9 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube untuk Pemula

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube

Ingatkah Anda, Daniel Middleton—gamer asal Britania Raya—pernah memperoleh pendapatan Rp 225,11 miliar dari YouTube pada tahun 2017 lalu? Keberhasilan Daniel membuktikan, cara menghasilkan uang dari YouTube bisa diterapkan siapa saja.

Kesuksesan menjadi YouTuber juga dialami Ria Ricis—adik Okky Setiana Dewi—yang meraup penghasilan Rp990 juta sampai Rp16 miliar per tahun. Akun YouTube Ria Ricis kini memiliki 1,17 juta pelanggan.

Uang yang mereka dapatkan menggiurkan, bukan? Lalu, bagaimana caranya agar bisa seperti Daniel Middleton dan Ria Ricis? Ini tips-tipsnya.

1. Membuat Akun Unik

Akun merupakan kunci pertama yang membantu orang lain menemukan pengguna YouTube. Pembuatan akun bisa langsung dilakukan melalui menu “Sign up” di web atau aplikasi YouTube. Pastikan, Anda sudah mendapatkan nama unik untuk akun YouTube.

Unik berarti berbeda dan berkarakter; nama akun mesti memiliki kedua kriteria ini. Cari nama yang mewakili tema dan jenis video di channel Anda. Upayakan nama tersebut mampu menyampaikan pesan, minat, serta kreativitas pengguna pada kesan pertama.

Selain itu, cobalah untuk mendeskripsikan diri dengan cara unik lewat akun. Rangkai presentasi yang baik; minimal mampu membuat orang lain penasaran dengan isi channel YouTube Anda.

Nama akun yang cepat tren biasanya terdiri dari satu kata. Pemirsa YouTube lebih mudah mengenal dan mengingat jika nama tersebut simpel dan aneh. Sebagai referensi, Anda bisa membuka kamus untuk mencari nama akun.

Kalau menemukan dua kata yang mewakili channel YouTube, buatlah akronimnya. Pikirkan beberapa akronim dari kata tersebut, lalu pilih salah satu yang paling menarik.

Baca juga:  15 Peluang Kerja Sampingan yang Mendatangkan Penghasilan Besar

2. Membuat Konten Kreatif dan Menarik

Konten diibaratkan interior rumah. Saat orang-orang masuk ke rumah Anda, pastikan mereka betah berada di dalamnya. Salah satu cara membuat penonton YouTube betah, yakni membuat konten favorit.

Supaya mampu menciptakan konten favorit, pilihlah yang mewakili minat banyak orang. Selanjutnya, jaga orisinalitas video dengan tidak menyontek video akun lain.

Langkah berikutnya, pastikan Anda memahami Search Engine Optimization (SEO) untuk video. SEO merupakan suatu upaya untuk meningkatkan peringkat channel YouTube. Biasanya, SEO mengandalkan judul video, deskripsi, tag, dan kata kunci.

Sebagai inspirasi konten, Anda bisa mencoba membuat video dengan konsep berikut ini.

  • Video tutorial, how to, atau DIY (Do It Your Self). Konsepnya berbentuk tayangan pengetahuan mengenai permasalahan tertentu. Video seperti ini paling sering dicari oleh pemirsa YouTube. Contoh temanya meliputi tutorial make up, cara memasak, dan seputar tips traveling.

  • Video wawancara. Konsep wawancara cocok digunakan untuk menggali informasi dari narasumber ternama dan kompeten. Supaya pemirsa YouTube tertarik, angkatlah topik viral.

  • Video prank. Seperti istilah konsepnya—prank—video ini bertujuan untuk gurauan. Sifatnya hanya menghibur. Banyak tema yang bisa diangkat dalam konsep prank. Misalnya, aksi jail seseorang ketika menakuti teman-temannya dengan boneka Annabelle.

3. Melakukan Monetisasi YouTube

Monetisasi artinya mengubah sesuatu menjadi penghasilan. Dalam hal ini, Anda berupaya mengonversi konten YouTube ke bentuk nominal uang. Banyak cara untuk melakukan konversi, salah satunya melalui Google Adsense.

Google Adsense adalah program iklan yang menghubungkan antara pembuat iklan dan penerbitnya. YouTuber berada di posisi penerbit iklan. Jika pemirsa YouTube tidak menutup iklan saat membuka video, penerbit akan memperoleh penghasilan.

Baca juga:  Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia Sukses, Ikuti Tips Ini!

Tidak hanya Google Adsense, endorsement produk pun bisa menjadi tempat monetisasi YouTube. Produsen produk umumnya mengincar channel YouTube yang berkualitas dan memiliki banyak pengunjung.

Bagaimana cara sederhana untuk monetisasi melalui endorsement?

Mudah saja; Anda hanya perlu memilih menu “Account Information” di sebelah kanan atas, lalu klik “Creator Studio”. Di menu sebelah kiri, klik “Channel”. Selanjutnya, pilih “Status and features”. Terakhir, klik opsi “Enable Monetisation”.

4. Cara Menghasilkan Uang dari YouTube dengan Menggunakan Affiliate Marketing

Affiliate marketing umumnya digunakan untuk tujuan menjual produk. Kalau di dunia nyata, pekerjaan ini disebut perantara atau makelar. Tugasnya adalah mempertemukan antara penjual dan pembeli.

Konsep tersebut bisa diadopsi untuk channel YouTube Anda. Setiap video yang tayang di YouTube akan menjadi sumber penghasilan penggunanya.

Anda bisa menggunakan affiliate marketing lokal maupun internasional. Untuk affiliate marketing lokal contohnya, Ratakan, Duitbux, dan Kliksaya. Sementara affiliate marketing global antara lain, JVzoo, Amazon, dan Clickbank.

5. Meningkatkan Popularitas Channel YouTube

Meraup rupiah dari YouTube juga bisa dilakukan dengan menaikkan popularitas channel. Caranya, Anda harus meningkatkan intensitas mengunggah video. Pastikan video tersebut memiliki tampilan dan resolusi baik.

Kemudian, upload satu jenis tema dalam satu video saja supaya pemirsa YouTube tidak bingung dengan apa yang ingin Anda sampaikan. Semisal, Anda membuat video tutorial make up flawless. Dari awal sampai akhir, fokuslah pada pembahasan make up flawless.

Setelah itu, buat promosi channel di media sosial. Misalnya, Facebook, Line, Twitter, atau Instagram. Berikan tag pada masing-masing video, lalu bagikan ke beberapa teman yang gemar menonton YouTube.

Baca juga:  Cara Memasarkan Produk Di Instagram Secara Efektif

6. Jalin Kerja Sama dengan Sponsorship

Mencari sponsorship untuk YouTube tidak mudah. Anda harus mampu meyakinkan pihak sponsor, bahwa channel YouTube yang dibangun bisa menarik banyak pengunjung.

Salah satu cara meyakinkan pihak sponsor, yakni dengan membangun tema video seperti brand milik sponsor. Jika negosiasi berhasil, pemberi sponsor akan menjadikan channel YouTube Anda sebagai tempat promosi.

Itu artinya, pemberi sponsor akan membayarkan sejumlah uang kepada Anda sebagai tanda deal kerja sama. Tertarik dengan cara ini? Asah terus kemampuan negosiasi dan komunikasi Anda, ya.

7. Menjual Video YouTube ke Web Komersial

Web komersial merupakan situs yang digunakan produsen untuk mempromosikan produknya secara khusus. Jika mampu bernegosiasi dengan pemilik web, Anda bisa menjual video ke situs tersebut.

Nantinya, video yang ditampilkan di web tersebut hanya berupa teaser. Jika pengunjung web ingin menonton versi lengkap, Anda bisa meminta sejumlah bayaran dari mereka.

8. Mengadakan Pertemuan dengan Fansbase

Sesekali adakan pertemuan dengan penggemar YouTube Anda. Bentuklah komunitas dari pertemuan tersebut. Selain itu, ketika meeting, Anda bisa sambil mempromosikan dan menjual produk.

9. Promosikan Video di Blog Pribadi

Anda punya blog pribadi dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi? Manfaatkan blog untuk mempromosikan channel YouTube. Caranya, unggah video, lalu buat pengaturan autoplay. Nanti, setiap pengunjung yang membuka blog, akan langsung menyimak video.

Jadi, apakah Anda sudah siap menerima jutaan rupiah dengan menerapkan cara menghasilkan uang dari YouTube? Yuk, praktikkan sekarang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*