Program BPJS Dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Daftar Bpjs Ketenagakerjaan Online – Di zaman yang modern seperti saat ini, asuransi kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Pemerintah sendiri memberikan program asuransi untuk semua rakyatnya dengan menggunakan program bpjs. Buah anda yang bekerja di perusahaan atau pegawai negeri sipil pasti memiliki kartu peserta bpjs ketenagakerjaan yang dulu bernama jamsostek. Pembayaran BPJS akan dikurangi dari total gaji anda.

Sebenarnyaapa itu bpjs ketenagakerjaan? Bagaimana cara daftar bpjs ketenagakerjaan online, Apa saja jenisnya dan lain sebagainya. Memang masih banyak orang yang belum tahu mengenai bpjs ketenagakerjaan ini. dibawah ini akan diberikan -penjelasan lebih lengkap.

BPJS ketenagakerjaan memiliki tanggung jawab penuh untuk memberikan perlindungan seluruh pekerja di Indonesia. Mungkin anda sudah tahu kalau ada 4 program yang bisa anda pilih di bpjs ketenagakerjaan. Ada jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun dan jaminan hari tua. Jika anda dulu menjadi peserta jamosterk, keanggotaan anda tidak aakn berubah.

Jadi tak perlu melakukan pendaftaran ulang lagi. Setiap tahunnya selalu terjadi perubahan yang lebih baik mengenai bpjs ketenagakerjaan. Oleh karena itu prosuder pendaftaranya juga ada yang berubah, silakan simak Cara Daftar Bpjs Ketenagakerjaan Online secara mudah dibawah ini:

Cara Daftar Bpjs Ketenagakerjaan Online

Cara Daftar Bpjs Ketenagakerjaan Online

Cara Daftar Jaminan Kematian (JK)

Ketika anda ingin daftar bpjs ketenagakerjaan online, anda harus tahu program apa yang akan anda ambil. Ada jaminan kematian yang akan diberikan untuk ahli waris peserta BPJS ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan disebabkan oleh kecelakaan kerja. Dengan menggunakan program ini, bpjs akan memberikan tenaga santuan kematian sebesar Rp. 14.200.000, biaya pemakaman sebesar Rp. 2.000.000 dan santunan berkala sebesar Rp.200.00 perbulan selama 2 tahun.

Baca juga:  Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Sebesar 10%, 30% Dan 100%

Untuk masalah iuran dari uang jaminan kematian akan ditanggung oleh perusahaan dengan besar 0.3%. total jaminan kematian yang diberikan sebesar Rp.12.000.000 yaitu Rp.2.000.000 untuk santunan berkala dan biaya pemakaman dan Rp. 10.000.000 untuk santunan kematian.

Untuk mencairkan dananya, ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi oleh pihak keluarga, pertama ada surat keterangan kematian dari kelurahan, kepolisian atau rumah sakit. Kartu peserta bpjs ketenagakerjaan yang asli. Fotokopi SIM atau KTP dan fotokopi kartu keluarga. Surat keterangan ahli waris, fotokopi KTP ahli waris, dan surat kuasa yang sudah bermaterai. Semua dokumen tersebut langsung anda bawa ke kantor cabang bpjs ketenagakerjan terdekat. Nanti anda akan langsung mengurus uang pencairan uang jaminan kematian.

Cara Daftar Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Dalam sebuah pekerjaan, tidak bisa dipungkiri akan terjadi kecelakaan kerja. Dengan adanya program jaminan kecelakaan kerja, anda akan mendapatkan perlindungan penuh ketika terjadi kecelakaan kerja. Semua perlindungan berlaku sejak anda berangkat kerja sampai pulang kembali ke rumah. Semua tanggungan sepenuhnya oleh perusahaan.

Untuk rincian iuranya terdiri dari biaya transportasi darat Rp.750.000, transportasi laut Rp.1.000.000 dan transportasi udara Rp.2.000.000. untuk yang tidak mampu bekerja ada biaya 4 bulan pertama 100% x gaji sebulan, 4 bulan kedua 75% x gaji sebulan dan seterusanya 50% x gaji sebulan. Cara daftar bpjs ketenagakerjaan online jaminan kecelakaan kerja sangat penting anda ketahui.

Untuk biaya pengobatan perawatan Rp.20.000.000 dan pergantian gigi tiruan Rp.2.000.000. Biaya santunan cacat sebagian tetap % tabel x 80 bulan gaji, total tetap sekaligus 70% x 80 bulan gaji. Berkalanya sekitar Rp 200.000 perbulan selama 24 bulan. Ada juga biaya kematian, biaya rehabilitias dan penyakit akibat kerja. Semua tanggungan akan diberikan oleh perusahaan.

Baca juga:  Prosedur Klaim BPJS Kesehatan Gratis, Ini dia Caranya!

JIka terjadi kecelakaan, anda bisa mengisi beberapa formulir dan harus langsung mengirimkannya ke bpjs ketenagakerjaan 2×24 jam setelah terjadi kecelakaan. Jika nanti peserta meninggal atau sudah sembuh, anda harus mengisi formulir 3a. dokumen yang harus anda siapkan antara lain surat keterangan dokter, fotokopi kartu peserta bpjs ketenagakerjaan dan kwitansi biaya pengobatan.

Cara Daftar Jaminan Pensiun (JP)

BPJS ketenagakerjaan juga akan memberikan perlindungan buat hari tua anda. Dana jaminan pensiun akan diberikan jika anda sudah masuk ke usia pensiun, mengalami cacat permanent, meninggal dunia atau pindah ke luar negeri. Daftar BPJS ketenagakerjaan online bisa memilih program jaminan pensiun, Denganadanya dana pensiun, anda tak perlu bingung lagi mengenai biaya masa tua anda. Semua tanggungan akan diberikan sepenuhnya. Tetapi tetap ada beberapa syarat yang harus anda penuhi untuk bisa mencairkan dana pensiun.

Menurut undang-undang yang berlaku, jaminan pensiun dari bpjs ketenagakerjaan akan diberikan minimal 15 tahun. Ada beberapa tahapan yang bisa anda lakukan untuk mencairkan dana pensiun ini. Pengambilan 10% untuk biaya pensiun, 30% untuk biaya perumahan dan 100% untuk biaya masa dan bisa diambil ketika masa peserta bpjs anda habis yaitu ketika memasuki usia 56 tahun.

Tetapi anda juga bisa mengajukan satu kali saja dengan pengambilan langsung 100% pada usia 56 tahun atau ketika 2 bulan setelah anda berhenti bekerja. Peraturan ini hanya berlaku untuk peserta bpjs ketenagakerjaan yang bekerja di perusahaan swasta bukan lembaga Negara.

Cara Daftar Jaminan Hari Tua ( JHT)

Selain ketiga program diatas, juga ada program jaminan hari tua (JHT). Cara daftar BPJS ketenagakerjaan online ini hampir sama dengan cara daftar program yang lainnya. Jaminan hari tua diberikan pada pekerja yang cacat, meninggal, dan hari tua. Program ini diberikan dengan system tabungan hari tua.

Baca juga:  Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru dan Sistemnya

Dana ini akan diberikan pada saat tenaga kerja berusia 55 tahun atau sudah memenuhi persyaratan. Untuk iurannya ditanggung oleh peserta BPJS ketenagakerjaan sebesar 2% dan ditanggung perusahaan sebesar 3,7%.biaya ini akan dibayarkan setiap bulannya di potong dari gaji bersih anda.

Ketika pengambilan saldo jaminan hari tua, akan dikenai pajak sesuai besar saldo yang ada di tabungan anda. Ada beberapa dokumen yang harus anda lampirkan. Fotokopi KTP/SIM atau passport. Kartu peserta BPJS ketenagakerjaan yang asli, fotokopi kartu keluarga, surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan, fotokopi Visa kalau punya, pernyataan tidak bekerja di Indonesia kalau pindah ke luar negeri, surat kematian kalau meninggal, dan surat pernyataan belum bekerja lagi. Semua dokumen tersebut anda berikan ke kantor cabang bpjs ketenagakerjaan setelah anda berhenti bekerja. Maksimal dua bulan setelah berhenti kerja.

Itulah cara daftar BPJS ketenagakerjaan online dari beberapa program. Jika ingin mendaftar online, anda tinggal masuk ke website bpjs ketenagakerjaan, Nanti akan ada tulisan daftar, masukan email nanti anda akan langsung mendapatkan email balasan. Download formulir pendaftarannya dan langsung bawah ke kantor bpjs ketenagakerjaan terdekat beserta semua dokumen yang dibutuhkan. Kartu bpjs anda akan berlaku setelah 7 hari. Sekian sedikit informasi yang bisa disampaikan, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

  • Jika ingin mendaftar sebagai Personal/pribadi silakan daftar disini
mendaftar sebagai bpjs ketenagakerjaan Personal/pribadi
  • Jika ingin mendaftar sebagai perusahaan silakan daftar disini
Mendaftar bpjs ketenagakerjaan online perusahaan

Program BPJS Dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online | Tonny | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *