Dropshipping, Peluang Usaha Menjanjikan Beromzet Puluhan Juta

Apa itu dropshipping

Apa itu dropshipping? Bagaimana cara menjalankannya? Anda tentu sudah tidak asing dengan dropshipping, bukan? Metode pemenuhan barang yang telah menjadi tren di dunia bisnis ini menawarkan kemudahan dan keuntungan yang melimpah. Pasalnya, metode ini memungkinkan Anda untuk menjual produk tanpa perlu melakukan stok barang. Cukup dengan memajang foto produk beserta deskripsi barang dan harga.

Untuk memenuhi pesanan konsumen, Anda hanya perlu mengambil barang dari pemasok barang yang menyediakan program dropship. Ketika terjadi transaksi, Anda cukup meneruskannya pada pemasok sesuai pesanan. Anda pun tidak perlu repot mengurus pengiriman barang. Supplier akan mengirimkan barang sesuai dengan alamat konsumen atas nama Anda sebagai penjual.  

Dengan cara tersebut, Anda bisa membangun kerajaan bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Risiko kerugiannya pun sangat minim. Sementara keuntungan yang dihasilkan sangat besar. Tak heran jika metode ini sangat disukai, terutama oleh pebisnis pemula.

Meraup Keuntungan dari Dropshipping Internasional

Ada dua tipe dropship, yakni dropship internasional dan lokal. Keduanya memiliki prinsip dasar yang sama, SupplierPlatform – Media Ads. Supplier merupakan pihak yang menyediakan produk, sedangkan platform adalah media yang digunakan untuk menjual produk. Sementara media ads adalah tempat untuk mempromosikan produk yang hendak Anda jual.

Perbedaan keduanya terletak pada target market dan mata uang yang digunakan. Dalam bisnis dropship internasional, pangsa pasar yang ditawarkan jauh lebih luas daripada dropship lokal. Anda dapat menjangkau konsumen di seluruh dunia hanya berbekal koneksi internet dan platform dropship.

Sebagian besar marketplace internasional menggunakan dolar Amerika untuk bertransaksi. Dapat Anda bayangkan, berapa banyak keuntungan yang bisa Anda raih? Jika setiap transaksi Anda mengambil keuntungan hingga 5 dolar dan selama satu bulan Anda berhasil melakukan 20 transaksi maka pendapatan Anda mencapai angka 100 dolar. Semakin tinggi angka penjualan produk, semakin besar pula penghasilan yang Anda dapatkan.

Selain kemudahan dalam transaksi dan keuntungan yang besar, beragamnya jenis produk yang tersedia turut menjadi keunggulan bisnis dropship internasional. Mulai dari aksesoris, peralatan rumah tangga, barang elektronik, hingga alat dan produk kecantikan. Dengan berbagai jenis produk yang ditawarkan, Anda tidak akan kesulitan menemukan barang untuk dijual.

Jenis Model Binis Dropship Internasional

Dalam  bisnis dropship internasional, ada tiga jenis model yang biasa diterapkan. Setiap jenis memiliki keunggulannya masing-masing. Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut ini.

 

  • Free plus Shipping

Dari luar, metode free plus shipping tampak merugikan bagi penjual. Namun, metode ini bisa sangat menguntungkan asalkan Anda mengetahui cara kerjanya. Sesuai dengan namanya, bisnis ini hanya membebankan biaya pengiriman kepada konsumen.

Barangkali Anda bertanya-tanya, dari mana keuntungan metode ini? Jawabannya dari biaya pengiriman. Sebagai contoh, di toko biasa produk A dijual seharga 5 dolar dengan biaya kirim 3 dolar maka toko yang menerapkan metode free plus shipping akan membebankan biaya 8 dolar pada konsumen. Beban tersebut tercatat sebagai biaya kirim, sedangkan harga produk tetap nol alias gratis.

Apa bedanya? Bukankah konsumen tetap harus membayar jumlah yang sama persis? Benar, konsumen memang tetap membayar biaya produk dan pengiriman, tetapi embel-embel gratis membuat biaya 8 dolar terasa lebih murah dibandingkan dengan 8 dolar di toko A.

Metode free plus shipping merupakan taktik cerdas yang biasa digunakan oleh pebisnis untuk menarik konsumen. Siapa yang tidak menyukai barang gratis?

 

  • Product plus Free Shipping
Baca juga:  10 Rekomendasi Bisnis Franchise Minuman yang Menguntungkan

Metode selanjutnya yang biasa digunakan dalam dropship internasional adalah product plus free shipping. Dengan menerapkan metode ini, konsumen hanya perlu membayar harga produk, sedangkan biaya pengiriman dibebankan pada Anda sebagai penjual.

Bagaimana jika harga produk lebih murah daripada biaya kirim? Bukankah hal ini merugikan penjual? Benar. Namun, dapat diantisipasi dengan menaikkan harga jual barang atau bekerja sama dengan perusahaan pengiriman.

Selain cara tersebut, Anda bisa menerapkan syarat gratis pengiriman dengan minimal pembelanjaan. Cara ini cukup efektif untuk menekan pengeluaran tanpa mengurangi keuntungan yang Anda peroleh.

 

  • Product plus Shipping

Product plus shipping merupakan metode yang paling banyak diterapkan dalam bisnis dropship. Cara ini mengandalkan kemampuan Anda untuk melihat pangsa pasar dan menentukan target.

Singkatnya, Anda bersaing dengan penjual lainnya menggunakan harga jual. Misalnya toko B menjual barang X seharga 7 dolar maka Anda dapat mematok produk tersebut dengan harga 6 dolar. Ingat, selisih 1 dolar sangat memengaruhi pandangan konsumen. Meskipun tampak sepele, tetapi sebagian besar orang akan memilih produk yang lebih murah dengan kualitas sama.

Lantas, dapatkah menjual barang lebih murah, tetapi mendapatan untung yang setara dengan toko B? Tentu saja bisa. Caranya dengan meningkatkan biaya pengiriman melalui layanan tambahan, seperti biaya packing menggunakan dus atau bubble wrap. Konsumen tidak akan merasa keberatan untuk mengeluarkan biaya tersebut demi keamanan barang selama pengiriman.

Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Dropship

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis dropship internasional? Jika iya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulainya.

  • Produk yang Dijual

Di pasaran banyak sekali produk yang ditawarkan. Anda dapat memilih salah satu atau beberapa di antaranya. Namun, pastikan untuk memilih produk yang selalu diminati pasar, seperti gadget, alat kecantikan, dan fashion.

  • Marketing

Strategi marketing diperlukan untuk memperkenalkan produk Anda pada konsumen. Sukses tidaknya sebuah bisnis pun dipengaruhi oleh seberapa baik strategi marketing. Sangat penting untuk menerapkan langkah pemasaran yang efektif meningkatkan angka penjualan.

  • Platform

Anda memerlukan platform sebagai tempat berjualan. Ada banyak platform yang dapat dipilih, tetapi yang paling populer adalah Aliexpress, Ebay, Amazon, Shopify, dan Alibaba.

  • SLO

SLO atau Self Liquidating Offer adalah iklan yang dapat membiayai dirinya sendiri atau website yang tetap dapat menghasilkan ketika ditinggal. Misalnya untuk setiap 1 dolar yang Anda keluarkan untuk iklan makan Anda harus bisa menghasilkan minimal 3 dolar.  

  • Kartu Kredit atau Paypal

Pastikan untuk mengajukan aplikasi kartu kredit atau membuat akun paypal lebih dulu sebelum membangun bisnis dropship internasional.

 

Mau Penghasilan Lebih Besar? Yuk, Mulai Bisnis Dropship Lokal!

Bagi Anda yang ingin meraup penghasilan tambahan, tetapi belum berani memulai bisnis dropship internasional maka dropshipping lokal dapat dijadikan sebagai solusi terbaik. Cara kerja dropship lokal tak berbeda jauh dengan dropship internasional. Keuntungannya pun menggiurkan. Bahkan, untuk memulainya Anda tak perlu repot membuat kartu kredit atau akun paypal karena transaksi menggunakan mata uang rupiah.

Mengenai produk yang dijual pun tak kalah beragam. Meskipun pangsa pasar dropship lokal tak seluas dropship internasional, bukan berarti peluangnya kecil. Justru, peluang dropship lokal masih terbuka lebar. Maklum saja, pengguna internet di Indonesia tergolong tinggi. Jika Anda berhasil menggiring 0,1 persen pengguna internet untuk membeli produk Anda, omzet ratusan juta bukan sekadar impian belaka.  

Kendati bisnis dropship menawarkan keuntungan besar, tetapi ada sejumlah kekurangan yang perlu untuk Anda ketahui. Agar lebih jelas, simak kelebihan dan kekurangan bisnis dropship lokal berikut ini.

Baca juga:  Bisnis Modal 5 Juta? Peluang Usaha Menjanjikan Modal Minim

Kelebihan

  • Riset produk lebih mudah.
  • Banyak traffic source gratis yang dapat Anda manfaatkan.
  • Pangsa pasar luas, dari Sabang sampai Merauke.
  • Banyak supplier barang sejenis. Hal ini sangat berguna ketika stok barang yang diinginkan konsumen habis.
  • Jika terjadi kendala selama pengiriman, barang mudah dilacak.
  • Komunikasi dengan konsumen lebih lancar lantaran menggunakan Bahasa Indonesia.

Kekurangan

  • Tidak semua supplier rutin melakukan update stok barang.
  • Kualitas barang tidak sebagus foto produk yang dipajang.
  • Deskripsi barang seringkali tidak sesuai dengan produk asli.
  • Jika terjadi kesalahan dalam pengiriman, seperti salah produk atau salah alamat maka reputasi Anda yang tercoreng.
  • Potongan harga yang diberikan sangat minim.
  • Tingkat persaingan dropship lokal tergolong tinggi.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dropship lokal di atas, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan sebelum timbul masalah di kemudian hari.

Platform Dropship di Indonesia

Untuk menjalankan bisnis dropship, Anda perlu bantuan platform sebagai wadah untuk menjual produk. Di Indonesia terdapat sejumlah marketplace yang menawarkan program dropship, seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan Supplier.id.

Cara kerjanya tidak jauh berbeda, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran, mengisi identitas, konfirmasi, dan akun Anda pun dapat digunakan untuk bertransaksi. Sebelum menjual barang, Anda harus mengisi toko online dengan gambar produk dan deskripsi singkat. Biasanya, supplier sudah menyediakan katalog yang dapat Anda gunakan untuk berpromosi. Anda harus sedikit mengerahkan tenaga untuk melakukan input data satu per satu ke dalam marketplace.

Di Indonesia sangat umum untuk melakukan dropship antar marketplace, yakni memesan barang melalui marketplace A dan dijual dengan menggunakan akun marketplace B. Contohnya Anda berjualan smartphone melalui Shopee. Ketika ada pembeli yang melakukan pemesanan smartphone Z maka Anda akan memesannya melalui Tokopedia. Dalam kasus ini, Tokopedia berperan sebagai supplier.

Hal tersebut sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis dropship lokal. Pasalnya, setiap marketplace hanya bisa menggunakan satu resi untuk satu order. Alhasil, Anda tidak bisa berjualan barang yang sama di tempat yang sama pula. Namun, hal ini justru menjadi keuntungan tersendiri.

Bayangkan, jika Anda memiliki beberapa akun di marketplace berbeda dan semuanya menghasilkan transaksi? Dalam sebulan omzet yang diraih bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Tips Sukses Bisnis Dropship Melalui Marketplace

Melihat peluang bisnis dropship yang menjanjikan, tak heran jika banyak orang tertarik dan mencoba peruntungan di dunia bisnis. Namun, menjalankan dropship tidak semudah yang terlihat. Pasalnya, tingkat daya saingnya tinggi. Anda harus menerapkan sejumlah trik rahasia supaya bisnis dropship yang dijalankan sukses.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis tanpa modal dengan sistem dropship, ada sejumlah tips sukses yang dapat Anda jadikan sebagai masukan. Adapun tips sukses berbisnis dropship melalui matketplace, di antaranya sebagai berikut.

 

  • Riset dan Pelajari Produk

Lakukan riset pasar untuk mengetahui daftar produk yang paling banyak dicari konsumen. Catat dan pelajari produk tersebut, baik keunggulan maupun kelemahannya. Dengan cara ini, Anda akan lebih menentukan target market. Pengenalan produk pun memudahkan Anda menjawab pertanyaan konsumen.

Semakin banyak pengetahuan Anda mengenai produk maka semakin baik. Anda akan terlihat lebih profesional. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada Anda.

 

  • Pilih Produk
Baca juga:  Peluang Usaha Tahun 2017 Paling Menjanjikan Saat Ini!

Lihat catatan yang telah Anda buat sebelumnya. Lakukan proses seleksi sesuai dengan target market yang Anda tentukan. Pilih apa saja produk yang layak untuk dijual.

 

  • Temukan Supplier

Setelah yakin mengenai daftar produk yang akan Anda jual, segera cari pemasok barang. Ada banyak sekali supplier yang menawarkan produk sejenis. Jangan tergiur dengan harga murah, pastikan untuk memilih pemasok yang kredibel. Tidak masalah harga yang ditetapkan sedikit mahal, yang terpenting transaksi Anda aman.

Hindari memilih supplier yang tidak update dan sulit dihubungi. Pastikan pula supplier tersebut memiliki stok barang yang melimpah. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan respon Anda terhadap pelanggan nantinya. Salah memilih supplier tidak hanya menyebabkan nama baik Anda tercemar, Anda pun akan rugi uang dan waktu.

 

  • Tentukan Harga Jual

Jika Anda menargetkan kalangan pebisnis, maka range harga tidak jadi masalah. Berbeda jika target market Anda adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. Tentunya harga barang yang Anda jual harus disesuaikan dengan kemampuan target.

Misalnya untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, sebaiknya produk yang dijual berada di kisaran Rp20.000,00 hingga Rp700.000,00, sedangkan untuk kalangan pebisnis lebih tinggi. Bahkan mencapai angka puluhan juta pun tak masalah karena penghasilan mereka jauh lebih besar daripada pelajar dan mahasiswa.

