close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Bagaimana Caranya?

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan – Kebutuhan yang mendesak ataupun keinginan untuk membuka sebuah usaha yang baru terkadang membuat kita membutuhkan dana baru dengan jumlah yang lebih banyak. Gaji yang di dapatkan setiap bulan tidak lagi mencukupi untuk memenuhi keinginan tersebut. Salah satu cara yang paling singkat dan tepat untuk situasi yang mendesak adalah dengan mengajukan pinjaman. Ya, pinjaman merupakan solusi yang biasanya di ambil orang untuk mengatasi krisis keuangan yang mereka alami. Memang, ada banyak cara untuk mengajukan pinjaman, akan tetapi jika anda ingin mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan, bagaimana caranya? Kita akan membahas beberapa hal terkait pengajuan pinjaman uang tanpa jaminan di bawah ini. Semoga dapat membantu.

Resiko pinjaman dengan jaminan

Resiko pinjaman dengan jaminan

Sebagaimana dikatakan di awal, sebenarnya banyak cara ketika anda ingin mengajukan pinjaman uang. Akan tetapi, biasanya, peminjaman uang yang di ajukan di sertai dengan jaminan. Jadi, ketika anda ingin meminjam uang 5 juta misalnya, anda harus menjaminkan barang berharga anda, seperti stnk motor, surat tanah dan lain sebagainya. Jaminan itulah yang nanti akan di taksir oleh penyedia pinjaman. Semakin berharga barang yang anda jaminkan, biasanya anda akan mendapatkan uang pinjaman yang lebih banyak, yang dapat mencukupi kebutuhan anda. Akan tetapi, sebaiknya anda memikirkan ulang pinjaman uang dengan jaminan ini karena ada beberapa resiko yang harus anda tanggung. Resiko yang di maksud adalah sebagai berikut:

  • Perasaan was-was

Dengan mengajukan pinjaman yang mengharuskan anda menjaminkan sesuatu, besar kemungkinan anda akan merasakan was-was ketika pinjaman yang anda ajukan belum kunjung lunas. Hal ini wajar karena pinjaman memang merupakan tanggung jawab yang harus anda tanggung. Akan tetapi, adanya jaminan membuat tekanan yang anda peroleh menjadi lebih besar. Hal ini di karenakan ada harta anda yang tertinggal di penyedia pinjaman. Selain itu, anda harus tahu bahwa ketika anda tidak bisa melunasi pinjaman anda dalam kurun waktu yang di tentukan, bisa jadi jaminan anda akan berpindah tangan atau di lelang. Untuk anda yang memiliki penghasilan lebih mungkin ini tidak masalah, akan tetapi sangat bahaya untuk anda yang memiliki penghasilan pas-pasan.

  • Tanggungan terlalu besar
Baca juga:  Syarat KUR BRI Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman!

Perasaan was-was seperti yang di jelaskan di atas bisa jadi muncul karena tanggungan yang terlalu besar. Hal ini karena pinjaman dengan jaminan tadi biasanya menyertakan bunga di setiap pembayaran. Katakanlah anda meminjam 5 juta dengan sebuah jaminan. Ketika anda mengangsur, maka anda akan di kenakan bunga angsuran. Jika di total, tentu anda harus membayar lebih dari 5 juta kepada penyedia pinjaman. Tentu ini tidak adil bukan? Hal semacam ini seringkali membuat anda lebih mudah emosi. Oleh karena itu, sebaiknya anda memikirkan untuk mencari pinjaman uang tanpa jaminan untuk menghindari resiko tersebut.

  • Batasan waktu

Resiko selanjutnya yang dapat memberikan dampak buruk bagi anda setelah mengajukan peminjaman dengan jaminan adalah adanya batas waktu yang mengikat. Memang, tujuan batas waktu ini adalah agar anda tertib membayar pinjaman sehingga pinjaman menjadi lebih cepat di lunasi. Dengan batas waktu ini, anda harus membayar pinjaman anda setiap bulan beserta bunganya. Kita tidak bisa menduga apakah keuangan kita selalu lancar atau tidak. Akan tetapi, batas waktu ini menuntut anda harus membayar tepat waktu. Jika anda melanggar, maka anda akan di kenakan sanksi dan cicilan pinjaman menjadi lebih besar. Selain itu, anda juga mempertaruhkan jaminan anda di sini.

