Investasi Emas, Pilihan Cerdas Untuk Masa Depan Cerah

investasi emas

Investasi emas merupakan salah satu cara alternatif untuk mengamankan harta yang Anda miliki. Di era modern, investasi menjadi hal yang wajib dilakukan. Dengan melakukan investasi, Anda dapat mengelola pemasukan untuk mempersiapkan masa depan.

Berinvestasi pun sama artinya dengan melindungi aset yang Anda miliki dari berbagai ancaman, seperti inflasi yang sulit diprediksi ataupun pengeluaran mendadak. Investasi pun efektif untuk mencegah sifat konsumtif.

Apa Saja Keunggulan Investasi Emas?

Pada dasarnya, ada banyak instrumen investasi yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Mulai dari deposito berjangka, properti, saham, peer to peer (p2p) lending, logam mulia, hingga mata uang asing.

Selain deposito berjangka, investasi logam mulia pun termasuk jenis investasi yang paling banyak diminati. Maklum saja, jika dibandingkan dengan jenis lainnya, investasi logam mulia lebih aman, menguntungkan, dan mudah dilakukan. Bahkan untuk pemula sekalipun.

Agar lebih jelas, simak sederet keunggulan investasi logam mulia berikut ini.

  • Aman

Investasi dalam bentuk emas sangat aman karena tidak terdampak inflasi. Meskipun kondisi ekonomi sedang goyah, harga emas tetap stabil. Selain itu, emas pun aman dari biaya administrasi.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan setiap bulan layaknya menabung di bank.

  • Melindungi Aset

Investasi dalam bentuk emas dapat melindungi aset Anda yang berharga. Nilai emas yang stabil mampu mencegah aset dari risiko inflasi dan deflasi. Meskipun perekonomian tidak stabil, harta kekayaan Anda tidak terpengaruh. Nilainya tetap.

  • Mudah Dicairkan

Keuntungan lain investasi ini adalah mudah dicairkan. Jika investasi lain cenderung sulit dicairkan atau hanya dapat diklaim dengan persyaratan rumit, lain halnya dengan emas. Anda hanya perlu mendatangi tempat pembelian emas tersebut.

Selain prosesnya cepat, emas pun tidak mengalami penyusutan lantaran bebas dari biaya administrasi dan beban biaya lainnya. Sangat menguntungkan.

  • Tahan Lama

Investasi jenis emas memiliki waktu yang panjang. Bandingkan dengan investasi properti atau kendaraan yang nilainya akan hilang jika terbakar atau terendam air. Berbeda dengan emas yang nilainya tetap sama karena tahan banting terhadap cuaca ekstrem sekalipun.

  • Terjangkau

Berbeda dari investasi lain yang membutuhkan modal besar, investasi logam mulia dapat dilakukan dengan dana terbatas. Syaratnya mudah, prosesnya pun cepat.

  • Mudah Dipindahkan

Emas sangat mudah untuk dibawa dan dipindahkan. Misalnya, Anda memiliki emas 500 gram, Anda hanya perlu menyimpannya di dalam tas, dompet, atau saku jaket. Ukurannya yang kecil membuatnya fleksibel.

Tak hanya itu saja, berkat ukurannya yang kecil dan bobotnya ringan. Anda tidak memerlukan banyak tempat ketika menyimpannya di rumah. Cukup simpan di dalam kotak atau brankas. Emas Anda pun aman dari orang yang memiliki niat jahat.

  • Bersifat Pribadi

Aset lain, seperti kendaraan, properti, atau saham mudah untuk dilacak. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika Anda memilih investasi dalam bentuk emas. Orang lain akan sulit untuk memprediksi emas yang Anda miliki.

Jika Anda membeli emas secara online dan menyimpannya langsung di tempat pembelian, tidak akan ada orang yang mengetahuinya. Hanya Anda dan pihak terkait.

  • Bebas Pajak

Tahukah Anda bahwa emas batangan bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPn)? Sebanyak apa pun emas batangan yang Anda miliki, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Hal ini terjadi lantaran emas batangan dianggap sebagai bahan baku untuk pembuatan perhiasan.

Berbeda dengan investasi lainnya, seperti saham, properti, kendaraan, atau barang antik. Semakin banyak aset yang Anda miliki, semakin besar pula pajak yang harus Anda bayarkan.

  • Harga Jual Tinggi

Bisa dibilang harga jual tinggi menjadi keunggulan investasi dalam bentuk emas yang paling disukai. Inilah mengapa banyak orang menjatuhkan pilihannya pada investasi logam emas.

Semakin lama emas Anda investasikan, semakin tinggi pula potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan. Misalnya, di tahun ini Anda membeli emas 10 gram dengan harga Rp5.000.000,00.

Setelah lima tahun, harga emas yang Anda beli meningkat, menjadi Rp7.000.000,00 atau lebih. Lihat, prospek investasi ini sangat menggiurkan, bukan?

  • Risiko Rendah

Sebagaimana Anda ketahui, emas tidak akan terdampak inflasi. Bahkan, nilai emas selalu mengalami peningkatan signifikan dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir. Emas pun aman dari penyusutan, kecuali Anda menyimpan emas di bank atau pegadaian.

Jenis-jenis Investasi dalam Bentuk Emas

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk emas, Anda harus lebih dulu mengetahui jenisnya. Sebenarnya, ada banyak sekali bentuk investasi emas. Setiap pilihan memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri.

Adapun jenis emas yang paling populer dan banyak dipilih untuk investasi, antara lain sebagai berikut.

  • Emas Batangan

Investasi dalam bentuk ini adalah yang paling umum. Emas batangan lebih disukai dari bentuk lainnya karena harganya yang stabil. Sangat jarang mengalami penurunan harga jual. Tingkat keamanan jenis emas ini pun sangat tinggi karena sulit untuk dipalsukan.

  • Perhiasan

Emas dalam bentuk perhiasan memberi keuntungan yang tinggi dalam jangka waktu panjang. Pasalnya, harga perhiasan lebih sering mengalami kenaikan dibandingkan jenis emas lainnya. Anda pun dapat memilih bentuk dan berat perhiasan emas sesuai kebutuhan.

Keuntungan lain ketika Anda memilih perhiasan emas sebagai investasi adalah dapat digunakan kapan pun. Perhiasan emas dapat digunakan setiap hari atau di acara tertentu. Jika Anda membutuhkan uang cepat, perhiasan dapat digadaikan, tak perlu dijual.

  • Tabungan Emas

Tahukah Anda bahwa tabungan tidak hanya dalam bentuk uang saja? Ada tabungan emas. Layaknya tabungan, Anda akan mengumpulkan uang senilai gram emas yang Anda kehendaki.

Sebagai contoh, setiap bulan Anda menabung 3 gram emas selama 5 tahun. Di akhir tahun, total tabungan emas Anda sebesar 180 gram. Nantinya, emas dapat Anda cairkan dalam bentuk emas batangan.

  • Sertifikat Emas

Investasi dalam bentuk sertifikat emas memang tidak sepopuler emas batangan dan perhiasan. Namun, investasi ini pun menawarkan keuntungan yang sangat besar. Selain tidak diperlukan biaya penyimpanan emas, investasi ini pun jauh lebih aman dan praktis.

  • Koin Emas

Investasi yang lebih dikenal dengan koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mempersiapkan ibadah haji. Tak jauh berbeda dengan jenis emas lainnya, koin emas pun aman terhadap inflasi dan menguntungkan.

  • Saham Perusahaan Emas

Saat keadaan pasar emas sedang meningkat, harga saham perusahaan emas pun akan mengalami kenaikan. Ketika ini terjadi, Anda dapat menginvestasikan uang untuk membeli saham. Namun, tetap berhati-hati agar tidak salah memilih perusahaan emas.

  • Reksa Dana Emas

Jenis investasi dalam bentuk emas lainnya adalah Reksa Dana Emas. Investasi ini akan memberikan Anda keuntungan, tanpa harus menyimpan emas secara fisik yang cukup merepotkan dan harus mengeluarkan biaya perawatan.

Reksa Dana Emas pun tak jarang dilibatkan dalam transaksi saham perusahaan emas, tidak hanya pada perdagangan emas fisik saja. Potensi keuntungannya pun jauh lebih besar daripada jenis emas lainnya.

  • ETF Emas

Exchande Trade Fund (ETF) dapat dijadikan sebagai aternatif yang menawarkan keutungan besar seperti Reksa Dana Emas. Bedanya, transaksi ETF dilakukan melalui lantai bursa.

  • Dinar Emas

Jika Anda mencari investasi bentuk emas yang nilai intrinsiknya tidak menurun, jatuhkan pilihan Anda pada Dinar Emas. Di Indonesia, Dinar Emas diproduksi oleh UBPP Logam Mulia PT. Aneka Tambang.

Tak perlu khawatir, standar emas yang dihasilkan mengikuti internasional dan telah disertifikasi oleh LBMA.

  • Emas Kuno

Emas kuno termasuk barang langka dan sulit ditemukan. Tak heran jika emas jenis ini memiliki harga jual yang sangat tinggi. Maklum saja, emas kuno tidak hanya berumur ratusan tahun, melainkan juga memiliki nilai historis yang tak ternilai.

Risiko Investasi Logam Mulia

Investasi logam mulia memang menawarkan keuntungan yang besar. Namun, tetap memiliki risiko yang perlu untuk Anda perhatikan. Hal ini sangat penting untuk menekan potensi kerugian semaksimal mungkin.

Adapun sejumlah risiko investasi logam mulia, antara lain sebagai berikut.

  • Kurang Praktis

Emas memiliki bentuk fisik. Jika Anda memilih investasi ini, Anda wajib menyediakan tempat yang aman. Semakin banyak emas yang Anda miliki maka semakin besar pula ukuran kotak penyimpanan yang dibutuhkan.

  • Mudah Hilang

Emas tergolong barang yang mencolok sehingga mudah mengundang kejahatan. Alhasil, risiko kehilangan pun semakin meningkat. Tidak seperti kendaraan, jika emas hilang, keberadaannya sangat sulit untuk dilacak.

  • Warna Emas Dapat Memudar

Tidak dapat dimungkiri bahwa warna emas yang terlalu lama disimpan dapar berubah. Warna emas yang memudar dapat menurunkan nilai jualnya. Hal ini sangat merugikan Anda. Terutama ketika Anda menyimpan emas dalam jumlah banyak.

  • Rawan Emas Palsu

Tidak hanya uang yang sering dipalsukan, emas pun sama. Tidak terhitung banyaknya korban emas palsu dengan iming-iming harga murah. Jika Anda termasuk awam dan sulit membedakan emas asli dengan emas palsu, Anda wajib berhati-hati.

  • Harganya Fluktuatif

Harga emas memang cenderung meningkat, tetapi peningkatan tersebut tidak terjadi setiap hari. Umumnya, kenaikan harga emas memakan waktu yang cukup lama. Selain itu emas pun tak jarang mengalami penurun harga jual secara mendadak.

  • Harga Cenderung Lambat Saat Ekonomi Stabil

Disadari atau tidak, harga emas cenderung melambat ketika kondisi ekonomi stabil. Namun, saat ekonomi sedang mengalami masalah, harga emas cenderung mengalami peningkatan. Inilah amengapa emas disebut investasi yang aman dari inflasi.

  • Bukan Investasi Jangka Pendek

Jika Anda mencari investasi jangka pendek, maka emas bukanlah pilihan bijak. Sebaliknya, emas memiliki prospek yang sangat bagus untuk jangka panjang. Pasalnya, keuntungan yang dihasilkan sangat besar daripada yang ditawarkan investasi lainnya.

Tips Sukses Investasi Logam Mulia

Setelah mengetahui sejumlah risiko di atas, Anda akan lebih mudah melakukan pencegahan. Dengan begitu, investasi Anda akan menghasilkan keuntungan yang besar. Nah, agar investasi Anda sukses, ada sejumlah tips yang dapat Anda coba.

Adapun tips sukses investasi logam mulia, antara lain sebagai berikut.

  • Tentukan Tujuan

Menentukan tujuan investasi sangat penting. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda, tetapi tujuan tersebut tidak jauh dari kata kesuksesan. Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami kegagalan dalam berinvetasi.

Penetapan tujuan pun dapat memengaruhi jenis emas yang nantinya Anda pilih. Jika tujuan Anda adalah untuk menambah kekayaan dengan jangka waktu sekitar 5 tahun, emas batangan dapat dijadikan pilihan terbaik.

Sementara jika Anda ingin menyimpan emas sembari menggunakannya, Anda dapat memilih perhiasan. Selain lebih mudah untuk dijual, penyimpanan emas bentuk ini pun tidak sesulit emas batangan.

  • Siap Secara Finansial

Jika Anda sudah memiliki niat untuk berinvestasi, artinya Anda harus siap secara finansial. Anda tidak harus kaya raya, tetapi setidaknya memiliki penghasilan dan tabungan. Meskipun investasi logam mulia sangat terjangkau, Anda tetap harus berjaga-jaga.

Bayangkan, jika Anda terlalu memaksakan diri untuk menginvestasikan semua penghasilan, sedangkan Anda tidak memiliki tabungan. Anda hanya akan mengalami kesulitan. Tidak menutup kemungkinan investasi Anda berhenti di tengah jalan.

Untuk menghindari kejadian tersebut, setidaknya Anda harus memiliki uang simpanan. Seandainya terjadi sesuatu yang mendesak, Anda tidak harus menjual atau mencairkan emas.

  • Pilih Bentuk Emas

Emas tersedia dalam beragam pilihan dengan keunggulan masing-masing. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali melakukan investasi sangat dianjurkan untuk memilih emas batangan.

Barangkali Anda bertanya-tanya, mengapa emas batangan, bukan bentuk lainnya? Harga emas batangan cenderung lebih stabil dan sangat jarang mengalami penurunan. Kemurniannya pun lebih terjamin.

Setelah menetapkan jenis emas, Anda harus menentukan periode investasi. Misalnya target investasi Anda adalah 500 gram emas selama 6 tahun. Artinya, Anda harus membeli emas seberat 7 gram setiap bulan.

  • Cek Harga Emas

Hal yang wajib dilakukan Anda sebelum melakukan investasi adalah mengecek harga emas. Anda memang bebas melakukan investasi kapan pun. Namun, sebaiknya tetap menggunakan strategi yang akan menguntungkan Anda di kemudian hari.

Belilah emas ketika harganya stabil atau mengalami sedikit penurunan. Hindari membeli emas di saat harga melambung tinggi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian ketika Anda hendak menjualnya kembali saat dibutuhkan.

  • Membeli Emas di Tempat Tepercaya

Agar terhindar dari segala bentuk penipuan dan tindak kejahatan lainnya, pastikan untuk membeli emas hanya di tempat tepercaya. Jangan percaya terhadap pihak yang menawarkan emas dengan harga di bawah pasaran.

Beberapa tempat pembelian emas resmi yang sangat direkomendasikan, di antaranya sebagai berikut.

  • Pegadaian
  • Kantor Pusat Antam
  • Unit Bisnis Antam
  • Butik Emas Antam Logam Mulia
  • Bank Syariah – BRI, Mandiri, dan BNI
  • Pos Indonesia
  • Toko Emas Online

Setiap tempat menawarkan harga dan fasilitas yang berbeda. Beberapa di antaranya telah dilengkapi dengan fitur cicilan emas, arisan emas, penyimpanan gratis, pencairan dan pencetakan emas, dan sertifikat emas.

  • Gunakan Kotak Penyimpanan Berkualitas

Emas membutuhkan tempat penyimpanan yang aman, seperti brankas. Pilih kotak penyimpanan yang terbuat dari baja. Harganya memang lebih mahal, tetapi keamanannya lebih terjamin.

Jika Anda ragu untuk menyimpan emas di rumah, Anda dapat menggunakan fasilitas Safe Deposit Box (SDB) yang disediakan oleh bank atau Pegadaian. Bisa juga disimpan di brankas PT Antam melalui program Berencana Aman Kelola Emas Antam selama 24 jam.

  • Simpan Emas dalam Jangka Panjang

Sebagaimana Anda ketahui, investasi logam mulia lebih cocok untuk jangka pajang. Setidaknya, Anda harus menunggu selama lima tahun sebelum meraup keuntungan. Ingat, semakin lama jangka waktu invetasi, semakin tinggi pula potensi keuntungan Anda.

Demikianlah informasi mengenai investasi emas beserta keunggulan, risiko, dan tips sukses. Yuk, rancang masa depan Anda dengan investasi yang menguntungkan. Selamat mencoba!