Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Mandiri Dan Kolektif

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan – Sebagai warga Negara yang baik kita harus selalu mendukung kebijakan pemerintah yang akan membantu kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah bpjs. BPJS merupakan lembaga milik Negara yang mengurus masalah asuransi social dan pelaksana uu jaminan social tenaga kerja. Buat anda yang bekerja di suatu perusahaan pasti memiliki bpjs ketenagakerjaan yang dulu bernama jamsostek.

Dengan adanya bpjs ketenagakerjaan, anda akan mendapatkan perlindungan sebagai tenaga kerja yang memiliki resiko tinggi mengalami kecelakaan atau masalah kerja lainnya. Bpjs ketenagakerjaan ini berlaku untuk pegawai swasta maupun pegawai sipil. BPJS ketenagakerjaan memang sangat penting bagi pegawai, tetapi sayangnya masih banyak yang belum tahu cara mendaftar bpjs ketenagakerjaan.

Ada banyak sekali perlindungan bpjs ketenagakerjaan yang akan anda dapatkan. Seperti sakit, kecelakaan, hamil, cacat, melahirkan, meninggal dunia, jaminan hari tua dan lainnya. jadi anda akan mendapatkan jaminan yang layak untuk hari tua anda. Menurut undang-undang no 3 tahun 1992, jamsostek akan membebani kewajiban dna memberikan kewajiban bagi tenaga kerja dan pengusaha untuk semua jenis program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pemeliharaan kesehatan. Oleh karena itu buat anda yang bekerja sebagai pegawai sipil atau swasta segeralah mendaftar bpjs ketenagakerjaan.

Ada dua cara mendaftar bpjs ketenagakerjaan yaitu kolektif dan pribadi. Selain itu bisa datang langsung ke kantor bpjs terdekat atau mendaftar secara online. Buat anda yang tidak punya waktu ke kantor bpjs atau tidak mau repot-repotmengurusi berbagai dokumen lebih baik mendaftar bpjs secara online. Lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak waktu. Lalu bagaimana cara mendaftar bpjs secara online. Dibawah ini akan saya beri penjelasannya secara rinci. Tinggal anda mengikuti tahapannya dengan benar.

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan

Macam-Macam program BPJS Ketenagakerjaan

Ketika anda ingin mendaftar bpjs ketenagakerjaan, anda harus tahu apa saja jenis bpjs ketenagakerjaan. Sehingga anda lebih paham mengenai jenis program yang akan anda ambil. Ada empat jenis program yang disediakan BPJS ketenagakerjaan.

Baca juga:  Prosedur Klaim BPJS Kesehatan Gratis, Ini dia Caranya!

Ada Jaminan hari tua (JHT), jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK) dan jaminan kematian (JKM). Setiap program memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Fungsi dari setiap program itu juga berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya saya akan berikan penjelasan dari masing-masing program.

Program Jaminan Hari Tua (JHT)

Program jaminan hari tua (JHT) digunakan untuk para pegawai memiliki kepastian di masa depan dalam masalah social ekonominya. Bisa di bilang program jaminan hari tua ini seperti dana pensiun untuk anda nantinya. Pencairan program jaminan hari tua ini dibagi menjadi tiga.

Pertama 10% untuk dana pensiun, 30% untuk biaya perumahan dan 100% yang akan anda ambil ketika masa kepesertaan bpjs anda selesai. Dana dari program ini bisa digunakan anda dan keluarga untuk menjamin biaya masa depan anda dalam masalah resiko social yang mungkin terjadi. Untuk cara mendaftar bpjs ketenagakerjaan program JHT akan dijelaskan di tahapan selanjutnya.

Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Program selanjutnya adalah jaminan kecelakaan kerja (JKK). Jaminan ini sangat penting untuk para pekerja, Terutama para pekerja yang bekerja di lapangan dan memiliki resiko kecelakaan kerja yang tinggi. Dengan adanya program ini, anda akan mendapatkan jaminan dan perlindungan ketika terjadi hal-hal yang tak terduga. Seperti kematian atau cacat. Selain menjadi tanggung jawab para pekerjanya langsung. Program jaminan kecelakaan kerja juga menjadi tanggung jawab dari pengusahanya sendiri. Pemilik usaha diwajibkan untuk membayar biaya iuran jaminan kecelakaan kerja sebesar 0,24%-1,74% yang disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan.

Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK)

Jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK) merupakan hak bagi para pekerja. Jika anda mengikuti program ini, keterjaminan keseharian untuk anda dan keluarga akan selalu teratasi. Hal ini termasuk pelayanan keseharian di rumah sakit, klinikkesehatan, melakukan pencegahan, pengobatan secara insentif dan kebutuhan alat bantu. Cara mendaftar bpjs ketenagakerjaan sangat mudah.

Baca juga:  Program BPJS Dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online

Jika anda mengikuti program ini, anda akan mendapatkan kartu pemeliharaan kesehatan yang nantinya akan dijadikan bukti diri untuk mendapatkan klaim. Untuk perusahaan juga harus mengikuti program ini supaya kesehatan para karyawannya terjamin dan membuat produktifitas karyawan lebih baik.

Program Jaminan Kematian (JKM)

Program bpjs ketenagakerjaan yang terakhir adalah program jaminan kematian (JKM). Pada saat bekerja terutama pekerja lapangan tidak bisa terhindar dari kecelakaan, termasuk kematian. Dengan adanya program jaminan kematian, anda tak perlu bingung mengenai biaya pemakaman dan santunan untuk keluarga anda.

Program jaminan kematian ini akan diberikan ke ahli waris. Syaratnya peserta bpjs ketenagakerjaan meninggal tidak disebabkan oleh kecelakaan kerja. Jika terjadi karena kecelakaan kerja dapat diklaim dengan program jaminan kecelakaan kerja.

Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan

Setelah anda mengetahui apa saja jenis program bpjs ketenagakerjaan, kini saatnya anda tahu bagaimana cara mendaftar bpjs ketenagakerjaan. Perlu anda tahu ada dua jenis keanggotaan bpjs yaitu peserta bpjs dalam hubungan kerja dan diluar hubungan kerja. Untuk bpjs hubungan kerja termasuk TNI, POlri, PNS, TNI, BUMD, BUMN, veteran, swasta, joint venture, yayasan dan perintus kemerdekaan.

Sedangkan bpjs luar hubungan kerja terdiri dari pekerja mandiri dan pekerja dalam sector informal. Untuk syarat tenaga kerja dalam hubungan kerja , anda harus menyiapkan NPWP perusahaan, surat izin usaha perdagangan, akta perdagangan perusahaan. Kartu keluarga, kartu tanda penduduk dan foto berwarna 2×3 1 lembar. Untuk semua dokumen anda perlu memfotokopinya satu lembar saja.

Peserta tenaga kerja dalam hubungan kerja

Baca juga:  Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru dan Sistemnya

Berikut beberapa syarat dokumen yang perlu disiapkan oleh perusahaan dan kamu juga ketika akan mendaftarkan diri dalam program BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Asli dan salinan SIUP / Surat Izin Usaha Perdagangan.
  2. Asli dan salinan NPWP Perusahaan.
  3. Asli dan salinan Akta Perdagangan Perusahaan.
  4. Salinan KTP / Kartu Tanda Penduduk masing-masing karyawan.
  5. Salinan KK / Kartu Keluarga masong-masing karyawan.
  6. Pas foto warna Karyawan, ukuran 2 x 3 sebanyak 1 lembar.

Untuk syarat peserta BPJS ketenagakerjaan luar hubungan kerja, anda harus membahwa surat izin usaha dari kelurahan setempat, foto kopi kartu keluarga semua pekerja anda, fotokopi KTP dari pekerja dan foto berwarna dari semua pekerja anda. jadi nanti pendaftarannya secara kolektif. Jika semua dokumen sudah dikumpulkan. Anda tinggal mendaftar bpjs ketenagakerjaan secara online. Bukalah situs resmi bpjs ketenagakerjaan.

  1. Surat izin usaha dari kelurahan setempat.
  2. Salinan KTP masing-masing pekerja.
  3. Salinan KK / Kartu Keluarga masing-masing pekerja.
  4. Pas foto warna masing-masing pekerja ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar.

Pilihlah tulisan daftarkan perusahaan anda disini. Nanti anda tinggal memasukkan alamat email, nanti anda menunggu balasan email dari bpjs. Unduhlah formulirnya dan isi formulir secara lengkap. Setelah itu bawa semua dokumen dan formulir pendaftaran ke kantor bpjs ketegakerjaan kota anda.

Anda tinggal mengantri ke pegawai bpjs tanpa perlu mengganti isi formulir. Jika semua data sudah dimasukan, anda akan mendapat kartu bpjs. Kartu bpjs bisa digunakan setelah 7 hari, Bagaimana mudah bukan? Untuk lebih mudah, lebih baik mendaftar secara kolektif satu perusahaan.

Beberapa perusahaan juga ada yang langsung mengurusnya langsung. Bpjs ketenagakerjaan sangatlah penting untuk para pekerja. Perusahaan sendiri juga memiliki kewajiban mendaftarkan karyawannya di BPJS ketenagakerjaan. Demikian sedikit informasi yang bisa diberikan www.ilmubisnis.net mengenai cara mendaftar bpjs ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

    cara membuat bpjs ketenagakerjaan perorangan, cra mendaftar bbjs ketenaga kerjaan mandiri

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Mandiri Dan Kolektif | Tonny | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *