9 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Globe Asia 2018

orang terkaya di indonesia

Globe Asia, majalah bisnis nomor wahid di Tanah Air secara konsisten merilis daftar 150 nama orang terkaya di Indonesia. Juni 2018 lalu, media yang diterbitkan dalam bahasa Inggris ini kembali memperbarui daftarnya.

Nama-nama dalam list tersebut berasal dari bidang usaha yang beragam, mulai dari industri rokok, kelapa sawit, telekomunikasi, transportasi, perbankan, ritel, sampai startup.

Nah, siapa saja orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia 2018?

  1. Robert Hartono dan Michael Hartono

Industri perbankan tercatat mengalami pertumbuhan 30% tahun lalu. Saham BCA meningkat dari Rp18.000 ke Rp22.000. Ini berpengaruh besar terhadap jumlah kekayaan Robert dan Michael Hartono bersaudara sebagai investor terbesarnya.

Selain industri rokok Djarum, Hartono bersaudara juga menekuni usaha perkebunan kelapa sawit yang terus membesar selama 3 tahun terakhir, industri telekomunikasi (Tower Bersama), dealer mobil, dan e-commerce dengan merek dagang Blibli.com.

Per 2018, kekayaan keduanya diketahui mencapai USD21 miliar. Tak heran kakak beradik ini sukses menempati urutan pertama dari 150 orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia.

  1. Eka Tjipta Widjaja

Di urutan kedua ada pengusaha Eka Tjipta Widjaja. Laki-laki berusia 94 tahun ini sukses menjalankan bisnisnya di bidang properti, perkebunan, pulp dan kertas, jasa keuangan, kesehatan, sampai pendidikan.

Bos Sinar Mas Group ini memiliki total kekayaan senilai USD13,9 miliar, dan dikenal sebagai raja pulp dan kertas serta industri kelapa sawitnya Indonesia. Eka Tjipta lahir dari keluarga miskin asal Tiongkok, lalu bermigrasi ke Makassar pada 1931.

Kekayaan berlimpah nyatanya tak membuatnya lupa diri. Dengan moto menanam kebaikan dan menuai kesejahteraan, beliau membangun sebuah organisasi nirlaba bernama Eka Tjipta Foundation yang fokus di bidang pendidikan dan lingkungan.

  1. Anthony Salim

Globe Asia menempatkan pengusaha Anthony Salim pada urutan ketiga orang terkaya di Indonesia 2018. Beliau tercatat memiliki kekayaan sebesar USD11,5 miliar yang tersebar di 2 korporasi besar: Indofood Group (Indonesia) dan Metro Pacific Investment (Filipina).

Tahun lalu, Metro Pacific Investment di bawah pimpinan Salim resmi mengakuisisi perusahaan infrastruktur asal Indonesia, Nusantara Infrastructure. Sayangnya, hal ini dibarengi dengan turunnya saham Indofood sekitar 20% tahun lalu.

Tahun 2005 silam, putra dari pengusaha Sudono Salim ini didapuk sebagai salah satu Tokoh Bisnis Paling Berpengaruh versi Warta Ekonomi karena berhasil membangun kembali Salim Group setelah kejadian krisis moneter pada tahun 1998.

  1. Susilo Wonowidjojo

Industri rokok dan tembakau memang menjanjikan profit yang sangat menggiurkan. Susilo Wonowidjojo adalah buktinya. Bos Gudang Garam ini menempati urutan keempat orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia 2018.

Selain pekerja keras, Susilo juga dikenal sebagai sosok yang dermawan. Pebisnis dengan total kekayaan mencapai USD11 miliar ini jugalah yang memperkenalkan teknik modern dalam proses produksi rokok, termasuk rokok jenis mild.

  1. Chairul Tanjung

Pembaca tentu sudah sering mendengar nama tokoh bisnis yang satu ini. Ya, pendiri sekaligus bos besar CT Corp ini adalah salah satu orang paling makmur di negeri ini dengan nilai kekayaan mencapai USD4,6 miliar.

