close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==

Cara Mengelola Gaji Bulanan Agar Kebutuhan Terpenuhi

Cara Mengelola Gaji Bulanan – Mengetahui cara mengelola gaji bulanan tentu menjadi salah satu hal paling penting yang harus anda ketahui. Ya, dengan begitu, anda dapat mengatur keuangan anda dan tentu saja hidup anda akan menjadi lebih terprogram. Jika anda mempunyai gaji bulanan yang banyak dan bahkan surplus, tentu saja anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara mengelola gaji bulanan terbaik yang harus anda lakukan. Akan tetapi, jika anda memiliki penghasilan yang cukup, agaknya hal ini harus anda ketahui dengan sangat baik. Nah, berikut kita akan membahas berbagai hal terkait cara untuk mengatur gaji anda setiap bulan berikut contohnya.

Cara Mengelola Gaji Bulanan Secara Cepat

Cara Mengelola Gaji Bulanan

via: ayopreneur.com

Kesulitan keuangan tentu merupakan masalah besar yang sebisa mungkin harus anda hindari. Keuangan yang sehat tentu menjadi salah satu sumber masalah di kehidupan anda. Uang memang tidak dapat membeli segalanya. Akan tetapi, kebanyakan, apa yang kita butuhkan memerlukan uang agar terpenuhi. Nah, salah satu cara yang paling sistematis adalah dengan mengatur gaji bulanan anda. Ini penting sebab kegagalan pengaturan gaji merupakan salah satu perihal yang menyebabkan anda memiliki masalah keuangan. Memang ada berbagai cara untuk mengatur gaji anda. Di sini, kita akan membahas beberapa cara mudah yang dapat segera anda aplikasikan. Semoga membantu.

  • Membuat anggaran bulanan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Ini adalah salah satu cara mengelola gaji bulanan yang paling penting untuk segera anda lakukan. Nah, sebelum anda memperoleh gaji bulanan anda, proyeksikan seluruh kebutuhan anda dalam sebuah anggaran bulanan. Anda dapat memulai dengan membuat tabel kebutuhan bulanan anda. Bagilah menjadi paling tidak dua tabel, yakni tabel untuk kebutuhan primer dan tabel untuk kebutuhan sekunder. Fokuslah pada kedua tabel itu dan tulis apa saja yang anda butuhkan menurut skala prioritas. Jika di rasa anggaran aman, baru anda boleh memikirkan kebutuhan tersier anda, seperti piknik bersama rekan, nongkrong, dan lain sebagainya.

  • Segerakan untuk membayar tagihan
Baca juga:  Tabungan Untuk Biaya Pernikahan? Buat Perencanaan Saat Ini Juga!

Apakah anda mempunyai beberapa tagihan bulanan yang harus segera di bayar? Salah satu cara yang tepat untuk mengelola gaji bulanan adalah dengan sesegera mungkin membayar tagihan yang harus anda bayarkan, seperti misalnya cicilan motor, tagihan telepon, tagihan internet dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk di lakukan. Anggap saja bahwa gaji bersih akan anda peroleh setelah di potong beberapa tagihan wajib tersebut. Selain itu, membayar tagihan di awal tentu menjadi salah satu keuntungan bagi anda. Ya, anda dapat merasa lebih bebas untuk menggunakan gaji anda setelah berbagai macam tagihan tadi lunas. Lakukan hal ini dengan segera!

  • Sisihkan sebagian untuk tabungan

Menyisihkan sebagian dari gaji anda untuk tabungan adalah salah satu cara yang pas untuk mengatur gaji bulanan anda. Tabungan yang anda simpan tentu dapat menjadi salah satu senjata rahasia ketika anda tiba-tiba memerlukan uang dalam jumlah yang lebih banyak. Jika biasanya anda sudah terbiasa untuk menyisihkan tabungan dari sisa gaji anda – dalam artian anda baru menabung setelah membelanjakan uang anda, maka mulai sekarang, cobalah menabung di awal. Ya, sisihkan gaji anda untuk tabungan sebelum di gunakan untuk keperluan harian. Hal ini sangat bermanfaat untuk menekan beberapa keperluan yang harus anda lakukan, yang sebenarnya itu tidak penting.

  • Buatlah laporan keuangan

Jika di rasa perlu, anda dapat membuat laporan keuangan. Ya, laporan keuangan harian dapat menjadi salah satu cara mengelola gaji bulanan yang cukup efektif untuk menekan anggaran anda. Mulailah dari mengumpulkan struk dari hasil belanja anda. Simpan struk dan juga bukti transaksi lain lalu buatlah semacam bagan. Analisis kemana saja uang dari gaji anda keluar. Tentu saja anda perlu keuletan yang ekstra untuk melakukan hal ini. Akan tetapi, jika anda berhasil melakukannya, anda dapat mengalokasikan gaji anda untuk keperluan yang penting dan membatasi pengeluaran untuk hal yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk di lakukan.

  • Bijak dalam berbelanja
Baca juga:  5 Cara Aneh Tapi Berhasil Bikin Mahasiswa Hemat Uang

Untuk mengamankan gaji bulanan anda, tentu saja anda harus bijak dalam berbelanja. Penyakit yang sering menyerang adalah nafsu shopping kita seketika meningkat setelah gajian, terlebih ketika kita melihat promo awal bulan. Nah, sebaiknya anda mulai menjauhi hal demikian. Anda tentu boleh-boleh saja mengikuti tren yang sedang berkembang. Akan tetapi, gaya hidup glamour dan tertarik terhadap setiap promo yang ada, tentu harus di hindari. Buatlah list kebutuhan utama anda. Nikmati promo jika memang anda benar-benar memerlukannya. Memang, belanja pada waktu promo terasa lebih hemat, tetapi anda tetap harus bijak agar keuangan bulanan anda tetap aman.

  • Lakukan investasi

Langkah selanjutnya yang merupakan salah satu bagian dari cara mengelola gaji bulanan yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan investasi. Investasi adalah salah satu cara paling efektif untuk mengamankan saldo bulanan anda. Dengan berinvestasi, setidaknya anda mulai memberi jaminan untuk masa depan anda. Ada banyak ide investasi yang dapat anda lakukan, misalnya saja anda membeli emas, perhiasan, mengikuti asuransi dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga dapat menggerakkan uang anda untuk beberapa usaha yang dapat anda handle sendiri, seperti berjualan pulsa, berjualan buku dan lain sebagainya. Tentu hasil penjualan juga dapat anda gunakan sebagai tambahan yang dapat di pakai memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Cara Mengelola Gaji Bulanan dan Contoh Pengaplikasiannya

Cara Mengelola Gaji Bulanan dan Contoh pengaplikasiannya

via: kaskus.co.id

Nah, dari beberapa poin penjelasan di atas, setidaknya kita dapat melihat berbagai cara mengelola gaji bulanan yang dapat kita lakukan setidaknya untuk memberikan rasa aman dan mencukupkan uang yang kita punyai. Untuk membantu anda, kita juga akan membahas beberapa contoh pengaplikasian cara tersebut. Tentu saja, contoh dari pengaplikasian dapat menginspirasi anda untuk lebih baik dalam mengatur dana bulanan anda. Sekali lagi, jika gaji anda sudah cukup besar, tentu anda tidak perlu ragu dalam berbelanja, akan tetapi jika gaji anda hanya cukup, maka anda harus pintar untuk bersiasat. Nah, simak beberapa contoh di bawah ini:

  • Mengelola gaji 2 juta sebulan
Baca juga:  Tabungan Untuk Biaya Pernikahan? Buat Perencanaan Saat Ini Juga!

Apakah anda memiliki gaji 2 juta sebulan dan bingung untuk mengaturnya? Di sini, anda dapat mulai mengelola gaji bulanan anda dengan menyisihkan 10% untuk amal, yakni 200ribu. Percayalah bahwa ini tidak akan mengurangi rezeki anda. Nah, setelah itu, alokasikan 30% atau sekitar 600 ribu untuk tabungan. Ini berfungsi untuk simpanan ketika anda terdesak. Untuk biaya hidup selama sebulan, alokasikan sekitar 40% atau 800ribu. Tentu saja, biaya hidup ini mencakup seluruh kebutuhan anda termasuk makan, bayar sewa dan lain sebagainya. Anda perlu di tempa untuk dapat berhemat. Sisa 20% atau 400ribu, gunakan untuk rekreasi. Tentu anda membutuhkan waktu untuk menghilangkan stress bukan?

  • Mengelola gaji 3 juta sebulan

Untuk anda yang memiliki gaji 3 juta setiap bulan, anda dapat mencoba salah satu cara mengelola gaji bulananberikut ini. Awali dengan memotong 2.5% atau 200ribu untuk zakat. Setelah itu, atur masing-masing 5% atau 200ribu untuk dana darurat, 5% untuk tabungan dan 10% atau 400ribu untuk investasi. Anda sebaiknya juga menyisihkan 5% lagi untuk asuransi. Lalu, bagaimana dengan alokasi kebutuhan harian? Untuk kebutuhan harian, ambillah sekitar 45% atau 1,8 juta dari gaji anda. Setidaknya, anda lebih leluasa bergerak daripada contoh sebelumnya. Nah, sisa 25% dari gaji atau sekitar 1 juta, dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan lain, seperti jalan-jalan, membeli buku, dan lain sebagainya.

Pencarian:

    cara mengatur gaji bulanan yang kecil

Cara Mengelola Gaji Bulanan Agar Kebutuhan Terpenuhi | Tonny | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *