Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru dan Sistemnya

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – Menurut undang-undang ketenagakerjaan, semua pekerja di Indonesia wajib menggunakan bpjs ketenagakerjaan dan kesehatan. Termasuk perlindungan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, kesehatan dan masih banyak lainnya. Anda sebagai seorang pekerja yang akan menerima upah dan perusahaan sebagai pemberi upah harus tahu dimana hak dan kewajibannya.

Jika anda mengikuti program bpjs ketenagakerjaan, akan ada banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan. Apalagi saat ini biaya kesehatan sangat mahal, jadi anda tak perlu bingung lagi memikirkan biaya pengobatan, jaminan masa tua dan lainnya. Masih banyak orang yang belum tahu cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan Sistem Kerja BPJS Ketenagakerjaan

Cek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan

System kerja dari bpjs ketenagakerjaan tidak rumit. System preminya dibayarkan oleh perusahaan dan pekerja setiap bulannya. Jadi bentuk preminya seperti investasiuntuk masa depan. Hasil dari saldo investasi anda akan dibayarkan kembali pada peserta, setelah memenuhi syarat-syarat tertentu. Pemotongan angsuran bpjs dibayar oleh perusahaan sebesar 3,7% dan 2% dibayar oleh pekerjanya. Dulu untuk mengcek saldo, anda harus mengambil print out dari pihak BPJS ketenagakerjaan langsung. Tetapi saat ini mengecek saldo bpjs sangat mudah. BPJS ketenagakerjaan sudah memberikan banyak kemudahan yang bisa anda gunakan.

Kemudahan teknologi membuat cek saldo bpjs ketenagakerjaan juga semakin mudah. Untuk mencari semua informasi terdapat lengkap di website bpjs ketenagakerjaan. Semakin kesini bpjs memberikan pelayanan terbaiknya, supaya tidak ada lagi masalah yang ditimbulkan. Akan ada banyak kemudahan untuk mengecek saldo bpjs kapanpun dan dimanapun, anda tak perlu pergi ke kantor cabang bpjs ketenagakerjaan. Inilah beberapa cara mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan yang paling mudah.

Melalui ATM BRI, BNI, Bank Mandiri dan BTN

Cara ceksaldo BPJS ketenagakerjaan yang pertama dengan menggunakan ATM. Ada tiga atm yang bisa anda gunakan ATM BNI, Mandiri dan Atm BRI. Cara ini sangat mudah dilakukan. Anda tinggal datang ke atm bank BRI, mandiri atau BNI terdekat. Masukan atm bank anda. nanti anda pilihan cek saldo peserta bpjs ketenagakerjaan anda. Bank-bank tersebut sudah bekerja sama dengan pihak BPJS ketenagakerjaan untuk memudahkan para pengunanya. Anda bisa melakukan pengecekan kapan saja dan dimanapun. Tetapi untuk pengambilan saldonya tidak bisa menggunakan atm. Anda cara tersendiri untuk mengambil saldo bpjs ketenagakerjaan anda.

Baca juga:  Prosedur Klaim BPJS Kesehatan Gratis, Ini dia Caranya!

Melalui Cara Manual

Cara manual ini sebenarnya cukup ribet dan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu cara manual juga sudah jarang digunakan. Cara manual ini anda harus datang langsung ke kantor bpjs ketenagakerjaan. Nanti anda tinggal menemui petugas bpjsnya. Nanti anda tinggal minta tolong untuk print slip saldo bpjs ketenagakerjaan. Cara ini memang sudah jarang digunakan. karena memang terlalu ribet dan membutuhkan waktu lama. Anda harus antri terlebih dahulu. Sekarang banyak orang yang menggunakan cara yang lebih mudah dan praktis.

Cek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan dengan aplikasi

Melalui Aplikasi Smartphone

Smartphone saat ini seperti sebuah barang yang penting. Banyak orang yang memilikinya, untuk mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan anda bisa menggunakan aplikasi smartphone. Aplikasi ini bisa di install di smartphone android, blackberry maupun ios. Anda tinggal mencarinya di playstore, iTunes, blackberry app world dengan nama aplikasi BPJS ketenagakerjaan. Setelah di download, install di smartphone anda. setting aplikasi dan masuk dengan menggunakan akun peserta bpjs anda. Ingatlah selalu nama id dan password akun BPJS ketenagakerjaan. Jika dulu anda sudah terdaftar di jamsostek, bisa menggunakan id dan password akun lama anda. nanti disana akan ada menu lihat saldo bpjs ketenagakerjaan. Anda tinggal memilih menu tersebut.

Silakan download sesuai pilihan Anda:

play store app store app world

Baca juga:  Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Mandiri Dan Kolektif

Melalui Cara Online

Internet membuat semuanya lebih mudah, begitu pula cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan. Anda bisa cek saldo anda dengan cara online melalui website bpjs ketenagakerjaan disini. Tentunya untuk menggunakan cara ini, anda harus terhubung dengan internet terlebih dahulu. Caranya sangat mudah. Anda tinggal masuk ke website bpjs ketenagakerjaan. Login ke website dengan menggunakan user ID bpjs dan password anda. user ID dan password didapatkan ketika anda mendaftar bpjs ketenagakerjaan. Jadi harus diingat terus menerus. Jika anda belum mendaftar bisa mendaftar secara online, dengan mengklik pilihan register. Kemudian tinggal anda ikuti petunjuk yang sudah disediakan.

Jika anda sudah masuk ke website bpjs ketenagakerjaan, pilihlah program yang anda pilih. Isilah semua formulir data diri dengan benar dan lengkap. Pilih tombol setuju dan klik submit data. Nanti anda akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi user dan password anda. nanti anda pilihlah menu lihat saldo program yang anda pilih, misal saldo jaminan hari tua (JHT). Terakhir tinggal klik tombol submit, nanti jumlah saldo anda akan langsung ditampilkan pada layar. Jika sudah selesai cek saldo, tinggal pilih menu logout untuk keluar dari website bpjs ketenagakerjaan.

Melalui SMS

Jika anda tidak selalu mendapatkan jaringan internet, tidak memiliki smartphone, jauh dari atm, atau malas ke kantor cabang bpjs ketenagakerjaan. Anda bisa menggunakan cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan dengan menggunakan sms. Cara melalui sms ini memang cara yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja. Bahkan orang tua pun bisa menggunakan cara ini. Hanya dengan menggunakan handphone biasa dan pulsa anda sudah bisa mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan anda. caranya sangat mudah, anda tinggal sms ke nomor center bpjs ketenagakerjaan. Nanti anda akan langsung mendapatkan sms balasan dari pihak bpjs mengenai jumlah saldo anda.

Baca juga:  Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Sebesar 10%, 30% Dan 100%

Sebelum menggunakan cara ini, anda harus registrasi terlebih dahulu. Format registrasinya dengan mengetik:

REG#NoBPJS#TanggalLahir#NamaIBuKandung, lalu kirim ke nomor 2757

Contoh: REG#03E000064577#250690#Kirana langsung saja kirim ke nomor 2757

Setelah terkirim anda akan mendapatkan sms balasan yang berisi nomor ID anda seperti berikut:

TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123456789. UNTUK MENGETAHUI SALDO ANDA, KETIK SALDO#ID ANDA

Nomor ID tersebut digunakan untuk mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan anda. Lalu bagaimana cara mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan? Anda tinggal mengetik sebagai berikut:

ketik: SALDO#ID_anda kirim ke 2757

contoh: SALDO#123456789 kirim ke 2757 

Selanjutnya anda akan mendapatkan sms balasan yang berisi berapa besar saldo anda seperti dibawah ini:

SALDO JHT ANDA NO. ID 123456789 S.D 1-01-2017 RP.9.000.000

Semua cara diatas sangat mudah untuk dilakukan. Anda tinggal memilih cara yang paling mudah buat anda. setiap cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa cek saldo dimana saja dan kapan saja. Perlu dingat jangan pernah membagikan User id dan password anda ke orang lain. Cukup simpan sendiri supaya tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

BPJS ketenagakerjaan merupakan hal yang sangat penting bagi semua pekerja di Indonesia. Dengan begitu anda akan mendapatkan pelindungan yang pasti. Demikian sedikit informasi yang bisa diberikan, semoga www.ilmubisnis.net dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

PERHATIAN!

Terjadi banyak sekali modus penipuan atas nama BPJS Ketenagakerjaan, kami sarankan Anda untuk berhati-hati dalam cek saldo BPJS melalui situs ilegal yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan. Website Untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan hanya di pada informasi yang kami berikan serta https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs, dan bukan link fiktif lainnya. Semoga Anda tetap waspada mencerna informasi yang Anda dapatkan.

Pencarian:

    ceksaldobpjs

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru dan Sistemnya | Tonny | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *