11 Ide Bisnis Modal Kecil dan Bagaimana Memulainya

bisnis modal kecil

“Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, kamu tetaplah pegawai. Sekecil apa pun usaha yang kamu punya, kamu adalah bosnya.” Begitulah kira-kira pesan yang pernah dilontarkan oleh Bob Sadino, pengusaha sukses pemilik jaringan wirausaha Kemfood dan Kemchick.

Semua orang mungkin pernah merasa lelah bekerja di suatu perusahaan. Rutinitas yang membosankan, pendapatan yang tidak kunjung meningkat, serta keahlian yang lambat berkembang menjadi beberapa alasannya.

Apa pun alasannya, mengembangkan bisnis sendiri memang membawa banyak keuntungan. Baik itu dikerjakan sebagai sampingan atau sebagai sumber pendapatan utama.

Kalau Anda sedang mencari inspirasi bisnis modal kecil yang bisa dimulai sesegera mungkin, Anda datang ke tempat yang tepat.

Yuk, simak 11 ide bisnis yang mudah untuk dimulai berikut ini.

  1. Membuka Agen Travel

Membuka agen travel berarti Anda menyediakan layanan pemesanan tiket tranportasi dan kamar hotel, serta pengaturan perjalanan untuk pelanggan. Walaupun saat ini sudah banyak website yang menyediakan layanan tersebut, masih banyak orang yang belum nyaman menggunakannya.

Anda bisa bekerja sama dengan beberapa agen travel terkenal dan mendapatkan potongan harga untuk tiket transportasi, hotel, serta layanan lainnya. Biasanya, Anda bisa mendaftar sebagai subagen kecil dengan biaya yang cukup terjangkau.

Setelah usaha berjalan lancar, Anda bisa maju ke langkah berikutnya yaitu bekerja sama dengan penyedia wisata di destinasi terkenal di daerah-daerah. Berbekal relasi yang kuat, penyedia wisata serupa biasanya mau memberikan diskon selama Anda bisa membantu memenuhi target pengunjung ke destinasi tersebut.

  1. Mencoba Peluang Dropship dan Reseller

Dengan pesatnya perkembangan dunia perdagangan online, terbuka pula banyak peluang untuk berbisnis di dunia tersebut. Terdapat platform media sosial dan e-commerce yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual produk.

Pertanyaannya, bagaimana jika tidak memiliki produk? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mulai dengan menjadi reseller atau dengan sistem dropship. Menjadi reseller berarti Anda membeli produk dari produsen tertentu dengan harga yang lebih murah, lalu menjualnya dengan harga baru.

Tidak seperti grosir yang mengharuskan Anda membeli barang dalam partai besar, reseller diperbolehkan untuk membeli paling sedikit tiga barang. Sementara pada sistem dropship, Anda bahkan bisa menjual barang tanpa harus repot mengurus pengiriman.

Anda hanya perlu menawarkan produk kepada pelanggan dan menerima pembayaran. Harga yang Anda tawarkan ke pelanggan adalah harga dari penjual pertama yang sudah ditambah dengan keuntungan Anda.

Selanjutnya, Anda tinggal membayar produk sesuai harga dari penjual pertama. Penjual pertama akan mengirimkan produk ke pelanggan dengan nama Anda sebagai penjual.

Kelebihan dari sistem dropship dan reseller adalah Anda bisa menawarkan barang secara online bermodalkan foto dan detailnya. Yang Anda butuhkan adalah konsistensi dan kreativitas dalam menawarkan produk.

  1. Membuka Counter Pulsa

Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu ketika counter pulsa membutuhkan modal dan tempat yang besar, kini ia termasuk salah satu bisnis modal kecil yang bisa dilakukan semua orang. Apa bedanya?

Beberapa tahun yang lalu mungkin kita masih menemukan pulsa fisik berbentuk voucher. Saat ini, hampir semua bentuk pulsa berbentuk elektrik. Banyak agen pulsa besar yang membuka kesempatan untuk menjadi subagen dengan sistem simpan saldo.

Baca juga:  Rekomendasi Bisnis Franchise Minuman yang Menguntungkan

Untuk memulainya, Anda harus melakukan deposit dengan jumlah minimal Rp100.000 dan mendaftarkan nomor ponsel Anda sebagai subagen. Setelah itu, Anda bisa mulai menawarkan ke orang terdekat dan lingkungan di sekitar.

Bukan hanya pulsa seluler, layanan elektrik seperti ini bahkan sudah bisa melayani penjualan kuota internet dan token listrik yang sekarang digunakan oleh hampir semua orang.

Selisih antara harga jual dengan harga modal yang dikeluarkan setiap kali terjadi transaksi adalah keuntungan. Kumpulkan keuntungan tersebut lalu simpan kembali sebagai deposit saldo pulsa. Semakin lama, modal akan berkembang dan Anda bisa menjadi penjual pulsa yang lebih besar lagi.

Sebagai catatan, pastikan Anda selalu memiliki pulsa pribadi. Sebab, pemesanan dan transaksi dilakukan melalui fitur SMS dari ponsel. Jadi, modal yang perlu Anda keluarkan hanya berupa ponsel, deposit pulsa, dan pulsa pribadi.

  1. Bisnis One-Stop-Payment

Mirip dengan bisnis modal kecil seperti agen travel dan counter pulsa, one-stop-payment juga hanya membutuhkan modal ponsel dan pulsa. Anda dapat mendaftar keagenan pada agen pusat dan menerima pembayaran untuk berbagai keperluan.

Jika Anda tinggal di perumahan, bisnis modal kecil ini cukup menguntungkan. Layanan yang bisa ditawarkan adalah sebagai loket pembayaran tagihan listrik, telepon, internet, asuransi, dan cicilan kendaraan.

Setelah terdaftar menjadi agen dan menerima transaksi, Anda akan mendapatkan komisi yang cukup menarik. Sering kali, perusahaan penyedia PPOB juga menawarkan reward bagi subagen berhasil mencapai target transaksi tertentu.

Biaya yang perlu dikeluarkan adalah biaya pendaftaran keagenan, koneksi internet, serta perangkat gadget yang memadai. Untuk menarik pelanggan, keluarkan modal untuk memasang banner atau spanduk di depan rumah Anda.

  1. Menerima Pesanan Makanan

Pernah dengar kalau bisnis kuliner memiliki keuntungan hampir tiga kali lipat dari modalnya? Nah, berbeda dengan bisnis modal kecil berupa warung makan, menerima pesanan makanan berarti Anda hanya memasak ketika ada order dari pelanggan.

Tentu saja, untuk mantap memulai bisnis modal kecil di bidang kuliner, Anda perlu melatih kemampuan memasak. Siapkan menu-menu standard yang bisa Anda sediakan bagi pelanggan lalu mulai promosikan ke orang-orang di sekitar.

Pesanan yang dapat diterima beragam, dari mulai pesanan nasi dan lauk untuk acara pernikahan, pengajian, hingga ulang tahun anak-anak. Sambil menjalaninya, coba cari dan praktikkan juga resep baru yang bisa Anda tawarkan.

Dalam bisnis makanan pesanan atau katering, pemesan diwajibkan membayar setidaknya 50% dari total transaksi. Uang muka tersebut harus Anda manfaatkan sebagai modal bahan baku masakan. Jika sudah berkembang, pertimbangkan untuk merekrut pegawai tambahan di dapur.

  1. Event Organizer

Terkadang, bisnis event organizer atau EO dikenal sebagai bisnis yang mewah dengan modal besar. Nyatanya, membuka jasa EO membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Hampir semua biaya dibayar oleh klien pengguna jasa EO Anda.

Yang Anda butuhkan adalah relasi ke vendor dan penyedia jasa lainnya. Sebagai contoh, jika Anda berkecimpung di dunia EO untuk acara pernikahan, bangunlah relasi dengan perias wajah, penyedia sewa gaun, pengelola gedung sewaan, dan katering.

Contoh lain, EO untuk acara ulang tahun atau party planner sebaiknya memiliki relasi dengan restoran, penyedia katering, pembuat cake, serta vendor souvenir. Ide yang kreatif akan sangat membantu Anda untuk memberikan acara terbaik untuk klien.

Dengan memanfaatkan relasi, Anda bisa membantu klien mengatur acaranya. Karena klien akan memberikan uang muka sebelum acara dilaksanakan, Anda pun dapat mengatur dan membayarkannya sebagian ke vendor yang digunakan.

Baca juga:  Bisnis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

Jadi, bisa dikatakan modal yang dikeluarkan memang sangat minim. Tugas utama Anda adalah memastikan seluruh keinginan klien tertuangkan dengan baik dan memuaskan mereka. Bukan tidak mungkin, klien akan merekomendasikan Anda kepada kerabatnya.

Dalam bisnis modal kecil jenis ini, promosi, dokumentasi, serta media sosial berperan besar dalam meningkatkan pendapatan. Kumpulan contoh proyek yang sudah Anda kerjakan bisa jadi modal untuk menggaet klien baru.

  1. Menulis Blog

Saat ini, sudah banyak cara untuk mendapatkan uang secara online. Selain berjualan, hal lain yang Anda bisa lakukan adalah mengembangkan blog. Blog bisa berisi tulisan yang bermanfaat yang sering dicari oleh pengguna internet.

Semakin ramai blog Anda, semakin besar peluang untuk melakukan monetisasi melalui iklan berbagai cara. Beberapa di antaranya adalah mendaftar ke Google AdSense, melakukan afiliasi pemasaran dengan brand tertentu, memasang iklan pribadi, hingga menyelipkan jualan pribadi di blog.

Agar lebih sukses lagi, tambah pengetahuan Anda mengenai Search Engine Optimization (SEO) dan penggunaan keyword dalam tulisan. Hal tersebut akan membuka peluang lalu lintas yang tinggi untuk blog Anda.

Kunci utama membangun kesuksesan dengan membuat blog adalah konsistensi. Modal yang diperlukan hanya seperangkat komputer, koneksi internet, dan kreativitas dalam menulis.

  1. Membuka Kios Kecil-Kecilan

Sepele namun penting. Kios kecil-kecilan yang menjual kebutuhan rumah tangga nyatanya sangat dibutuhkan. Tidak setiap saat orang mau pergi ke toko swalayan untuk berbelanja terutama jika hanya membeli satu atau dua barang.

Ide bisnis modal kecil ini bisa Anda terapkan lebih mudah jika Anda tinggal di kawasan perumahan yang cukup ramai. Cukup dengan menyediakan sedikit tempat di garasi rumah, Anda sudah dapat memulai bisnis kios ini.

Untuk memulainya, pergilah berbelanja barang ke pasar tradisional atau pusat grosir. Jangan lupa tawar juga barang kalau Anda membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa untuk bahan makanan yang Anda beli.

Sebaiknya, pilih barang-barang yang sering digunakan atau bahkan Anda gunakan sendiri. Kebutuhan yang biasanya dicari orang di warung adalah sabun, detergen, rokok, dan camilan.

Seiring berjalannya waktu, Anda juga bisa melihat tren kebutuhan pelanggan di sekitar. Jadi, barang-barang yang Anda jual nantinya bisa menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan pasar.

  1. Membuka Jasa Ketik dan Print

Ide bisnis modal kecil lainnya adalah membuka jasa ketik dan print. Siapa sangka, sedikit keahlian dengan komputer bisa mendatangkan keuntungan. Banyak pelanggan dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru, hingga pekerja kantoran yang akan membutuhkan jasa Anda.

Biasanya, jasa ketik yang ditawarkan seputar pengetikan laporan, tugas, dan pengolahan data. Menjadikannya satu paket dengan layanan print dan scan dapat memberikan keuntungan lebih.

Selain itu, bisnis model ini bisa dilakukan di rumah dengan modal perangkat komputer dan printer. Kalau Anda belum memiliki perangkatnya, coba cari komputer dan printer bekas dengan kondisi yang masih layak pakai sebagai awalan.

Perangkat bekas memang memiliki harga yang lebih murah, tetapi Anda selalu bisa menggantinya dengan yang baru jika keuntungan sudah terkumpul nanti. Yang terpenting saat ini, kualitas komputer dan printer memadai untuk digunakan.

Nanti, jika bisnis sudah berkembang, Anda bisa merambah ke jasa percetakan dan fotokopi. Lokasi terbaik untuk membuka jasa semacam ini adalah di dekat sekolah, kampus, dan perkantoran.

  1. Menjadi Pemasar Properti

Menjadi seorang pemasar atau marketing membutuhkan keahlian yang tidak dimiliki oleh semua orang. Namun, hal tersebut bisa dipelajari. Apabila Anda memiliki bakat alami sebagai penjual, dunia properti patut Anda coba.