Jika harga jual yang Anda patok tidak sesuai sasaran maka besar kemungkinan produk Anda hanya akan menjadi pajangan, tidak laku. Untuk menyiasati hal ini, ambil sedikit keuntungan untuk memaksimalkan potensi penjualan.

 

  • Daftar Platform Dropship

Pilih platform dropship lokal, misalnya BukaLapak, Tokopedia, atau Shopee. Pelajari kelebihan dan kekurangan platform tersebut. Masing-masing platform menawarkan berbagai fasilitas penunjang dan diskon menarik.

 

  • Listing Produk

Segera lakukan listing produk setelah akun marketplace Anda siap digunakan. Unggah foto produk, tambahkan deskripsi singkat agar konsumen paham mengenai barang yang Anda jual.

 

  • Buat Nama Brand

Sebelum memasarkan produk, ada baiknya untuk menentukan nama brand sebagai identitas toko Anda. Pilih nama yang mudah diingat dan unik. Visualisasikan nama tersebut ke dalam sebuah logo.

 

  • Pasarkan Produk

Setelah semua siap, mulai pasarkan produk Anda. Lakukan promosi, baik melalui media sosial maupun media periklanan. Jangan ragu untuk memberikan reward pada konsumen, seperti gratis pengiriman dengan pembelian tertentu atau potongan harga. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan potensi penjualan dan membuat pelanggan Anda senang.

 

  • Beri Pelayanan Terbaik

Pastikan pula untuk memberikan layanan terbaik pada pelanggan. Jangan sampai Anda menjadi penjual yang sulit dihubungi, tidak mengerti produk, dan tidak update. Selalu ingat bahwa pembeli adalah raja. Jika Anda memberikan respon cepat, ramah, dan mudah diajak berdiskusi, konsumen tidak akan segan untuk membeli produk Anda. Sekalipun ada produk yang sama dengan harga jual lebih murah, konsumen akan tetap memilih Anda.

 

  • Terus Belajar

Untuk meraih kesuksesan diperlukan kerja keras dan kemauan untuk terus belajar. Jangan pernah menyerah, meskipun Anda mengalami hambatan di tengah perjalanan.

Demikianlah informasi mengenai dropshipping secara lengkap mulai dari dropship internasional, nasional, hingga tips sukses bisnis dropship. Jangan ragu untuk memulai bisnis Anda sendiri. Ciptakan peluang dan raih kesuksesan bersama bisnis dropship. Jangan lupa share, ya!

2 Comments

  1. Terima kasih..sy baca artikel ini, langsung sy coba, barang dari market A saya jual di market B, sy ambil keuntungan dikit dulu…sesuailah…pas ada yg mesan …badanku lgs gemetar bingung mau pencet yg mana, yg kagetny si pembeli lgs bayar di lapak sy. Otomatis sy ke supplier yg ada di market sblh (tmpt sy ambil postinganny).sy chat apkh barang tsb ready. Dan emng ready!namun prmintaan si pembeli utk size yg diminta gak ada..katany dideskripny udh ditulis all size. Setelah sy amati, trnyta benar. Dan di lapak sypun tertulis demikian, mklum copas jd sy tlp si pembeli yg jauh nun disana. Ternyta dia bilang besok aja sy putuskan. Malamny sy gk bisa tidur..sy sms si pembeli, sy tulis bhw barang order akan segera dikirim pagi hari, soalny sdh dibayar sih. Dia jwb lg tp sesuai dg size yg sy minta (jmlhny sih 4 pieces…). Pagi itu lgs sy check out ke toko supplierku. Dan klingg…sukses!! Semua data sdh sy isi, almt pembeli dan sy sbg dropshipper. Sy chatting sang suplier!! No resiny dong…dia jwb besok aku tmbah gk bisa tidur,krn dr marketplace tmpt lapakku tertulis bhw tgl besok akan hangus bla bla….Nah yg membuat sy gelisah klu marketplace tsb mengembalikan uang tsb kpd si pembeli…otomatis brg yg sdh sy beli katany sedang di proses, tp resiny belum nongol di chatting.inilah pengalaman sy yg pemula….pdhal sy hnya iseng2 jd DS, emng sy suka tantangan yg menghasilkan. Tp entahlah klu akan berlanjut….krn bagi sy DS juga hrs punya modal dan siap menghadapi problem sprti itu….

    • Terima kasih telah berbagi pengalamannya kak Helen. Kami senang artikel ini bermanfaat untuk Anda. Menggeluti dropshipping memang pada dasarnya sama seperti bisnis pada umumnya, perlu ketelatenan dan usaha untuk sukses. Dan yang terpenting jangan pernah berhenti belajar dan terus meningkatkan pengetahuan ya. Tetap semangat dan sukses kak Helen. 🙂

      Salam,
      Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*