Mencari Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

pinjaman uang tanpa jaminan

via: UangTeman.com

Dengan adanya beberapa resiko seperti di jelaskan di beberapa poin di atas, memang pinjaman uang tanpa jaminan adalah salah satu solusi terbaik yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah keuangan yang sedang anda derita. Dengan tanpa menyertakan jaminan dalam pinjaman anda, tentu anda setidaknya tidak merasa was-was tentang hilangnya harta atau barang berharga anda sebagaimana pinjaman uang dengan jaminan tadi. Dengan begitu, rasa was-was anda tentu saja juga dapat sedikit di netralkan. Biasanya, pinjaman tanpa menyertakan jaminan juga memberikan waktu yang lebih luang untuk anda. Akan tetapi, bukan berarti anda bebas dan seenaknya sendiri dalam membayar pinjaman tadi. Ada beberapa solusi pinjaman tanpa jaminan yang dapat anda pilih.

  • Meminjam kerabat
Baca juga:  Syarat KUR BRI Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman!

Jika anda memiliki kerabat atau anggota keluarga dengan keuangan yang baik dan lebih, maka anda dapat mengajukan pinjaman kepadanya. Tentu, kerabat dekat pasti akan memberikan beberapa kemudahan dalam mengatasi kondisi keuangan anda yang sedang carut-marut. Selain itu, meminjam uang pada kerabat juga membuat anda tidak perlu mengeluarkan jaminan benda berharga atau apapun karena jaminannya adalah rasa saling percaya. Nah, jika anda mengalami masalah keuangan, coba liat adakah kerabat atau keluarga anda yang kira-kira dapat membantu anda? Jika ada, jangan malu untuk mengutarakan maksud anda untuk meminjam uang.

  • Meminjam pada teman dekat

Solusi lain untuk mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan adalah dengan meminjam pada teman. Ya, ini sebenarnya mirip dengan ketika anda ingin mengajukan pinjaman pada kerabat dekat anda. Teman merupakan salah satu solusi terbaik untuk meminjam uang. Dengan adanya rasa percaya yang tinggi, pasti teman yang baik tidak akan segan untuk memberikan anda pinjaman uang ketika anda sangat membutuhkan bantuan dalam segi finansial. Akan tetapi, ketika teman anda memberikan pinjaman tanpa jaminan, anda juga harus konsekuensi dengan membayarnya tepat waktu. Jangan nodai kepercayaan yang di berikan oleh teman anda. Terkadang, perkara pinjaman uang dapat menjadi sebab pertikaian dengan teman.

  • Meminjam pada orang kaya

Meminjam pada orang kaya dapat menjadi salah satu solusi yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan apapun. Biasanya, ini terjadi ketika anda membutuhkan cukup banyak uang untuk membangun sebuah bisnis yang baru. Nah, coba anda mencari orang lain di sekitar anda dan ajukan peminjaman untuk bisnis anda kepadanya. Dalam hal ini, tentu saja anda harus meyakinkan orang yang akan anda pinjami uang tadi. Buatlah sebuah proposal yang dapat meyakinkan mereka bahwa anda serius untuk membangun sebuah bisnis yang baru. Jika di perlukan, maka ajaklah mereka menjadi investor. Tentu, anda adalah penggerak dan mereka adalah penyedia dana. Cukup menarik, bukan?

  • Meminjam kas organisasi
Baca juga:  Syarat KUR BRI Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman!

Jika anda memang sangat membutuhkan uang untuk sesuatu hal yang mendesak, meminjam pada kas organisasi dapat menjadi salah satu solusi pinjaman uang tanpa jaminan. Ya, kas berlebih dan tidak terpakai dalam suatu organisasi dapat di manfaatkan untuk di pinjam sementara waktu. Ini merupakan salah satu contoh simbiosis mutualisme.

Jika anda merupakan salah satu anggota suatu organisasi, tentu saja anda akan mendapatkan akses yang lebih lebar dan luas untuk mengajukan pinjaman. Akan tetapi, anda juga harus tahu diri setelah mengajukan pinjaman. Jangan membayar pinjaman terlalu lama karena pasti organisasi membutuhkan dana operasional untuk tetap bergerak. Oleh karena itu, pikirkan kemampuan anda sebelum mengajukan pinjaman.

Nah, dari beberapa poin penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa pinjaman merupakan salah satu solusi mengatasi masalah keuangan. Pinjaman dengan jaminan memberikan beberapa resiko yang harus anda tanggung. Selain itu, bunga yang di bebankan pada setiap pinjaman membuat anda terjerat riba yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, pinjaman uang tanpa jaminan dengan meminjam beberapa kolega yang memiliki dana lebih tentu dapat menjadi solusi terbaik. Ini adalah solusi yang aman untuk anda. Akan tetapi, tentu anda juga harus tahu diri ketika mengajukan pinjaman. Jangan mencederai kepercayaan yang sudah di berikan pada anda.

Pencarian:

    bagaimana cara mengajukan KUR BRI

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Bagaimana Caranya? | Tonny | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *