close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==

Cara Memasarkan Produk Di Instagram Secara Efektif

Cara Memasarkan Produk Di Instagram – Keberadaan instagram kini bukan hanya sarana untuk mengunggah foto-foto pribadi serta selfi lagi. Banyak sekali pengusaha yang telah merintis kesuksesanya lewat berjualan di instagram. Instagram dapat menggenjot bisnis dengan cepat karena desainya yang eksklusif. Instagram hanya memberikan ruang dimana foto adalah hal utama yang di tonjolkan sehingga seseorang akan mudah mengetahui apa yang dibisniskan.

Ketika anda memulai bisnis lewat Instagram, hal pertama yang harus anda pelajari adalah cara memasarkan produk di Instagram secara efektif tentunya. Berjualan secara ngawur saja tidak akan membuat bisnis anda berkembang pesat. Anda harus memahami trik yang ada di Instagram. Jika anda belum paham, pada kesempatan ini, akan saya jelaskan cara terbaik untuk melakukannya.

Cara Memasarkan Produk Di Instagram Online Sukses

Cara Memasarkan Produk Di Instagram

via: elle.com

  • Membuat Foto yang Menarik

Pada poin pertama, sesuatu yang harus anda tonjolkan dalam pemasaran di Instagram adalah foto karena foto memang menjadi pusat perhatian di media ini. Pastikan anda tahu cara membuat foto yang baik sehingga anda akan mendapatkan nilai tambah dalam bisnis anda. Membuat foto yang bagus sendiri memiliki beberapa tehnik. Pertama, tehnik yang paling mudah adalah membuat clean shoot atau membuat dagangan anda menjadi objek utama dengan jelas. Hal ini dilakukan dengan cara membuat background yang polos dan tentunya berbeda jauh warnanya dengan objek utama atau dagangan anda. Kemudian, pastikan anda memotret dagangan anda satu persatu sehingga detail dari dagangan anda lebih jelas terlihat.

  • Deskripsi Barang yang Lengkap

Untuk menunjukkan kesungguhan anda dalam memberikan informasi, cara memasarkan produk di Instagram yang benar adalah dengan cara memberikan deskripsi yang detail. Deskripsi yang detail membuat barang kita terkesan lebih real dan tentunya untuk beberapa orang, deskripsi penting karena mereka bisa mengetahui berbagi hal yang mereka inginkan misal mulai dari bahan, berat, serta berbagai informasi terkait dengan penjualan yang anda lakukan. Deskripsi sebaiknya dibuat per poin juga sehingga setiap orang bisa menyaring informasi yang mereka inginkan dengan mudah dan mereka tidak harus membaca keseluruhan ulasan karena kebanyakan pembeli lewat Instagram hanya melakukan pembacaan dengan cara skimming.

Baca juga:  Cara Mudah Bisnis Pakaian Online Tanpa Modal 100% Sukses

Deskripsi pada bio anda juga harus lengkap tentunya. Biodata pada ig anda sebaiknya menyebutkan alamat agar jika anda yang ingin melakukan komplain, mereka bisa langsung mengunjungi. Tujuan dari pemberian tempat kerja ini bukan sebagai tempat komplain, namun sebagai kesan rasa aman bagi pelanggan karena mereka pasti tahu tempat yang harus dituju ketika mereka mendapat masalah dengan barang yang mereka beli. Ketika seorang pembeli merasa aman, tentu mereka akan memilih toko di Instagram yang menyediakan perasaan tersebut bagi mereka. Kemudian, anda juga menambahkan informasi cara pengiriman serta pembayaran pada diskripsi barang anda agar pelanggan mengerti prosedurnya.

  • Penggunaan Hashtag (#) Optimal

Langkah selanjutnya yang dilakukan dalam cara memasarkan produk di Instagram adalah dengan memaksimalkan hashtag. Di Instagram, foto yang diupload akan berada dalam satu rumpun dalam sebuah hashtag. Artinya, jika anda memberi hashtag pada satu foto anda, maka foto tersebut akan bergabung dengan ribuan foto lain di halaman hashtag yang anda tulis. Dalam sisi ini, anda akan memberikan jangkauan pemasaran lebih luas sehingga produk anda akan dilihat oleh banyak orang. Biasanya orang tersebut juga merupakan seseorang yang membutuhkan sesuatu hal yang berhubungan dengan hashtag tersebut ataupun mereka yang sering berkontribusi dalam hashtag tersebut.

Dalam menggunakan hashtag sendiri, anda tidak boleh memilih hashtag dengan sembarangan. Ada beberapa opsi yang harus anda terapkan ketika anda mencari hashtag. Pertama, carilah hashtag yang berhubungan dengan barang yang anda jual. Misalnya tas, anda bisa membuat hastag #jualtas atau sesuai wilayah anda berada #jualtasjakarta. Kemudian, pada belakang hashtag, tambahi pula kata yang membuat orang banyak tertarik, misalnya kata murah atau kata unik atau kata khusus seperti rajut atau renda.

Setelah melakukan observasi pada bidang dagangan, anda bisa maksimalkan dengan eksplorasi bidang ruang jual. Ruang jual yaitu hashtag yang berhubungan dengan daerah misalnya Indonesia atau daerah yang lebih kecil tentunya. Gunakan intuisi anda dalam membuat hashtag yang anda rasa dapat membuat pelanggan anda melihat dagangan anda. Oh iya ini mungkin bisa jadi referensi buat Anda, yaitu dengan membuat hastag seperti #olshoptrusted #olshoprecommended dll.

  • Mencari Followers
Baca juga:  Bisnis Reseller Hijab Online? Ini Dia Tips dan Strateginya

Follower adalah hal yang penting pada tips memasarkan produk di Instagram. Anda bisa saja membeli follower untuk meningkatkan penjualan anda. Follower adalah seseorang yang akan berlangganan melihat dagangan yang anda tawarkan di Instagram. Follower bisa dibeli atau dicari, namun disarankan bagi anda untuk mencari. Membeli follower bisa saja hanya berupa follower palsu yang akan membuat follower anda banyak, namun follower tersebut bukanlah follower aktif. Follower aktif lebih terjamin ketika anda mencari sendiri. Tentunya memerlukan usaha lebih ketika mencari follower. Berikut ini akan saya beri beberapa saran guna mencari follower.

Ketika anda mencari follower aktif, cara termudah yang pertama adalah dengan cara melakukan follow terhadap akun lain. Setelah follow, anda sebaiknya meminta follow back kepada akun tersebut tentunya agar kesempatan mendapatkan follower semakin besar. Kemudian, anda akan mendapatkan follower melalui link gambar. Anda menyukai gambar yang ada di menu pencarian tentu mereka akan melihat galeri anda dan akan mem-follow anda. Anda juga sebaiknya menyukai gambar yang sekiranya orang tersebut juga akan menyukai gambar di halaman anda. Dengan begitu, anda akan mendapatkan follower. Itulah strategi mendapat follower dalam cara memasarkan produk ke instagram.

Instagram Business

via: readyartwork.com

  • Iklan Langsung Menggunakan Instagram Business

Iklan langsung pada cara memasarkan produk di Instagram adalah dengan cara mengiklankan halaman anda melalui komen ataupun Instagram Business dengan Instagram Business anda dapat sangat mudah mempromosikan barang atau jasa sesuai budget yang Anda miliki. Instagram Business bisa di setting sesuai keinginan, Anda bisa merubah merubah tombol menjadi 2 bagian utama yaitu visit your website dan call or visit your business. Sesuaikan dengan kebutuhan promosi Anda, apakah Anda mempunyai link website yang bisa diakses atau Anda ingin langsung di telpon? semua bisa Anda setting pada bagian Promosi.

Baca juga:  Tips membuat toko online dengan Instagram Untuk Online Shop

Tentunya pengiklanan harus maksimal. Anda bisa lakukan selama mungkin jika anda baru memulai bisnis. Misalnya, anda bisa mulai dengan memposting komen untuk mengunjungi profil anda di setiap postingan orang maupun teman. Hal itu akan membuat perhatian mereka teralih tentunya. Mungkin saja pertama seseorang hanya iseng untuk melihat, namun lama-kelamaan mereka juga akan tertarik tentunya. Lakukan hal itu sebanyak mungkin terutama kepada pengguna Instagram yang dianggap sebagai target yang baik. Misalnya anda penjual tas wanita, tentu saja anda harus mengiklankanya kepada para wanita daripada para pria.

  • Perbaharui Konten Setiap Hari

Tips terakhir dalam cara memasarkan produk di Instagram adalah dengan mengupload foto setiap hari untuk memperbaharui konten. Mengupload foto akan menunjukan bahwa akun anda aktif dan tentu akan membuat orang tidak segan untuk bertanya ketika anda disinyalir masih aktif dalam dunia bisnis tersebut. Selain itu, dengan mengupload, anda bisa menempati posisi atas pada rentetan foto di hashtag yang anda pilih. Bagian atas merupakan bagian yang paling banyak mendapatkan perhatian dari seseorang yang sedang mencari barang yang anda tawarkan. Jika anda tidak memiliki foto baru, anda bisa mengupload kembali foto di halaman anda yang telah tenggelam sehingga seseorang akan melihat semua barang yang anda tawarkan tentunya.

Itulah cara memasarkan produk di Instagram secara efektif. Cara tersebut tentu saja memerlukan perhatian penuh, terutama pada saat bisnis anda dimulai. Ketika anda mendapatkan follower banyak, anda bisa mengurangi semua usaha tersebut dan fokus dengan mengunggah foto produk anda atau menambah varian produk anda karena para pelanggan tentu akan lebih menyukai pengembangan pada bisnis anda.

“Setiap waktu mereka akan mulai bergantung dan akan selalu mencek Instagram anda untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan ketika mereka ingin mengubah gaya mereka ketika menggunakan produk anda. Sekarang, mulailah bisnis anda dengan Instagram dan anda akan buktikan sendiri perkembangan pesat yang diberikanya.”

Pencarian:

    iklan tokopedia teralih

Cara Memasarkan Produk Di Instagram Secara Efektif | Tonny | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *