11 Kunci Sukses dan Cara Jualan di Bukalapak

cara jualan di bukalapak

Marketplace merupakan alternatif baru bagi siapa saja yang ingin memasarkan produknya secara luas dan lebih mudah. Bukalapak, misalnya, saat ini mempunyai lebih dari 3 juta pelapak aktif yang berjualan di situs e-commerce yang didirikan oleh Achmad Zaky ini.

Tingginya jumlah merchant di platform online ini tentu berbanding lurus dengan tingkat persaingannya. Untuk menggaet pelanggan dan mendapat omzet sebanyak mungkin, seller perlu menerapkan strategi khusus dan cara jualan di Bukalapak berikut.

  1. Kualitas Produk

Bisa jadi di luar sana ada banyak pelapak dengan barang jualan yang persis sama dengan yang ada di toko Anda, tapi kualitas produk adalah penentunya. Pastikan kualitas barang yang Anda jual sesuai dengan deskripsi yang dijanjikan.

Kebanyakan pembeli kapok berbelanja karena kualitas barang yang diterima tidak sesuai dengan apa yang tertera di deskripsi. Contoh yang paling sering terjadi adalah pakaian, misalnya warna, bahan, dan motif yang tidak pas dengan yang ada di gambar.

  1. Upload Produk Sebanyak Mungkin

Salah satu pertimbangan pembeli sebelum memutuskan belanja di suatu tempat adalah kelengkapan produk. Makin lengkap barang yang dimiliki suatu toko, makin tertariklah mereka. Hal yang sama juga berlaku saat berjualan di marketplace.

Produk yang beragam juga akan membuat pembeli jadi lebih bebas memilih dan betah berlama-lama berbelanja atau sekadar window shopping di toko Anda. Jadi, usahakan untuk meng-upload produk sebanyak mungkin, ya!

  1. Tampilan Visual Produk

Selain kelengkapan produk, hal lain yang juga jadi pertimbangan buyer saat akan berbelanja adalah tampilan visual produk. Ini berkaitan erat dengan kepercayaan mereka terhadap pelayanan dan kualitas barang yang Anda jual.

Makin bagus tampilan produk yang dipajang, makin tertarik pembeli berbelanja di toko Anda. Karenanya, hindari memajang foto produk secara asal-asalan, dan pastikan kualitas gambarnya cukup bagus, jelas, dan tidak buram.

  1. Penulisan Deskripsi Produk

Deskripsi produk sangat membantu calon buyer dalam mempelajari barang yang akan mereka beli. Tulislah informasi seputar produk yang dijual sedetail dan sejelas mungkin agar pembeli tak perlu lagi bertanya kepada Anda.

Penulisan ulasan produk yang lengkap tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan, tapi Anda sendiri. Sebagai pelapak Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menjawab pertanyaan dari buyer karena semua sudah dicantumkan secara jelas.

Hindari menulis deskripsi yang ambigu, mengecoh, dan menjebak pelanggan karena ini justru akan membuat reputasi toko Anda menjadi buruk. Ya, percaya atau tidak, masih banyak seller yang menggunakan cara curang semacam ini.

  1. Pelayanan Prima

Kalau ingin lapak Anda laris, jangan lupa untuk selalu memperlakukan pelanggan maupun calon pelanggan dengan pelayanan prima. Selain kualitas produk, kunci lain untuk menjadi top seller di Bukalapak adalah excellent service.

Usahakan untuk selalu menjawab setiap pertanyaan dan chat dari pelanggan secepatnya, terutama pada jam-jam kerja. Slow response akan membuat mereka kabur dan memilih berbelanja di toko lain yang penjualnya responsif.

Baca juga:  Tips membuat toko online dengan Instagram Untuk Online Shop
  1. Sopan kepada Pelanggan

Saat berjualan online, responsif saja dianggap belum cukup. Agar calon pembeli betah berbelanja di toko Anda, perlakukan mereka dengan baik, sopan dan ramah. Anda juga dituntut untuk bersikap sabar saat menghadapi konsumen yang rewel.

Tetaplah berlaku sopan kepada pelanggan. Gunakan tutur bahasa yang baik dan halus saat berkomunikasi dengan mereka, dan jangan pernah meremehkan pelanggan atas ketidaktahuan mereka tentang produk maupun transaksi jual beli di e-commerce.

  1. Harga Barang

Selain kualitas barang, hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan harga adalah segmen pasar Anda. Idealnya orang memang lebih tertarik untuk berbelanja di tempat yang menjual produk dengan harga murah.

Namun jangan sampai hal ini jadi bumerang bagi Anda ya. Hindari menjual barang terlalu mahal atau murah dari harga rata-rata pasaran. Terlalu mahal akan membuat toko Anda sepi pembeli, sedangkan terlalu murah bisa menyebabkan rugi.

Perhitungkan modal dan biaya lain yang dikeluarkan sebelum menentukan harga jual suatu barang. Untung sedikit tak masalah asal lapak Anda laris. Akan lebih bagus lagi jika Anda memiliki pelanggan tetap.

  1. Layanan After Sales

Tugas Anda sebagai seller belum dianggap selesai begitu pembeli menyelesaikan transaksi dan menerima barang pesanannya. Masih ada strategi after sales yang tak boleh dilupakan, terutama jika produk yang Anda jual bergaransi.

Berikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada pembeli baru maupun yang sudah pernah berbelanja di toko Anda. Servis yang oke sangat memungkinkan pelanggan untuk merekomendasikan lapak Anda kepada keluarga atau rekan-rekannya.

  1. Fokus pada Satu Niche Produk

Sebagai pelapak, tentu Anda bebas menjual barang apa pun yang diinginkan. Namun ternyata cara ini tak cukup efektif untuk menggaet pelanggan, kecuali barang yang Anda sediakan benar-benar lengkap.

Lebih baik fokuskan penjualan pada satu niche produk, misalnya item fashion saja atau makanan saja. Jangan campur-adukkan berbagai jenis produk dalam satu lapak karena ini akan membuat pembeli bingung dan tidak fokus berbelanja.

  1. Jangan Terlalu Sering Libur

Salah satu kemudahan berjualan di Bukalapak adalah seller bisa menutup tokonya kapan pun ia mau. Namun terlalu sering libur juga kurang bagus bagi performa lapak Anda. Buyer tentu akan urung membeli ketika mendapati toko tutup sementara.

Nah, kecuali untuk keperluan yang sangat mendesak atau ketika hari raya, misalnya, hindari menutup toko sering-sering. Umumnya pembeli lebih senang belanja di toko yang status keaktifannya baik, misalnya hari ini atau 4 jam yang lalu.

  1. Hindari No Return, No Cancel, No Complain

No return, no cancel, dan no complain adalah senjata yang paling sering digunakan seller dalam berjualan, padahal cara ini justru akan membuat pembeli malas berbelanja di lapak Anda karena mereka berpotensi menanggung kerugian.

Secara tak langsung hal ini akan mengesankan bahwa Anda tidak mau bertanggung jawab atas barang dagangan ketika sudah sampai di tangan pembeli. Belajarlah menerima komplain, saran, dan masukan dari pembeli agar bisnis Anda terus maju.

Itulah beberapa cara jualan di Bukalapak yang perlu Anda terapkan agar menjadi seller yang sukses, punya banyak pelanggan, dan memperoleh keuntungan maksimal. Selamat berbenah!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*