Bisnis Online Tanpa Modal Uang Tunai? Inilah yang Harus Anda Persiapkan

bisnis online tanpa modal

Modal salah satu hambatan terbesar mengapa seseorang enggan memulai bisnis. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa harus memiliki banyak uang untuk membuka usaha. Padahal nyatanya tidak demikian. Di zaman internet ini, bisnis online tanpa modal bukan ilusi.

Macam-macam Bisnis Online Tanpa Modal

Banyak program bisnis online yang menawarkan penghasilan tanpa memerlukan modal awal. Namun, apakah bisnis online ini benar-benar bisa dijalankan dengan modal dengkul? Jawabannya adalah tidak.

Meski tidak perlu mengeluarkan modal uang tunai, untuk menjalankan bisnis online tanpa modal, Anda harus memiliki sejumlah aset. Lebih jauh tentang macam-macam bisnis online yang dimaksud dan apa saja yang perlu dipersiapkan, simak ulasan berikut.

1. Bisnis Online dari Aplikasi Android

Menjalankan bisnis online dengan aplikasi Android memang tidak memerlukan modal uang. Namun, Anda harus mempunyai smartphone berplatform Android. Selanjutnya Anda juga harus menyediakan jaringan internet yang memadai.

Terakhir, tentu saja keterampilan mengelola aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi Android yang dapat dikelola untuk menghasilkan uang antara lain Grab Points, Tap Cash Rewards, Cash Pirate, Uento, Whaff Rewards, dan AppKarma.

Untuk menghasilkan uang dari aplikasi Android yang telah disebutkan memerlukan waktu lama. Inilah yang menjadi ganti modal uang tunai yang seharusnya dikeluarkan untuk memulai bisnis.

2. Mengisi Angket atau Survey Berbayar

Mendapatkan uang dari mengisi survey online sangat mudah. Caranya, bergabunglah dengan situs-situs yang menyediakan program Paid to Survey (PTS). Dengan mengisi survey yang mereka bagikan, Anda akan memperoleh imbalan dengan jumlah tertentu.

Program PTS sebenarnya bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang sebuah produk dari masyarakat. Mengikuti program ini tidak dipungut biaya, tetapi Anda harus memiliki perangkat yang bisa dikoneksikan dengan jaringan internet.

Seperti ponsel pintar, laptop, atau PC termasuk paket internetnya. Cara bisnis online ini mudah dan ringkas. Namun, tidak dapat dijadikan jangka panjang karena survey yang disediakan terbatas. Cek situs iPanel Online, SurveyOn, atau Clixsense untuk memulainya.

3. Bisnis Online dari Iklan PPC (Pay Per Click)

Iklan Pay Per Click (PPC) dapat memberi Anda penghasilan bila memiliki blog atau website yang dikaitkan dengan perusahaan PPC seperti Google Adsense, AdPlus, Adsense Camp, Kliksaya, dan Sitti.

Jika pengunjung blog atau website mengeklik iklan yang ditayangkan di dalamnya, maka Anda akan mendapatkan bayaran. Besarnya uang yang didapatkan bergantung pada banyaknya pengunjung yang memberikan klik.

Namun, Anda dilarang keras mengeklik iklan sendiri karena akan merugikan pengiklan. Dampaknya, Anda dapat dikenai sanksi berupa banned. Bila pengunjung situs Anda cukup tinggi, hasil dari bisnis online ini sangat menggiurkan.

Karena potensi penghasilannya tidak terbatas, bisnis online tanpa modal ini sesuai untuk jangka panjang. Sayangnya, untuk memulai Anda harus memenuhi syarat yang cukup berat.

Pertama, PC atau laptop beserta jaringan internet untuk mengelola situs. Kedua, waktu untuk membangun blog agar memenuhi kualifikasi layak mendapatkan iklan. Ketiga, kemampuan untuk menjalankan blog supaya terus menghasilkan uang.

Bisnis online ini memang gratis dari segi modal uang tunai, tetapi mahal dari segi waktu, tenaga, pikiran, dan kesabaran.

4. Bisnis Online Pay Per Sale (PPS)

Menjualkan produk barang, jasa, atau keanggotaan kepada orang lain kemudian memperoleh komisi merupakan cara bisnis dengan program PPS. Komisi yang didapatkan jumlahnya bervariasi, tergantung persentase yang ditawarkan oleh penyelenggara.

Tidak jauh berbeda dengan PPC, untuk menjadi publisher program PPS, Anda harus mempunyai sebuah situs untuk memasarkan produk. Selanjutnya Anda akan memperoleh tautan afiliasi. Jika ada pembeli yang berasal dari tautan di situs Anda, maka akan mendapatkan komisi.

Supaya berhasil dalam bisnis online affiliate, harus mampu menarik banyak pengunjung ke situs Anda dan mengonversi kunjungan menjadi pembelian produk dari situs pemilik. Contoh situs yang menyelenggarakan program PPC di antaranya ClickBank, Amazon, dan LinkConnector.

5. Berjualan Online dengan Cara Dropshipping

Baca juga:  9 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube untuk Pemula

Sekilas, bisnis online dropshipping tidak memerlukan modal, karena Anda tidak perlu membeli barang dalam jumlah banyak sebagai stok untuk dijual. Tugas Anda hanyalah memasarkan barang dan menerima order lalu meneruskannya kepada supplier atau produsen.

Selanjutnya, mereka yang akan mengirimkan barang kepada pembeli. Namun, untuk menjalankan bisnis ini tidak seutuhnya gratis. Minimal Anda harus memiliki perangkat smartphone atau laptop dan koneksi internet.

Bagi dropshipper yang sudah profesional, mereka bahkan membangun website sendiri untuk memamerkan barang-barang yang dipromosikan. Untuk yang satu ini, biayanya lumayan besar, sehingga dropship yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh sebenarnya bukan tanpa modal.

6. Menjual Jasa Secara Online

Menjual jasa secara online juga dapat dikatakan sebagai bisnis online tanpa modal. Banyak orang yang sudah menekuni usaha ini. Jasa yang ditawarkan meliputi pembuatan website, desain grafis, pemasaran online, jasa SEO, dan penerjemahan naskah.

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang jasa yang dapat dipasarkan secara online, bisnis ini cukup mudah dan menggiurkan. Tanpa Anda sadari, keahlian ini sebenarnya juga merupakan modal berharga.

Cara memasarkan jasa dapat dilakukan melalui marketplace freelancer seperti Sribulancer dan Projects.co.id. Platform tersebut akan mempertemukan orang yang menawarkan layanan dengan calon pengguna jasa.

Dengan mendaftar sebagai anggota, Anda dapat mencari klien dengan cara melakukan bid ke proyek yang dilelang oleh mereka. Jika memenangkan lelang proyek tersebut, mereka akan membayar ke platform tersebut dan Anda dapat mengerjakannya.

Setelah pekerjaan berhasil diselesaikan, laporkan kepada pemilik proyek dan Anda dapat mencairkan honor bila pekerjaan dinilai tuntas. Selain menawarkan jasa lewat marketplace, Anda pun bisa memasarkan keahlian lewat web atau blog.

Bisa juga melalui media sosial untuk mendapatkan klien yang akan menggunakan jasa Anda. Sama seperti bisnis online lainnya, Anda mesti memiliki perangkat kerja memadai dan koneksi internet untuk menjalankan pekerjaan ini.

7. Menghasilkan dan Menjual Produk Digital

Keahlian yang Anda miliki dapat dituangkan menjadi produk digital dan dijual secara online. Misalnya, jika Anda memiliki kepakaran di bidang online marketing, Anda dapat membuat e-book tentang trik-trik marketing yang dapat dijual secara online.

Selain itu, produk yang dapat dijual dapat berupa aplikasi, rekaman audio, video, dan game online. Rekaman audio dan video biasanya dijual dalam format CD atau flash disk. Untuk membuat produk digital tentu saja Anda perlu setidaknya laptop/PC, kamera, dan perekam suara.

8. Penulis Lepas

Menjadi penulis tak hanya dapat mendulang penghasilan lewat royalti dari penjualan buku. Bidang ini dapat diperluas dengan menulis via online. Pekerjaan sebagai penulis lepas bisa dikerjakan sebagai pekerjaan utama ataupun sampingan.

Tulisan yang dapat dibuat pun beragam, seperti artikel SEO, copywriting, cerita pendek, artikel ilmiah, dan konten blog atau website. Seperti bisnis menjual jasa, Anda pun dapat menawarkan layanan Anda dari platform untuk freelance.

Honor yang bisa Anda dapatkan untuk pekerjaan ini juga bervariasi, umumnya tergantung keterampilan dan pengalaman Anda. Juga bergantung pada kemampuan tawar menawar Anda dengan klien.

9. Menjual Stok Foto

Suka memotret, jangan hanya disimpan atau untuk pamer di media sosial saja. Anda dapat membangun bisnis online dari hasil jepretan tersebut. Caranya dengan mendaftar ke situs stok foto seperti Shutterstock dan Pixamola, kemudian mengunggah foto ke sana.

Apabila ada yang membeli foto Anda, tentu saja akan memperoleh penghasilan berupa komisi. Misalnya jika foto Anda di Pixamola terjual, akan memperoleh komisi sebesar 40% dari harga totalnya.

Akan tetapi, bukan sembarang foto yang layak dipajang di situs stok foto dan mendapatkan pembeli. Anda harus mengunggah foto dengan kualitas yang baik, bebas dari logo produk atau perusahaan, dan memiliki sisi menarik.

Bisnis online tanpa modal ini menuntut Anda memiliki kamera profesional untuk menghasilkan foto terbaik atau setidaknya mampu mengoperasikannya.

10. Menjadi Admin Media Sosial

Pemilik perusahaan yang sudah maju atau figur publik ternama biasanya merekrut admin khusus untuk mengelola media sosial mereka. Sebagai admin, tugas Anda yaitu membuat konten yang menarik, membangun interaksi dengan follower, dan membagikan informasi.

Untuk admin media sosial perusahaan, Anda juga bertugas meningkatkan brand awareness mereka. Bisnis online sebagai admin media sosial ini tidak memerlukan banyak peralatan.

Cukup smartphone dan jaringan internet, serta kreativitas menjalankan media sosial untuk marketing dan branding.

11. Tutor Online

Internet memudahkan siapa saja untuk belajar dari mana saja dan kapan saja. Begitu pula sebaliknya, jika memiliki keterampilan atau keahlian yang dapat dibagikan, Anda pun bisa mengajar jarak jauh dengan menjadi tutor online.

Anda dapat bergabung ke situs bimbingan belajar lewat internet seperti Superprof dan Ruang Guru. Bisa juga dengan membuat konten sendiri untuk membagikan ilmu seperti video, audio, atau kuliah online.

Menjalankan kuliah online bahkan dapat dilakukan hanya dengan media WhatsApp atau Telegram. Untuk menjalankan bisnis online ini tentunya Anda harus memiliki ilmu khusus yang dapat diajarkan. Misalnya bahasa asing, public speaking, menulis buku, dan mengedit video.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Dibandingkan Bisnis Konvensional (Offline)

Bisnis online mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri bila dibandingkan dengan bisnis offline. Kelebihannya, bisnis online memungkinkan Anda memiliki jenis usaha apa pun. Anda dapat mempunyai beberapa jenis usaha dengan mudah.

Bisnis online juga memungkinkan untuk dijalankan tanpa modal. Potensi pasar lebih luas, pemasaran dapat dilakukan dengan gratis, serta tidak perlu menyewa tempat dan membeli stok barang.

Sementara kekurangannya yaitu untuk memulai membutuhkan waktu yang lama dan sulit membangun jaringan serta kepercayaan calon pembeli. Masyarakat masih kurang yakin terhadap bisnis online, karena tidak dapat langsung melihat barang yang dijual.

Agar dapat menjalankan bisnis online juga mutlak harus tersedia perangkat dan jaringan internet yang memadai.

Tips Membangun Bisnis Online Tanpa Modal

Ingin memulai bisnis online tanpa modal, Anda harus menjalankan beberapa tips berikut agar keuntungan terus mengalir dan bisnis semakin berkembang.

1. Mulai dari Hal yang Anda Sukai

Tips penting dalam memilih bisnis baik konvensional maupun online, harus dimulai dari hal yang menarik minat Anda. Misalnya, jika Anda menyukai dunia fashion, pilihlah bisnis yang berhubungan dengan fashion.

Begitu pula jika Anda menyukai bidang IT, fokuskan pada bisnis online di bidang tersebut. Selain meminati, tentunya Anda harus menguasai ilmunya, jika bisnis yang ingin diceburi merupakan berupa menjual jasa. Pahami potensi diri untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Manfaatkan Platform yang Sudah Ada

Sebagai pebisnis pemula yang ingin menjalankan bisnis tanpa modal, Anda harus memanfaatkan platform yang sudah tersedia. Bagi Anda yang berjualan dengan dropship atau reseller, gunakan marketplace seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak untuk menggelar dagangan.

Untuk promosi, gunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Sementara bagi Anda yang menjual jasa, gunakan platform freelancer yang dapat mempertemukan Anda dengan calon pengguna jasa seperti Projects.co.id atau Sribulancer.

Dengan memanfaatkan platform yang sudah ada, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membuat website, menyewa hosting, dan mengerjakan kontennya.

3. Membangun Jaringan

Supaya bisnis online berjalan lancar, tingkatkan kesadaran publik terhadap merek yang Anda jual dengan cara promosi. Selanjutnya kembangkan jaringan melalui media sosial atau komunitas online yang ada hubungannya dengan produk yang Anda jual.

4. Fokus Menjalankan Bisnis

Fokus merupakan kunci penting dalam menjalankan bisnis. Fokuslah dalam meriset pasar yang akan Anda bidik. Berikan perhatian dalam mencari cara promosi paling efektif, serta fokus melayani calon pembeli dan mengurus proses pengiriman barang.

Di awal menjalankan bisnis, mungkin Anda tidak langsung mendapatkan pelanggan, apalagi mampu menjual dalam jumlah banyak. Akan tetapi, lama kelamaan Anda dapat memperoleh pelanggan tetap jika fokus menjalankannya.

5. Menyiapkan Fasilitas

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, bisnis online tanpa modal ternyata tidak benar-benar gratis. Ada sejumlah fasilitas yang harus Anda miliki, tergantung bisnis apa yang diceburi. Minimal Anda memiliki smartphone atau laptop dan jaringan internet.

Khusus untuk bisnis stok foto dan tutor online, Anda perlu memiliki kamera dengan spesifikasi yang sesuai beserta kelengkapannya untuk memotret dan merekam video. Menyediakan fasilitas dan peralatan kerja tidak harus membeli.

Sebagai permulaan, Anda dapat memanfaatkan warnet, menyewa kamera, atau meminjam dari orang lain dengan bagi hasil. Setelah mendapatkan penghasilan, Anda bisa membeli perlengkapan yang harganya terjangkau atau membeli secara kredit.

6. Aktif Melakukan Promosi

Sebagai pebisnis, tentu Anda harus memperkenalkan produk atau jasa yang dijual kepada khalayak. Untuk bisnis toko online, buatlah katalog produk pada situs Anda serta fanspage Facebook agar pengunjung mudah memilih produk yang akan dibeli.

Sementara untuk bisnis menjual jasa, promosi juga dapat dilakukan dengan membuat kartu nama, situs pribadi, stiker, dan selebaran. Anda juga harus aktif dalam grup-grup di media sosial atau forum diskusi yang relevan dengan bisnis Anda.

7. Berikan Pelayanan Maksimal

Dalam bidang bisnis apa pun, pelayanan terbaik adalah nilai yang harus Anda pegang. Jika Anda seorang penjual online, harus aktif dan ramah kepada calon pembeli dan rajin meminta feedback setelah mereka melakukan pembelian.

Sedangkan dalam bisnis menjual jasa, pelayanan maksimal dapat ditunjukkan dengan mengerjakan pesanan klien dengan maksimal. Mematuhi tenggat yang sudah ditetapkan dan menjaga kualitas adalah bentuk layanan yang diinginkan oleh kebanyakan klien.

Itulah ulasan komplet mengenai bisnis online tanpa modal. Pada dasarnya, tidak ada yang benar-benar gratis untuk mencapai keberhasilan. Semuanya menuntut modal berupa keterampilan, fasilitas, dan komitmen kuat dalam menjalankan usaha.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*