Baca juga:  Dropshipping, Peluang Usaha Menjanjikan Beromzet Puluhan Juta

Berbisnis di dunia properti bisa digolongkan sebagai bisnis modal kecil. Alasannya, Anda tidak mengeluarkan biaya apa pun selain ongkos pribadi untuk melancarkan proses penjualan.

Modal utamanya adalah peka terhadap peluang. Jika dijalankan dengan benar, keuntungannya mencapai 2,5% dari harga properti yang Anda jual. Dengan harga properti yang terus meningkat, menjadi marketing properti tentu menghasilkan keuntungan yang semakin besar pula.

Keahlian komunikasi dan negosiasi Anda akan diuji selama menjadi pemasar properti. Untuk menjadi pemasar yang andal, sigaplah dalam mengenali karakter pembeli dan penuhi kebutuhan propertinya.

Kendati tanpa modal, menjual properti memang bukan perkara mudah. Transaksi melibatkan jumlah uang yang tidak sedikit sehingga pembeli akan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Sikap gigih dan pantang menyerah sangat dibutuhkan jika Anda ingin sukses menjadi seorang pemasar properti. Kalau sudah berhasil menjual properti pertama, biasanya penjualan berikutnya akan terasa lebih mudah.

  1. Menjual Jasa Keterampilan

Percaya tidak kalau Anda bisa menjual keterampilan apa pun yang Anda miliki? Akan selalu ada orang yang ingin mempelajarinya. Untuk itu, mengajar les privat adalah salah satu bisnis modal kecil yang bisa menjadi inspirasi.

Keahlian seperti memasak, menjahit, kemampuan bahasa, keahlian komputer, menggambar, dan bimbingan belajar bisa Anda lakukan. Untuk sukses mengajar les privat, persiapkan dengan matang materinya.

Sebagai bantuan, Anda pun bisa mencari materi lewat internet atau membuka kembali pelajaran lama dan memodifikasinya. Bukan hanya mendapatkan keuntungan, Anda pun bisa merasakan nikmatnya berbagi ilmu dengan orang banyak.

Untuk memajukan bisnis modal kecil berupa les privat, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan lembaga resmi. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk menerbitkan sertifikat bagi para murid yang sudah selesai belajar.

Selain menambah kepercayaan masyarakat terhadap jasa les privat yang Anda tawarkan, sertifikasi juga bisa menjamin bahwa murid Anda siap berbagi ilmu dengan lebih banyak orang lagi.

Modal yang mungkin dikeluarkan adalah ruangan dan perangkat untuk belajar, dan bahan ajar yang bisa berupa modul atau buku. Harga yang dipatok untuk para peserta les bisa disesuaikan dengan jenis kursus, perangkat yang digunakan, dan lama durasi kursus.

Kiat Sukses Berbisnis dengan Modal Kecil

Kesebelas ide bisnis modal kecil di atas membuktikan bahwa tidak semua bisnis harus dimulai dengan biaya yang besar. Anda bisa memulainya bahkan dari dalam rumah sendiri dan memanfaatkan yang ada.

  • Peka Melihat Peluang

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah menjadi peka terhadap peluang. Lihat sekeliling dan temukan kebutuhan orang-orang di sekitar Anda. Yakinkan bahwa Anda bisa menemukan sesuatu dan memberikan solusi atas kebutuhan tersebut.

  • Fokus pada Keahlian Personal

Apa pun bisnis modal kecil yang dipilih, Anda akan selalu membutuhkan konsistensi, kreativitas dalam berinovasi, serta kemampuan interpersonal yang memadai. Hal tersebut akan membentuk Anda menjadi pebisnis yang bukan hanya mencari keuntungan, tetapi juga berkontribusi bagi lingkungan.

  • Manfaatkan Teknologi Gratis

Walaupun Anda memulai bisnis modal kecil, saat ini sudah banyak teknologi gratis yang dapat dimanfaatkan. Mulailah mengakrabkan diri dengan komputer, internet, dan media sosial untuk melancarkan bisnis.

Yang terakhir, bisnis yang terbaik adalah bisnis yang segera dimulai. Jadi, tanpa tunggu lama, mulailah langkah pertama dan raih kesuksesan Anda sebagai pebisnis sejak muda!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*