Baca juga:  Tips membuat toko online dengan Instagram Untuk Online Shop

Laki-laki yang semasa kecilnya mendapat julukan Si Anak Singkong ini memiliki jaringan bisnis yang sangat luas, mulai dari properti, industri retail, stasiun televisi, media, perhotelan, sampai industri maskapai.

Adapun brand-brand besar yang sukses beroperasi di bawah pimpinannya antara lain Carrefour, Transmart, Trans TV, CNN Indonesia, detik.com, CNBC Indonesia, Garuda Indonesia, dan banyak lagi merek dagang yang lainnya.

  1. Theodore P. Rachmat

Berikutnya ada Theodore P. Rachmat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia. Bisnisnya tersebar di berbagai sektor, mulai dari pertambangan batu bara, perkebunan kelapa sawit, transportasi, dan lain-lain.

Laki-laki berusia 69 tahun yang akrab disapa Teddy ini merupakan investor terbesar Adaro Energy, perusahaan pertambangan batu bara terbesar kedua di Indonesia. Berkat keuletannya dalam berbisnis, kekayaannya ditaksir mencapai USD4,5 miliar.

  1. Putera Sampoerna

Setelah melepaskan bisnis tembakaunya satu dekade yang lalu, Putera Sampoerna menginvestasikan asetnya dengan mendirikan Sampoerna Strategic yang bergerak di sektor agribisnis, micro-finance, kayu, properti, serta industri telekomunikasi.

Selain itu, ia juga mendirikan Sampoerna Agro yang bergerak di bidang perkebunan sawit, pabrik minyak sawit mentah, serta produksi biji sawit dan tepung sagu. Bersama rekannya, ia berhasil mengakuisisi Bank Dippo dan mengubah namanya menjadi Bank Sahabat Sampoerna.

Selain itu, pengusaha dengan total kekayaan sebesar USD4,3 miliar ini juga dikabarkan menjalin kerja sama di bidang pendidikan dengan Clinton Global Initiative, yang didirikan oleh mantan Presiden AS Bill Clinton.

  1. Dato’ Sri Tahir

Dato’ Sri Tahir adalah pengusaha sukses asal Indonesia yang diketahui memiliki kekayaan sebesar USD2,15 miliar. Pendiri Mayapada Group ini juga dikenal sebagai filantropis di balik Bill and Melinda Gates’ Global Fund dan Tahir Foundation.

Beberapa unit bisnisnya antara lain Bank Mayapada, rumah sakit, media, sampai real estate. Untuk mengembangkan bisnisnya, pria berusa 65 tahun ini pun membeli sebuah gedung di Jepang dan menginvestasikan asetnya sebesar Rp1,17 triliun untuk membeli saham PT Sentul City pada bulan Januari awal tahun ini.

  1. Eddy William Katuari

Anda barangkali sudah tak asing lagi dengan produk-produk keluaran Wings Group. Ternyata ada tangan dingin dari sosok Eddy William Katuari di balik kesuksesan korporasi besar berprofit triliunan yang satu ini.

Ya, Wings Group merupakan perusahaan raksasa dengan produk yang sangat beragam, mulai dari detergen sampai mi instan dan kopi, yang semuanya telah dipasarkan secara global di lebih dari 80 negara.

Selain itu, pebisnis dengan jumlah kekayaan sebesar USD2,1 miliar ini juga menjalankan usaha lain di bidang perkebunan kelapa sawit, yang hasil olahannya digunakan sebagai bahan baku berbagai produk rumah tangga. Wings Group pun kini memproduksi semen dengan mengusung brand Elephant.

Itulah daftar urut nama orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia 2018. Tentunya apa yang mereka peroleh tak lepas dari usaha dan kerja keras yang dilakukannya dari nol. Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda untuk berkarya lebih giat lagi, ya!