  • Agunan sesuai ketentuan pada saat pengajuan

KUR Penempatan TKI

Dana diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafond sampai dengan Rp 25 juta per orang dengan rincian:

  • Suku bunga Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan
  • Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi
  • Jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun atau sesuai kontrak kerja
  • Tujuan negara penempatan Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia




5/ Joss! Mantap! Sekarang syaratnya gan. Coba jelasin syarat KUR BRI tersebut!

syarat KUR BRI
via: sindonews.com

a. Mempunyai usaha yang produktif

Usaha produktif adalah usaha untuk menghasilkan barang atau jasa untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha. Usaha yang dikategorikan produktif adalah usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan sampai 2 tahun, jadi bukan usaha baru.

b. Usahanya layak

Usaha layak adalah usaha calon debitur yang menguntungkan / memberikan laba sehingga mampu membayar seluruh hutang bunga dan mengembalikan seluruh hutang / kewajiban pokok kredit/ pembiayaan dalam jangka waktu yang disepakati antara Bank Pelaksana dengan debitur KUR dan memerikan sisa utang keuantungan untuk mengembangkan usahanya.

c. Belum bankable

Belum bankable artinya calon debitur belum memenuhi persyaratan teknis perbankan terutama masalah agunan dan aspek legalitasnya. UMKMK dikategorikan belum bankable karena belum dapat memenuhi persyaratan perkreditan/ pembiayaan dari Bank Pelaksana antara lain dalam hal penyediaan agunan dan pemenuhan persyaratan perkreditan/ pembiayaan yang sesuai dengan ketentuan Bank Pelaksana. Jadi, justru kalau Anda dianggap mampu oleh bank, Anda tidak akan mendapatkan KUR. 

d. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan

Calon debitur atau UMKMK tidak boleh sedang menerima kredit perbankan, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit. Penerima kredit dari pihak lain sudah tentu tidak boleh menjalin kemitraan dengan kreditur lain agar tidak terjadi overlapping pembiayaan.

Baca juga:  Daftar Alamat Kantor BRI untuk Pengajuan KUR Se-Indonesia

e. Persyaratan administrasi

Calon debitur/UMKMK juga harus mampu memenuhi persyaratan administrasi seperti:

  • Identitas berupa KTP,
  • Kartu keluarga, dan
  • Surat ijin usaha (cukup di level kelurahan atau kecamatan)
  • Jika Anda pengajuan untuk penempatan TKI, maka Anda perlu memiliki juga:
    • Perjanjian penempatan kerja
    • Paspor
    • Visa
    • dan persyaratan tambahan yang dibutuhkan

f. Apa perlu ada jaminan?

Pada umumnya kredit yang diberikan oleh perbankan harus menggunakan jaminan yaitu

  • jaminan pokok (kelayakan usaha itu sendiri) dan
  • jaminan tambahan.

Tapi….. khusus KUR mikro sudah tidak dipersyaratkan agunan tambahan, cukup kelayakan usaha yang akan dibiayai. Sedang kredit KUR retail masih mensyaratkan adanya agunan tambahan.




6/ Prosedurnya gimana Gan? Saya sekarang mau ke bank nih!

Oke sabar, silakan Anda baca dan ikuti dengan seksama hal-hal berikut ini :

  • UMKMK mengajukan surat permohonan KUR kepada Bank BRI dengan melampirkan dokumen seperti:
    • Legaliatas usaha,
    • Perizinan usaha,
    • Catatan usaha keuangan, dan sebagainya. Kalau Anda bingung, bisa ditelepon saja pihak BRI nya. Dinego. Pasti bisa, karena mereka butuh untuk penyaluran kredit.
  • Nah, kemudian Pihak BRI akan mengevaluasi dan menganalisa kelayakan usaha UMKMK berdasarkan permohonan Anda.
  • Apabila menurut analis BRI Usaha UMKMK Anda layak, maka Bank akan menyetujui permohonan KUR. Keputusan pemberian KUR sepenuhnya merupakan kewenangan Bank.
  • Pihak BRI dan UMKMK Anda akan menandatangani perjanjian kredit/pembiayaan.
  • Selanjutnya UMKMK wajib membayar/ mengangsur kewajiban pengembalian KUR kepada Bank sampai lunas.




7/ Tabel Angsuran KUR BRI 

Tabel Angsuran KUR BRI
via: modalusaha.net




8/ Beberapa informasi penting seputar KUR BRI 2017 dan 2018

Dilansir oleh kompas.com, penyaluran KUR pada 2017 ini sudah memenuhi target.

  • Hingga akhir kuartal I 2017, sebanyak 30 persen dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) disalurkan ke sektor produksi.
  • Total penyaluran KUR BRI hingga akhir Maret 2017 tercatat sebesar Rp 14,11 triliun, dengan jumlah debitur mencapai 763.000 debitur.
  • Apabila dihitung sejak KUR diluncurkan Agustus 2015, maka total yang sudah disalurkan BRI mencapai Rp 99,7 triliun.
  • KUR tersebut disalurkan kepada 5,6 juta debitur. Adapun target penyaluran KUR BRI pada tahun 2017 ini mencapai Rp 71 triliun.
  • Angka ini sesuai dengan kuota yang diajukan dari pemerintah, menjadikan BRI sebagai bank penyalur KUR terbesar.

Jadi jika Anda saat ini ingin mengajukan KUR, segera saja. Sudah ratusan triliun yang disalurkan oleh BRI. Dimana lagi Anda bisa mendapatkan sokongan dana dengan sangat ringan dari pemerintah kalau bukan dari KUR?

Kontak cabang BRI terdekat di kota Anda. Temukan cabang BRI terdekat di kota Anda pada halaman berikut ini.

30 Comments

  1. Saya sudah pernah minjam
    Dan pernah nunggak .
    Tapi sudah saya bayar doble.
    Dan sisa nya sudah saya lunasi..
    Sekarang saya minjam lagi tapi sudah 2 bulan ngak ada kabar nya..

  2. Selamat sore,
    Saya berniat mengajukan kredit KUR dengan usaha saya jasa Laundry Dry Cleaning, usaha sudah berjalan 1 tahun. Tapi yg jadi masalah dr kelurahan tdk bisa mengeluarkan surat ket usaha dikarenakan jenis usahanya, menurut staff kelurahan hrs cek limbah ke dinkes. Smentara sy sudah sgt membutuhkan tambahan modal, apakah bisa bantu solusi? Terima kasih

    • Sebelum bulan puasa saya ngajukan pinjaman kur dan sampai sekarang belum ada kepastian dari pihak bank
      Padahal data sudah lengkap tpi pengawai nya lelet,pagi datang sebentar cuma ngisi absen doank biar dapet uang makan sudah itu langsung pulang!ngiliran nasabah datang ngak di layani!nama nya
      (rivani) di bank bri palembang palembang km12

  3. Assalamu alaikum pak ni saya nando mau minjam saya tinggal di daerah depok pak. Tlng di bantu ya pak untuk daerah Depok usaha saya Bengkel motor pak. Ni No Hp saya pak 081317468359

  4. Saya ngajuin pinjaman usaha warung sembako di Sepatan tangerang tapi harus pake anggunan . Yang bener yang mana ni katanya gak pake anggunan bisa. Kredit usaha rakyat buat usaha ngewarung sembako. Gimana ni negara gak jelas BRI

  5. Assalamualaikum.
    Saya mau minjam uang jaminan BPKB motor,
    Tapi saya belum menikah dan saya mau usah dagang.
    Gimana apa bisa di ajukan.
    Terimakasih

  6. Saya mengajukan pinjaman dan sudah di hub pihak admin sampai penyerahan jaminan tetapi knpa sampai sekarang sudah 7hari ( 4hari kerja) saya belum di hubungi kembali untuk pencairan?
    Bukan nya kalau jaminan asli sudah di berikan itu langsung cair yah?

  7. Saya berktp jakarta.tp tinggal dan usaha sudah lama di depok. Apakah bisa mengajukan kur di depok

  8. saya sudah mengajukan KUR cair 20 juta tapi saat pencairan di potong sebesar 800 ribu katanya tabungan di BRI. apakah seperti itu prosedurnya. setahu saya kalo KUR tidak ada biaya administrasi maupun simpanan angsuran. mohon penjelasannya.

  9. Saya mau pinjam uang 15 jt untuk memperluas usaha cafe saya.
    Mohon tolongannya no hp saya. 087853382444

  10. Saya punya toko baju ingin mengajukan kur . Tp saya tlp katanya harus pakai jaminan surat tanah atau jaminan lain. Maba yg benar sih ? Minta info dong

  11. PINJaMAN DANA KUR 25iB di brosur tidak di kenakan anggunan/jaminan tapi knp kok masih di kenakan anggunan / jaminan
    Berrty semua persyaratan di brosur tidak sesuai donk dengan kenyataanya.
    Masyarakat yg tidak mmpunyai anggunan/jaminan berrty tidak bisa donk meminjam dana KUR..

  12. Saya ingin tau,kalaw pijam 2 kali beriring2 boleh nggk? Pijaman saya motor 1 tinggal,18bln lagi,jadi saya mau ambil lagi pake jaminan motor lagi bisa nggk?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*