Prosedur Klaim BPJS Kesehatan Gratis, Ini dia Caranya!

Klaim BPJS Kesehatan – Saat ini biaya kesehatan sangatlah mahal. Dari tahun ke tahun selalu naik tajam. Apalagi untuk masyarakat menengahbawah yang memiliki penghasilan terbatas. Tetapi pemerintah memudahkan segalanya dengan adanya BPJS kesehatan. Asuransi kesehatan ini berbentuk tabungan gotong royong yang bisa digunakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Dengan adanya bpjs kesehatan, anda bisa mendapatkan pelayanan gratis ketika berobat.

Bpjs kesehatan dulu bernama askes. Lalu apa perbedaan BPJS kesehatan dan bpjs ketenagakerjaan. BPJS kesehatan bisa digunakan oleh rakyat umum sedangkan bpjs ketenagakerjaan digunakan untuk para pekerja. Untuk masalah klaim bpjs kesehatan ada syarat tertentu yang harus anda penuhi.

Kelebihan BPJS Kesehatan

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara klaim bpjs kesehatan lebih baik anda ketahui apa kelebihan dan kekurangan dari bpjs kesehatan. BPJS kesehatan lebih murah dibandingkan asuransi kesehatan lainnya. Iuran perbulannya sangat murah. Untuk kelas 3 Rp 25.000. kelas 2 Rp.49.500 dan kelas 1 Rp 59.000. Dengan iuran sebesar itu, anda bisa mendapatkan layanan pengobatan yang sangat lengkap. Bahkan jika dibutuhkan operasi pun, anda sudah tak perlu mengeluarkan biaya lagi. BPJS kesehatan merupakan program wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini sudah diatur oleh pemerintah tetapi sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mendaftar BPJS Kesehatan.

Ketika anda menggunakan asuransi kesehatan lainnya, anda membutuhkan medical check up, Jikapenyakit anda parah dan anda sudah berumur diatas 40 tahun, biasanya pembayaran premi akan lebih mahal. Tetapi dengan menggunakan bpjs kesehatan anda tidak membutuhkan medical check up. Cara klaim bpjs kesehatannya pun sangat mudah. Walaupun anda terkena penyakit parah dan sudah berusia lanjut, anda akan mendapatkan pelayanan yang sama. Dengan menggunakan BPJS kesehatan, anda akan mendapatkan jaminan kesehatan seumur hidup. Yang paling penting tidak ada pengecualian pada BPJS kesehatan. Walaupun penyakit anda susah diobati, tetap ada pengobatan buat anda.

Baca juga:  Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Mandiri Dan Kolektif

Kekurangan BPJS Kesehatan

Selain ada kelebihan, BPJS kesehatan ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan yang pertama adalah asuransi kesehatan dari pemerintah ini hanya berlaku di Indonesia saja. Sedangkan asuransi kesehatan swasta bisa digunakan di rumah sakit luar negeri yang sudah menjalin kerjasama. BPJS kesehatan juga menggunakan metode berjenjang. Maksudnya jika keadaan anda tidak darurat, anda harus memeriksa secara bertahap. Dimulai dari puskesmas, kemudian baru dirujuk ke rumah sakit kalau perlu dirujuk. Sedangkan untuk asuransi lain, anda bisa langsung memilih untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit.

Terkadang bpjs kesehatan tidak sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Misalnya anda memilih bpjs kesehatan kelas 1, tetapi nanti ketika melakukan klaim bpjs kesehatan belum tentu anda akan mendapatkan kelas satu. Hal ini bisa dikarenakan beberapa hal yang terjadi di rumah sakit. Seperti ,kurangnya kamar, fasilitas dan masih banyak lainnya. yang menjadi kekurangan bpjs kesehatan adalah kita harus sering antri. Untuk mendaftar, mengajukan klaim, mengganti data, memeriksa dan lain-lain anda harus mengantri karena banyaknya orang yang menjadi peserta bpjs kesehatan.

Untuk bisa mendapatkan pelayanan pengobatan gratis dengan bpjs kesehatan memang dibutuhkan beberapa syarat dan prosedur yang harus anda penuhi. Buat anda yang menjadi peserta bpjs kesehatanwajib mengetahui prosedur ini. Jika anda tidak mengikuti prosedur yang sudah ada, anda tidak akan pernah mendapatkan pengobatan gratis dan langsung mendapatkan penolakan. Inilah prosedur klaim BPJS kesehatan yang harus anda lakukan supaya mendapatkan pengobatan gratis.

Tahapan Klaim BPJS Kesehatan

Prosedur Klaim Bpjs Kesehatan Gratis
sumber: www.slideshare.net
  • Datang Ke Puskesmas
Baca juga:  Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Sebesar 10%, 30% Dan 100%

Tahapan pertama yang harus anda lakukan dalam klaim bpjs kesehatan adalah mendatangi puskesmas di daerah anda. Tahapan ini disebut sebagai tahapan FASKES (Fasilitas Keshetan) 1. FASkes 1 tidak hanya puskesmas saja. Tetapi bisa dokter keluarga atau klinik setempat, Hal ini dilakukan jika penyakit anda tidak parah. Tetapi jika anda dalam keadaan darurat, anda bisa langsung menuju ke rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS. Keadaan darurat disini berarti keadaan yang bisa menyebabkan kematian atau kecacatan. JIka anda seorang karyawan disebuah instansi, harus meminta surat izin berobat dari perusahaan anda terlebih dahulu.

  • Melakukan Pemeriksaan Di Puskesmas Atau Klinik

Ketika anda mendatangi puskesmas atau klinik, anda tidak bisa langsung minta ke rumah sakit. Tetapi akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Nanti dari hasil pemeriksaan akan diputuskan apakah anda perlu dirujuk ke rumah sakit atau hanya perlu diberi obat saja. Jika nanti dari pihak puskesmas tidak sanggup memberikan pengobatan, anda akan langsung diberi surat rujukan ke rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan bpjs kesehatan. Ingat ketika anda melakukan pemeriksaan ke puskesmas, harus selalu membawa kartu bpjs kesehatan anda. tanpa kartu bpjs anda tidak bisa dilayani.

  • Menuju Ke Rumah Sakit Rujukan

Tahapan klaim bpjs kesehatan selanjutnya adalah menuju ke rumah sakit rujukan. Jika puskesmas tidak bisa menanganinya, anda akan langsung di rujuk ke rumah sakit. Setelah mendapatkan surat rujukan lebih baik langsung datang ke rumah sakit yang sudah ditetapkan oleh puskesmas, klinik atau dokter keluarga. Jika anda terlambat maka anda tidak bisa dilayani. Anda bisa dilayani pada jam kerja hari selanjutnya.

Selain membawa surat rujukan dari puskesmas dan kartu peserta bpjs, anda juga harus membawa fotocopy KTP pasien yang masih berlaku, fotocopy kartu bpjs, fotocopy surat rujukan dan foto copy kartu keluarga. Semua data tersebut akan digunakan sebagai data pelengkap di rumah sakit. Jika semua data terpenuhi, anda akan langsung mendapatkan pelayanan sesuai kelas bpjs yang sudah anda ambil.

Baca juga:  Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru dan Sistemnya

Jika anda sudah mengikuti semua prosedur diatas berarti anda akan mendapatkan pelayanan gratis di rumah sakit. Dari biaya kamar, biaya obat-obatan dan lain sebagainya. Tetapi ada beberapa pengecualian pada hal-hal tertentu dan anda akan dikenai biaya tambahan. Biaya tambahan tersebut berlaku pada biaya obat yang tidak terdaftar pada macam-macam obat yang ditanggung oleh pihak bpjs kesehatan.

Klaim Bpjs Kesehatan
Sumber: bpjs-kesehatan.go.id

Biaya tambahan lainnya pada biaya kelas perawatan. Bpjs kesehatan hanya bisa menanggung biaya perawatan sampai kelas 1 saja, Jikaanda ingin mendapatkan kelas perawatan VIP atau diatasnya berarti anda harus membayar biaya tambahan lagi. Biaya tambahan ini dibayarkan setelah dikurangi selisih dari biaya normal bpjs kesehatan.

Biaya tambahan ini memang tidak bisa anda hindari. Apalagi jika penyakit anda membutuhkan pengobatan yang insten dan membutuhkan jenis obat yang sulit. Tetapi untuk pengobatan pada umumnya bpjs kesehatan sudah membantu meringankan beban anda. Buat anda yang belum mendaftar bpjs kesehatan lebih baik untuk segera mendaftarnya.

Proses pendaftaran sangat mudah. Bahkan anda bisa melakukannya secara online tanpa perlu mengantri ke kantor bpjs kesehatan terdekat. Itulah sedikit informasi yang bisa diberikan mengenai tahapan klaim bpjs kesehatan. Semoga artikel yang www.ilmubisnis.net berikan bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Pencarian:

    Bpjs kesehatan klaim, klaim bpjs kesehatan, memilih bpjs gratis

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan Gratis, Ini dia Caranya! | Tonny | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *