11 Cara Jualan di Shopee Agar Untung Besar. Sudahkah Dipraktikkan?

cara jualan di shopee

Shopee kini jadi alternatif bagi para pebisnis online yang ingin menjaring pelanggan lebih banyak. Marketplace yang users-nya identik berasal dari kalangan remaja ini menawarkan kelebihan yang jarang didapat dari e-commerce lain, yakni program subsidi ongkir.

Selain itu, Shopee juga gencar mengadakan berbagai promo menarik, seperti Goyang Shopee, voucher dan koin Shopee, flash sale, Shopee Brand Festival, cashback, Daily Games, 12.12 Birthday Sale, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Program-program menarik semacam itulah yang membuat Shopee makin disukai pembeli. Nah, seller, berikut cara jualan di Shopee agar mendapat untung besar yang bisa Anda coba.

  1. Upload Produk ke Lapak Anda

Bagaimana pembeli akan tertarik mampir membeli kalau lapak Anda dibiarkan kosong? Upload barang dagangan Anda sebanyak mungkin. Makin banyak jumlahnya, peluang calon buyer untuk berbelanja di tempat Anda akan makin tinggi.

Logikanya, konsumen tentu lebih tertarik berbelanja di toko yang stok barangnya lengkap, bukan? Pastikan Anda juga menggunakan gambar produk yang real, jelas, dan sesuai dengan kondisi aslinya agar pembeli tidak merasa kecewa nantinya.

  1. Tulis Deskripsi dengan Jelas

Selalu sertakan deskripsi yang jelas dan lengkap pada setiap produk yang Anda upload. Ini akan membuat toko Anda berbeda dari yang lain. Meski produknya sama persis, pembeli pasti lebih tertarik belanja di toko yang deskripsinya detail.

Tuliskan deskripsi produk secara jelas, detail, dan tidak menimbulkan pertanyaan baru bagi pelanggan. Ini juga sangat efektif dan menghemat waktu Anda dari menjawab pertanyaan-pertanyaan kecil yang diajukan calon pembeli.

  1. Pisahkan Berdasarkan Kategori

Jangan lupa gunakan fitur kategori produk saat mengunggah foto barang dagangan ke lapak. Cara ini akan memudahkan calon pembeli ketika berbelanja nantinya karena produk sudah diklasifikasikan menurut masing-masing jenisnya.

Misalnya Anda berjualan fashion item, maka gunakan kategori yang lebih khusus seperti pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak-anak, aksesori, atasan, bawahan, celana, rok, seragam kerja, kemeja, blouse, dan lain sebagainya.

  1. Gunakan Keyword yang Relevan

Pemilihan keyword berupa nama produk berpengaruh besar, lho, terhadap ramai tidaknya lapak Anda. Coba gunakan kata-kata produk yang sekiranya sedang tren, banyak dicari orang, dan tentu saja relevan dengan barang yang Anda jual.

Dengan cara ini, produk dari toko Anda akan ditampilkan di layar ponsel/komputer calon pembeli ketika mereka mengetikkan keyword tertentu di kolom Pencarian Shopee maupun search engine.

  1. Nama Produk yang Spesifik dan #Tagar

Jangan lupa tulis judul produk yang lebih spesifik dan lengkap. Misalnya, ketimbang hanya menulis “Kemeja wanita”, tambahkan deskripsi lain yang lebih khusus, seperti “Kemeja wanita merah all size” atau “Kemeja wanita polos katun”.

Menurut pengalaman banyak seller di Shopee, penggunaan tagar pada nama produk juga sangat berguna. Jadi, tak ada salahnya Anda mencoba tips ini. Contoh nama produk bertagar: #kemejawanita #bajubayi #jilbabvoil #gamisbusui, dan lainnya.

Baca juga:  Cara Mencari Uang Tambahan di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga
  1. Cari Tahu Produk yang Sedang Trending

Sering-seringlah mencari tahu produk apa saja yang sekiranya sedang tren di Shopee. Caranya, masuk ke laman utama e-commerce ini, lalu lihat kolom Pencarian Populer. Di situ akan ditampilkan produk-produk yang sedang banyak dicari pembeli.

Nah, Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk memilih produk mana saja dari dagangan Anda yang harus buru-buru di-upload dan mana yang bisa ditunda. Dengan begitu, pembeli akan berdatangan ke toko Anda.

  1. Kumpulkan Follower Sebanyak Mungkin

Follower bisa menjadi salah satu daya tarik pembeli untuk berbelanja. Makin banyak follower, makin minat mereka untuk berbelanja di lapak Anda. Kumpulkan follower sebanyak mungkin. Bagaimana caranya?

Pada dasarnya follower Shopee bisa didapat secara mudah. Anda hanya perlu meningkatkan kualitas barang dan servis kepada pelanggan, lengkapi etalase toko Anda, dan responsiflah dalam melayani mereka.

  1. Jadilah Teman bagi Pembeli

Trik ini cukup efektif untuk menarik minat calon buyer agar berbelanja di toko Anda. Menjadi teman bagi pembeli artinya siap memberikan masukan, saran, atau informasi seputar produk yang dibutuhkan mereka.

Sebagai contoh, calon pembeli menanyakan produk penghilang jerawat. Tanyalah apa saja keluhannya, bagaimana kondisi jerawatnya, sudah berapa lama jerawat muncul, baru kemudian Anda bisa menyarankan produk yang sesuai untuk mereka.

Meski terkesan sepele, cara ini punya dampak psikologis yang positif, lho. Pembeli pun akan merasa diperhatikan dan dimengerti apa mau dan kebutuhannya. Jika sudah begitu, bisa dipastikan mereka akan setia berbelanja di lapak Anda.

  1. Online Tepat Waktu

Di Shopee ada fitur yang menampilkan kapan terakhir kali seller online, apakah 2 jam yang lalu, 15 menit yang lalu, seminggu yang lalu, atau bahkan 1 tahun yang lalu. Nah, buyer tentu lebih tertarik berbelanja di lapak yang last online-nya tak begitu lama.

Karenanya, sering-seringlah online dan buka toko Anda, terutama pada jam-jam orang beraktivitas. Online tepat waktu juga akan membuat Anda lebih cepat dan responsif dalam melayani pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan.

  1. Jadilah Star Seller

Star Seller adalah badge yang disematkan kepada pelapak-pelapak yang performanya bagus dan tepercaya. Pembeli pasti lebih suka berbelanja di toko yang trusted dibandingkan yang biasa saja.

Bagaimana cara menjadi Star Seller? Perbaiki performa, tingkatkan pelayanan kepada pelanggan, upload dan lengkapi produk sebanyak mungkin, responsiflah dalam menjawab pertanyaan, dan yang paling penting, jual produk yang berkualitas.

  1. Rutin Adakan Promo

Cara terakhir untuk menarik pelanggan adalah rutin mengadakan promo, flash sale, cashback, free ongkir, dan sebagainya. Anda bisa memanfaatkan momen tertentu untuk mengadakan promo, misalnya harbolnas, tahun baru, atau Lebaran.

Makin sering Anda mengadakan promo, makin besar animo pelanggan untuk berkunjung ke toko Anda. Mereka pun pasti akan selalu menunggu penawaran-penawaran berikutnya dari lapak Anda.

Nah, sellers, itulah beberapa cara jualan di Shopee yang patut dicoba. Jika konsisten menerapkan kesebelas poin di atas, bukan hanya untung besar yang akan Anda dapat, tapi juga pelanggan yang setia. Semoga bermanfaat, ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*